Connect with us

Metaverse

Rencana Mark Zuckerberg Soal Metaverse Alami Hambatan Besar

Published

on

Meta, perusahaan induk Facebook setop rekrut karyawan. Foto: Meta Platform Inc.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, sangat berambisi untuk mengembangkan metaverse, namun ada jalan terjal yang menghadang. Bos Facebook itu juga mungkin pasti tahu bahwa tidak ada jalan untuk kembali.

Zuckerberg juga tahu jalan ke depan akan penuh dengan jebakan, baik teknis maupun peraturan. Saham Meta telah sangat menderita karena investor tampaknya kurang yakin tentang masa depan perusahaan di tengah meningkatnya biaya dan keuntungan yang menyusut.

Analis memperkirakan awal tahun ini bahwa perusahaan telah menghabiskan US$ 16 miliar untuk mengembangkan metaverse dan Zuckerberg tetap bersemangat.

“Saya merasa lebih kuat sekarang bahwa mengembangkan platform ini akan membuka ratusan miliar dolar jika tidak triliunan dari waktu ke waktu,” kata Zuckerberg kepada analis selama panggilan pendapatan kuartal kedua Juli lalu.

Hambatan

CEO Meta, Mark Zuckerberg.
CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Baca juga: Aplikasi Winamp Rilis Fitur Baru Bisa Play Musik NFT

Hambatan dalam perjalanan Meta menuju metaverse lebih besar dari sekadar teknis dan finansial. Regulator di AS, dan berpotensi di seluruh dunia, juga akan memiliki andil besar dalam perjalanan perusahaan.

Federal Trade Commission (FTC) mengatakan akan berusaha memblokir akuisisi Meta atas aplikasi realitas virtual, Within Unlimited dan aplikasi kebugaran khusus realitas virtual populernya, Supernatural.

“Alih-alih bersaing berdasarkan prestasi, Meta mencoba membeli jalannya ke puncak,” kata John Newman, Wakil Direktur Biro Persaingan FTC saat itu.

Advertisement

“Meta memilih untuk membeli posisi pasar alih-alih memperolehnya berdasarkan keuntungan. Ini adalah akuisisi ilegal, dan kami akan mengejar semua keringanan yang sesuai.”

Fokus Metaverse

Meta, perusahaan induk Facebook setop rekrut karyawan. Foto: Meta, perusahaan induk Facebook setop rekrut karyawan. Foto: Getty Images.Getty Images.
Meta, perusahaan induk Facebook setop rekrut karyawan. Foto: Getty Images.

Baca juga: Bos BI: Belanja hingga Beli Rumah di Metaverse Bisa Pakai Rupiah Digital

Metaverse seharusnya menjadi dunia digital yang imersif, dapat diakses melalui perangkat keras realitas virtual seperti headset VR dari Oculus, yang juga dibeli Meta (Facebook) pada tahun 2014 seharga US$ 2 miliar.

Tapi saat ini, metaverse cukup kosong. Itu bergantung pada pengembang yang membuat produk dan pengalaman yang membuat pengguna bersedia untuk meninggalkan layar ponsel dan laptop mereka, dan sejauh ini dalam masa pertumbuhannya belum benar-benar menarik banyak orang.

Rencana Meta untuk membeli pengembang untuk membantu dunia maya sejalan dengan strategi perusahaan sebelumnya untuk membeli pesaing populer (Instagram dan Whatsapp) alih-alih mengembangkan teknologinya sendiri.

FTC mengatakan itu mungkin berhasil, dengan sedikit penolakan dari agensi yang sama, pada kenyataannya, tetapi tidak ingin strategi itu terbang dalam realitas virtual.

Popular