Market

Market Watch: Aset Kripto Stagnan, Bitcoin dan Ethereum Sulit Gerak

Published

on

Pergerakan market kripto kini tengah lesu. Tidak ada sentimen yang kuat untuk mengalihkan perhatian investor ke market pada akhir pekan lalu.

Tim Riset Tokocrypto menjelaskan minimnya sentimen positif membuat aksi beli turun. Namun, kegelisahan investor atas Silvergate Bank dan sentimen terhadap anggota parlemen yang mengintensifkan dan pengawasan peraturan membuat pasar cenderung bergerak moderat.

Dalam pantauan situs CoinMarketCap pada Senin (6/3) pukul 10.00 WIB, harga kripto Bitcoin masih sideways diperdagangkan dengan harga US$ 22.400-an turun 0,08% dalam 24 jam terakhir. Sementara, Ethereum (ETH) bernasib sama di level US$ 1.500-an dan cenderung stagnan.

“Secara keseluruhan sentimen bearish memang masih kencang pasca potensi kebangkrutan Silvergate merebak. Ketika kabar itu muncul Bitcoin (BTC) pada Jumat (3/3) pagi mengagetkan para investornya, dengan penurunan harga hingga 4,87 persen, dari sebelumnya US$ 23.552 menuju US$ 22.241 dalam jangka waktu 24 jam,” analisis Tim Riset Tokocrypto.

Penurunan di kisaran angka US$ 22.000 pada BTC ini pun menyebabkan index Bitcoin Fear and Greed turun ke angka 48, yang menunjukkan kategori Neutral. Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup merah, turun 1,20%, ditutup pada level 1,022 triliun.

Advertisement

Proyeksi Pekan Ini

Ilustrasi market dolar AS. Foto: Reuters.

Baca juga: Tokocrypto Lakukan Full Migrasi Server, Ini yang Harus Diperhatikan

Minggu ini akan menjadi pekan yang sibuk untuk pasar kripto. Pada hari Selasa (7/3), penambangan Bitcoin akan menjadi topik hangat di Capitol Hill, dengan ‘sidang Senat pertama yang berfokus pada kebutuhan mendesak untuk menindak dampak lingkungan yang berkembang dari penambangan kripto.’

Investor juga harus memantau obrolan anggota FOMC menjelang kesaksian Ketua Fed, Jerome Powell pada tanggal 7-8 Maret. Pergantian hawkish akan membebani indeks saham AS dan memberi pijakan kripto yang lebih baik.

“Investor kripto pun saat ini masih menjauh dari market. Di pekan ini saja ada dua sentimen makroekonomi yang harus diperhatikan oleh investor, testimoni ketua The Fed, Jerome Powell di depan kongres pada 7-8 Maret rilis laporan ketenagakerjaan AS atau Nonfarm Payrolls yang keluar 10 Maret,” jelas Tim.

Dua laporan ekonomi tersebut sangat penting di pasar utama, terutama saham yang korelasi dengan kripto, karena semuanya dapat terbukti menjadi penggerak market. Laporan itu juga bisa mengindikasikan keputusan The Fed dalam kenaikan suku bunga 25 vs 50 bps pada bulan Maret nanti.

Selain sentimen ekonomi tersebut, kabar FUD juga datang dari penyelesaian kasus peretasan Mt. Gox. Investor kripto sedang harap-harap cemas menanti penyelesaian kasus peretasan Mt. Gox, karena dikhawatirkan akan terjadi likuidasi besar-besaran yang membuat aksi jual meningkat. Proses pencairan dana kreditur (repayment) kemungkinan bisa dilakukan mulai 10 Maret 2023.

Advertisement

Analisis Teknikal

Grafik harga mingguan BTC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Analisis Market: Maret Bulan Baik untuk Harga Kripto?

Dari sisi analisis teknikal, pergerakan harga Bitcoin telah mengalami penurunan drastis dan berhasil breakdown support terdekatnya. Tekanan jual yang tinggi menjadi salah satu faktor terjadinya hal tersebut.

“Bitcoin masih menguji level resistensi terdekatnya di level US$ 22.722 yang bila tercapai bisa menahan laju penurunan harga BTC. Namun, apabila penurunan harga Bitcoin berlanjut, ada dua titik support yang harus diperhatikan sebagai tahanan selanjutnya,” ungkap Tim.

Support pertama berada pada garis 200-day exponential moving average (EMA) di level US$ 21.775 dan support kedua berada pada harga terendah pada di level US$ 21.351. Jika dilihat dari pergerakan jangka pendek, peluang untuk kembali bergerak naik dinilai lebih besar ketika penurunan harga menyentuh titik tersebut.

Skenario terburuk adalah apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakdown bisa didorong oleh data laporan ketenagakerjaan yang kurang baik dan komentar The Fed yang belum melunak untuk sedikit mengerem kenaikan suku bunga, menjadi hal krusial pekan ini.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

Advertisement

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular

Exit mobile version