Crypto

Daftar Modus Penipuan NFT dan Tips Menghindarinya

Published

on

Animo masyarakat terhadap NFT sudah tak terbendung lagi, terbukti dengan NFT yang dianggap telah menghasilkan penjualan dengan nominal lebih dari 4 miliar USD pada awal tahun 2022 melansir Rolling Stone. Meski begitu, transaksi NFT pada kenyataannya masih berada di kondisi yang belum stabil karena masing-masing NFT belum memiliki nilai yang jelas. Akhirnya, modus penipuan NFT pun merajalela.

Hal yang sama juga menimpa para pegiat NFT di Indonesia, yang mana peningkatan tren sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2021, tetapi di awal tahun 2022 trennya kembali melonjak berkat fenomena “Ghozali Everyday”. Di sisi lain, nyatanya hal ini juga dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mendorong banyak terjadinya modus penipuan NFT atau scam. 

Lalu, apa saja, sih, modus penipuan yang sering terjadi di dunia NFT dan bagaimana cara menghindarinya? Baca terus artikel ini untuk tahu lebih lengkapnya, ya!

3 Modus Penipuan yang Umum Terjadi di Dunia NFT

1. Identitas dan website palsu 

Salah satu modus penipuan NFT yang umum terjadi adalah identitas dan website palsu. Cara kerjanya adalah para oknum impersonate atau berpura-pura menjadi aktor besar yang terkenal di dunia NFT. Misalnya, ada individu yang membuat akun mengatasnamakan MetaMask, wallet yang populer di kalangan pegiat NFT, untuk menipu dan memancing pengguna agar memberikan private key mereka.Selain itu, tidak sedikit pula dari mereka yang berlindung di balik akun yang berpura-pura sebagai influencer NFT sembari memberikan tawaran palsu pada pengguna. Alhasil, tidak jarang pengguna khususnya pemula yang terkena perangkap dan kehilangan asetnya dalam jumlah besar.

2. Skema rug pull & pump and dump

Modus penipuan selanjutnya adalah skema rug pull & pump and dump, di mana seringkali menciptakan banyak korban dengan mengalami kerugian besar-besaran. Skema ini mengacu pada situasi di mana suatu proyek NFT mengalami kenaikan harga besar-besaran dalam waktu yang singkat. 

Advertisement

Usut punya usut, ternyata kenaikan tersebut disebabkan oleh sekelompok orang yang dengan sengaja membelinya untuk mendorong penjualan. 

Sesaat sudah banyak orang yang ikut membeli dan harganya mencapai puncak, para pihak di belakangnya termasuk sejumlah orang yang sengaja membelinya di awal mencairkan pendapatannya lalu pergi begitu saja, membuat proyek NFT tersebut tidak lagi bernilai.

Baca juga: Ketahui Teknik Pump and Dump Crypto dan Cara Menghindarinya

3. Karya seni yang tidak original

Scam yang terakhir terjadi pada NFT art, di mana tidak sedikit koleksi NFT yang tersedia di marketplace ternyata merupakan hasil ‘curian’ dari seniman aslinya. Bagaimana bisa? Hal ini terjadi saat banyak oknum yang dengan sengaja minting atau upload karya seni kreator tersebut ke marketplace

Selain itu, tidak sedikit pula oknum yang mengambil sebagian suatu karya seni untuk kemudian digabungkan menjadi satu karya seni yang baru. Sekilas, karya seni tersebut memang baru. Padahal, hal tersebut bisa digolongkan plagiarisme karena mengambil karya seni yang sudah ada tanpa izin dari kreator aslinya. Jadi, Anda harus selalu berhati-hati dan pintar memilih NFT sebelum membelinya, ya!

Advertisement

Baca juga: Mari Cari Tau tentang Hak Cipta Karya Seni di Indonesia

5 Tips agar Terhindar dari Modus Penipuan NFT bagi Pemula

Melihat banyaknya modus penipuan atau scam NFT yang bertebaran di dunia maya, tidak bisa dipastikan kapan scam tersebut akan sepenuhnya menghilang. Akan tetapi, sebagai pengguna Anda bisa, kok, menghindarinya, terutama bagi pengguna yang baru terjun ke dunia NFT alias pemula. 

Bagaimana caranya? Berikut ini 5 tips dalam menghindari scam NFT!

1. Gunakan platform resmi dan ternama

Kini, platform NFT seperti marketplace dan wallet sudah sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Namun, penting bagi Anda untuk selalu memilih platform yang resmi dan ternama. 

Kok, gitu

Advertisement

Sebab, Anda dapat lebih mudah melacak histori dan track record-nya. Selain itu, umumnya platform ternama sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni sehingga terjamin lebih aman untuk bertransaksi.

2. Selalu simpan private keys untuk sendiri

Tips selanjutnya sangat berguna dalam menghindari modus penipuan NFT yang berlindung di balik identitas palsu. Pastikan Anda selalu melindungi private key yang Anda miliki dan tidak mengirimkannya pada siapapun. 

Hal ini dikarenakan oknum dapat langsung mengakses wallet yang Anda miliki. Dari sejumlah aset kripto hingga koleksi NFT yang Anda miliki bisa lenyap seketika sesaat oknum tersebut mendapatkan private key

3. Perhatikan sumber link dan tidak asal klik

Dalam menghindari scam NFT, tips lainnya adalah untuk selalu memperhatikan sumber link yang Anda terima dan tidak asal klik. Dalam perjalanan Anda di dunia NFT, sangat mungkin bagi Anda untuk menerima kiriman pesan berisi link dari orang asing. 

Sebelum klik, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu asal muasal link tersebut. Apabila terlihat mencurigakan, alangkah baiknya untuk langsung mengabaikan pesan tersebut.

Advertisement

4. Lakukan verifikasi terhadap proyek NFT

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, Anda juga harus selalu melakukan verifikasi terhadap suatu proyek NFT yang Anda temui. Misalnya, Anda melihat ada proyek NFT baru yang terlihat menjanjikan karena banyak orang yang membelinya. 

Di situasi tersebut, Anda disarankan untuk tidak langsung ikut membeli, melainkan untuk melakukan riset yang mendalam mengenai proyek tersebut lebih dulu. Seperti siapa pihak di belakangnya, tujuan proyek tersebut, dan hal penting lainnya.

5. Tetap berhati-hati

Tips terakhir yang harus selalu Anda lakukan adalah tetap berhati-hati dan terus mempertanyakan tiap kali Anda menemui hal baru dalam dunia NFT. Dengan berhati-hati dalam bertindak, semakin besar kemungkinan Anda terhindar dari modus penipuan NFT. Jadi, pastikan selalu waspada dan jangan mudah ikut-ikutan alias FOMO, ya!

Baca juga: Lakukan Strategi Berikut Sebelum Mulai Minting NFT!

Tidak bisa dipungkiri, modus penipuan NFT sedang marak seiring adopsinya yang kian meningkat. Namun, Anda sebagai pemula bisa kok menghindarinya selama selalu mengikuti tips yang telah disebutkan di atas. Selain itu, penting juga untuk gabung ke komunitas NFT agar Anda bisa mengetahui informasi terkini mengenai dunia NFT, termasuk kabar penipuan yang sepertinya masih akan terus bergulir.

Advertisement

Maka dari itu, segera gabung dengan komunitas NFT Tokocrypto di Discord dan Telegram serta daftarkan diri Anda di marketplace NFT TokoMall!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version