Connect with us

Market

Analisis Market: Maret Bulan Baik untuk Harga Kripto?

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Menyusul bulan Februari yang datar, banyak investor kripto berharap penuh untuk dapat banyak peluang keuntungan di Maret mendatang. Namun, harapan itu tampak sulit melihat situasi makroekonomi dan industri kripto secara keseluruhan.

Tim Riset Tokocrypto menjelaskan pergerakan harga Bitcoin (BTC) selama bulan Februari termasuk dalam kategori sideways. Terlihat dari indeks Bitcoin Monthly Returns, Harga BTC berakhir di Februari hanya naik 0,03%. Praktis setelah penutupan pergerakan bulanan BTC mengonfirmasi tidak ke mana-mana selama empat minggu berturut-turut.

Naik turunnya harga Bitcoin yang sebagian besar karena data makroekonomi. Aksi harga BTC menyelesaikan bulan Februari hampir persis dengan di akhir Januari 2023, di mana BTC mulai di sekitar US$ 23.500. Itu berarti bahwa Bitcoin lebih stabil daripada kumpulan aset arus utama, termasuk saham, komoditas, dan, tentu saja, mata uang utama dunia. Ini bukan prestasi yang berarti untuk kripto, dengan Bitcoin sering dikritik sebagai penyimpan nilai yang buruk karena volatilitasnya yang terkadang intens.

Lalu bagaimana dengan proyeksi pergerakan Bitcoin di Maret nanti? 

Proyeksi Gerak Market Kripto di Maret

Ilustrasi investasi aset kripto.
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Daftar Aset Kripto yang Berkinerja Baik di Februari 2023

Pada hari-hari awal Maret ini, terlihat bukanlah bulan yang baik atau bullish untuk market kripto, khususnya Bitcoin. BTC telah turun hampir 5%, menghapus kapitalisasi pasar US$ 22 miliar menjadi total US$ 430,9 miliar pada Jumat (3/3). Ethereum (ETH), XRP (XRP), Cardano (ADA) dan Polygon (MATIC), dan altcoin lainnya juga mengalami penurunan tajam serupa.

Anjloknya market kripto terutama Bitcoin disebabkan oleh beberapa hal. Market goyah karena kekhawatiran baru atas solvabilitas perusahaan kripto yang terjadi pada bank Silvergate hingga data statistik pasar tenaga kerja AS yang baru dirilis pada Kamis (2/3) tidak menguntungkan pasar aset berisiko.

Kemudian di luar data makroekonomi, investor kripto juga dikhawatirkan oleh tindakan dan komentar dari drama U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) yang ingin melakukan pengetatan regulasi kripto di AS. Oleh karena itu, bisa saja market bergerak sideways atau datar imbas investor yang masih khawatir dengan masa depan kripto di AS.

Advertisement

Secara menyeluruh belum ada tanda maupun sentimen yang kuat untuk terjadinya bull run di bulan Maret ini. Kemungkinan besar pasar masih akan tetap sideways di rentang harga US$ 21.500-US$ 25.000. 

Sentimen Bearish Kuat

Bitcoin Monthly Return. Sumber: Coinglass.
Bitcoin Monthly Return. Sumber: Coinglass.

Baca juga: 5 Aset Kripto Teratas Layak Dipantau pada Maret 2023

Berkaca dari historis Bitcoin Monthly Return, Maret bukan bulan yang baik untuk BTC dan kripto lainnya. Indikasi penurunan pasar kripto banyak terjadi di bulan Maret dalam periode tahun 2014-2018. Di samping itu, bulan Maret juga berisiko tinggi untuk penurunan indeks saham berikutnya, merujuk ke data historis yang menunjukan pasar bearish sering berhenti di antara musim pendapatan triwulanan. 

Kecenderungan investor sulit untuk masuk ke pasar karena menunggu hasil laporan keuangan kuartal dari beberapa perusahan besar, terutama di bidang teknologi. Korelasi pasar saham dan kripto masih berkaitan erat dalam beberapa tahun terakhir.

Pasar kripto telah diperdagangkan sejalan dengan saham teknologi pertumbuhan tinggi sejak akhir tahun 2020, melonjak ke level tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kemudian, perlahan mengalami kehancuran, ketika The Fed mulai menaikkan suku bunga dan menyedot likuiditas keluar dari pasar.

Adapun kalender ekonomi AS yang harus diwaspadai investor adalah tanggal 10 maret akan ada data Non Farm Payrolls (NFP), Consumer Price Index (CPI) pada 14 Maret, dan pertemuan FOMC The Fed untuk menentukan kenaikan suku bunga pada 21-22 Maret. Data makroekonomi yang menguat akan menggangu sikap hawkish The Fed, sehingga kemungkinan besar juga berpengaruh pada pasar kripto bulan ini.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular