Menengah

Berikut Jenis Asic Miner yang Bisa Dipakai Untuk Mining Aset Kripto!

Published

on

Terbaru, ada hardware yang bisa dipakai untuk menambang aset digital bernama ASIC Miner. Setidaknya perangkat keras tersebut disinyalir bisa menjawab dua keresahan yang banyak dialami oleh para penambang aset kripto.

Kegiatan menambang Bitcoin tentu butuh beberapa persiapan. Salah satunya komputer dengan spesifikasi canggih dan listrik. Tak jarang menambang Bitcoin dengan cara tersebut dianggap lebih mahal karena harus memenuhi perangkat komputer dan membiayai listrik yang terpakai. 

Wah, seperti apa sih ASIC Miner tersebut? Untuk penjelasan lengkapnya, yuk, simak artikel ini.

Apa itu ASIC Miner?

ASIC sendiri adalah singkatan dari Application Specific Integrated Circuit. Pengertian ASIC Miner adalah perangkat yang dirancang untuk menambang mata uang digital. Adapun bentuk perangkat ASIC bisa dikatakan seperti mikroprosesor dan chip RAM yang ada di komputer milik Anda.

Apakah ASIC Miner Bisa Menambang Segalanya? 

Jika pertanyaannya “apakah ASIC Miner bisa menambang segalanya?” Jawabannya adalah tidak. Seperti yang sudah disebut di awal, ASIC Miner hanya bisa menambang aset digital. Nah, yang patut digaris bawahi adalah Anda tidak bisa menambang lebih dari satu jenis aset kripto dengan hardware yang sama. 

Advertisement

Jika Anda membeli satu perangkat khusus untuk Bitcoin (ASIC Bitcoin), Anda hanya dapat menambang Bitcoin. Karena Bitcoin ASIC ini memang merupakan komputer khusus yang digunakan hanya untuk menambang Bitcoin. Begitu pula pada Ethereum, Dogecoin dan sebagainya. 

Lalu, Apakah Perangkat Mining Ini Berharga?

Yap, menariknya bagi para penambang, ASIC bisa digunakan untuk menambang Bitcoin dalam jumlah yang banyak namun tak membutuhkan biaya yang banyak. Berbeda halnya dengan menambang menggunakan perangkat komputer canggih yang butuh pasokan listrik banyak. Sehingga para penambang bisa dengan cepat menghasilkan Bitcoin-nya. Inilah yang akhirnya bisa dikatakan perangkat menambang satu ini patut dipertimbangkan. 

Baca Juga: Daftar 5 Situs Mining Bitcoin Terpercaya yang Aman Digunakan 

Apa Saja yang Dibutuhkan Sebagai Pendukung ASIC Miner?

Tentu untuk menjadikan perangkat mining ini dapat bekerja, ia memerlukan beberapa pendukung, yaitu sbb.

  1. Pertama, software khusus, seperti BTC Miner, CGMiner, EasyMine, dan lain-lain. 
  2. Pastikan juga Anda telah memiliki wallet Bitcoin untuk menerima hasil penambangan. 
  3. Selanjutnya ada kalkulator penambang Bitcoin yang berfungsi untuk mengetahui hasil penambangan Bitcoin yang telah didapat berdasar daya komputasi dari perangkat mining satu ini.

Jenis-jenis ASIC Miner

Berikut kami rangkumkan beberapa jenis ASIC Miner berdasarkan artikel Software Testing Help yang bisa Anda pilih:

  1. Antminer S19 Pro

Source by Software Testing Help

Anda mencari perangkat yang ekonomis dan efisien? Perangkat ini adalah jawabannya. Antminer S19 Pro diproduksi oleh Bitmain, perusahaan manufaktur hardware terkemuka. Perangkat ini paling menguntungkan untuk Bitcoin dan algoritma SHA-256. Saat artikel ini ditulis, perangkat ini dihargai USD 2,860.

Advertisement
  1. AvalonMiner 1166 Pro

Source by Software Testing Help

Masih sama dengan perangkat mining sebelumnya, AvalonMiner 1166 Pro digunakan untuk menambang Bitcoin juga. AvalonMiner 1166 Pro merupakan Bitcoin ASIC yang populer karena diproduksi oleh Canaan, perusahaan hardware penambangan asal China. Adapun harganya sendiri menyentuh USD 3,000. 

  1. Innosilicon A10 Pro

Source by Software Testing Help

Nah, kalau Innosilicon A10 Pro ini merupakan peralatan penambangan algoritma Ethas, yakni hardware untuk menambang Ethereum. Perangkat ini pun dirilis pada tahun 2020 oleh Innosilicon dan menjadikan salah satu Ethereum ASIC yang paling menguntungkan. Untuk harganya, Innosilicon A10 Pro dibandrol USD 2,580. 

Menarik ya menambang aset kripto dengan ASIC Miner. Tapi, ada cara lain juga lho untuk mendapatkan aset kripto, yakni dengan membelinya di exchange aset kripto seperti Tokocrypto. Segera daftarkan diri Anda dan selesaikan KYC-nya. Oh iya, supaya tak ketinggalan berita seputar aset kripto, jangan lupa untuk bergabung dengan Komunitas Resmi Tokocrypto di Discordya!

Advertisement

Popular

Exit mobile version