Business

KunciCoin Gandeng Qoinpay Perluas Utilitas Project Kripto, Apa Itu?

Published

on

Project aset kripto lokal, KunciCoin (KUNCI) menjalin kemitraan strategis dengan mengandeng Qoinpay untuk menambah cakupan utilitasinya. Kemitraan ini dilakukan sebagai upaya memperkenalkan ekosistem dan pemanfaatan aset kripto di tengah masyarakat.

Qoinpay sendiri merupakan platform aplikasi payment gateway berbasis QRIS dan blockchain yang menjembatani pengguna menggunakan aset kripto yang dimiliki untuk melakukan transaksi pembelian di lebih dari 12 juta merchant, mulai dari restaurant, kafe, hotel, tempat perbelanjaan dan lainnya.

“QoinPay kami kembangkan itu bertujuan untuk membantu para crypto holders yang telah memiliki aset kripto beberapa waktu dan mereka mencari cara untuk melakukan utilisasi terhadap aset kripto mereka. Maka, Qoinpay ada,” kata CEO QoinPay, Setiawan Adhiputro dikutip CoinDesk.

KunciCoin gandeng Qoinpay perluas utilitas project kripto. Foto: KunciCoin.

Baca juga: Peneliti Ini Riset Cari Produk Kripto yang Sesuai di Indonesia

KunciCoin Masuk ke Platform Qoinpay

KunciCoin menjadi salah satu aset kripto dari Indonesia yang masuk ke dalam platform Qoinpay. Sebelumnya sudah ada kripto big cap, seperti Bitcoin, Ethereum, Solana, BNB dan Tether.

Qoinpay akan memfasilitasi para holder KUNCI untuk bisa bertransaksi membeli apapun secara instan dengan scan QRIS. Sistem Qoinpay akan secara otomatis mengkonversi menjadi rupiah (IDR) setiap aset kripto yang dipilih pengguna pada saat transaksi dilakukan.

Advertisement

Munculnya inovasi yang dikembangkan Qoinpay tidak menyalahi aturan tentang aset kripto sebagai komoditi atau bukan digunakan untuk alat pembayaran. Model utilisasi yang ditawarkan oleh Qoinpay sudah legal, karena tetap menggunakan rupiah dan menggandeng alat transaksi digital resmi dari Bank Indonesia yakni QRIS.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 8 September 2022: Kripto Kembali Bangkit, ETH Raih Untung

Aturan Kripto di Indonesia

Bisnis model QoinPay juga sudah sejalan dengan aturan dan regulasi pemerintah di mana transaksi keperdataan antar pihak sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan telah sejalan dengan kerangka regulasi di bidang sistem pembayaran, pengelolaan aset digital, pengelolaan sistem elektronik, dan perlindungan konsumen.

“Yang kita bantu disini adalah bukan (penukaran) terhadap aset kripto tersebut, akan tetapi untuk mengutilisasi aset kripto tersebut menjadi sesuatu hal yang lebih real,” terang Setiawan.

QoinPay dapat menjadi media untuk transaksi digital dan mendukung penggunaan e-wallet dan QoinPay dapat saling terintegrasi. E-wallet yang dimiliki pengguna bisa langsung diintegrasikankan dengan Qoinpay, agar aset kriptonya bisa diutilisasi menjadi uang fiat. Selain itu, QoinPay memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat akun e-wallet-nya sendiri.

Advertisement

Pengembangan yang dilakukan oleh KunciCoin juga merupakan bagian dari cara mengedukasi berbagai elemen masyarakat atas pembaruan teknologi berbasis kripto dan blockchain, serta menepis anggapan miring mengenai kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan kedua sektor tersebut.

Popular

Exit mobile version