Market

Harga Bitcoin dan Ethereum Terbang Jelang Akhir September 2023

Published

on

Harga Bitcoin dan Ethereum bergerak positif menjelang penutupan bulan September 2023. Bahkan, harga BTC berhasil menembus di atas level US$ 27.000 atau sekitar Rp 418 juta.

BTC sebelumnya naik menjadi US$ 27.300 pada Kamis (28/9) dan sedikit turun ke level US$ 26.951 pada Jumat (29/9), namun masih terpantau melonjak selama 24 jam terakhir. Sementara, Ethereum (ETH) juga sempat mengungguli Bitcoin, naik 4,8% menjadi US$ 1.660, namun ketika artikel ini dipublikasi sedikit turun di level US$ 1.651.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan pasar kripto dan harga Bitcoin yang menunjukkan tanda-tanda kenaikan pada jangka waktu pendek adalah hasil dari faktor-faktor yang kompleks, termasuk narasi tertentu yang berkaitan dengan perubahan dalam tekanan ekonomi makro serta banyak momentum positif di dalam ranah kripto. 

“Dalam konteks ini, perlu diperhatikan bahwa pergerakan Bitcoin dan Ethereum saat ini harus diawasi dengan ketat untuk menjaga stabilitasnya di sekitar level resistensi kritis, yang akan menentukan arah tren dalam beberapa hari mendatang,” kata Fyqieh.

Banyak Sentimen Positif

Harga Bitcoin Bergerak Agresif.

Baca juga: Terungkap! Hal Seru di AMA X Spaces Tokocrypto 21 September 2023

Pertama-tama, dari perspektif ekonomi makro, terlihat bahwa perkembangan positif di pasar kripto berlangsung seiring dengan sedikitnya perbaikan dalam indeks saham AS. Hal ini dapat dikaitkan dengan penurunan imbal hasil Treasury AS yang berjangka 10 tahun dari puncak tertingginya dalam 16 tahun terakhir. Pergerakan ini menciptakan situasi di mana investor mencari alternatif investasi yang lebih menarik, termasuk aset kripto seperti Bitcoin.

Advertisement

Kemudian, Fyqieh menambahkan penurunan harga minyak dari level tertingginya pada tahun 2023 juga berkontribusi pada perasaan optimisme di pasar, mengingat minyak sering kali dianggap sebagai indikator penting dalam ekonomi global.

“Di samping itu, depresiasi greenback AS juga memberikan dorongan kepada pasar kripto, karena aset digital seperti Bitcoin cenderung mendapatkan keunggulan saat mata uang fiat melemah,” jelas Fyqieh.

Di sisi lain dari industri kripto, Coinbase memberi angin segar untuk meluncurkan perdagangan berjangka kripto di seluruh dunia. Pengumuman ini dapat membawa lebih banyak trader ke ekosistem kripto untuk memberi manfaat bagi Bitcoin dan meninggikan kepercayaan investor. Coinbase sendiri akan  meluncurkan cabang internasional untuk meningkatkan pendapatan karena volume perdagangan spot menurun seiring dengan penurunan pasar kripto.

Salah satu kabar baik yang mengejutkan adalah Valkyrie Investments menerima persetujuan SEC untuk ETF Ethereum Futures pertama. Jadwal persetujuan SEC yang dipercepat juga mengisyaratkan upaya lembaga tersebut untuk menjaga stabilitas pasar, jika terjadi penutupan (shutdown) dari pemerintah AS. Awal pekan ini, SEC telah menunda keputusan mengenai aplikasi ETF Bitcoin spot lainnya, termasuk salah satu dari Ark 21Shares, dana yang dimiliki oleh investor teknologi Cathie Wood.

Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index pada Jumat, 29 September 2023. Sumber: Alternative.me.

Baca juga: Kasus Penggunaan Blockchain dalam Voting Elektronik

Investor Bersemangat

Banyaknya sentimen positif yang mengalir ke pasar kripto telah mengubah Bitcoin Fear and Greed Index menjadi positif. Pada Jumat (29/9), indeks ini berhasil keluar dari kategori Fear dan naik ke posisi Neutral dengan angka 48 poin, menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan dengan sehari sebelumnya. 

Advertisement

Hal ini menurut Fyqieh menggambarkan bahwa investor dan pelaku pasar sedang mencari peluang dalam kondisi yang lebih seimbang, di mana rasa takut tidak lagi mendominasi sentimen.

“Dalam situasi seperti ini, para pelaku pasar mungkin merasa lebih percaya diri untuk melakukan transaksi dan mengambil posisi di pasar, mengindikasikan peningkatan minat dan keyakinan terhadap prospek Bitcoin dalam waktu dekat,” terang Fyqieh. 

Namun, perlu diingat bahwa pasar kripto tetaplah tidak terduga, dan analisis yang cermat tetap diperlukan untuk membuat keputusan investasi yang tepat. Seperti dalam jangka pendek masih ada FUD dari kedaluwarsa kontrak opsi Bitcoin yang semakin dekat.

“Kondisi ini umumnya akan menjadi sentimen negatif untuk Bitcoin karena seluruh biaya dibayarkan dengan Bitcoin. Perdagangan derivatif kripto bersiap menghadapi berakhirnya opsi triwulanan dan bulanan pada hari Jumat (29/9) waktu setempat,” peringatkan Fyqieh.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular

Exit mobile version