Connect with us

Academy

Mengenal Wormhole (W): Jembatan Penghubung Aset Kripto Lintas Blockchain

Published

on

Ilustrasi Wormhole (W). Sumber: Wormhole.

Dunia kripto penuh dengan inovasi, dan salah satu terobosan menarik adalah Wormhole. Proyek Wormhole bertindak seperti jalan tersembunyi yang memungkinkan Anda memindahkan token dengan aman antara blockchain yang berbeda. Ini berarti Anda dapat mengirim Bitcoin (BTC) di blockchain Bitcoin ke Ethereum (ETH) di blockchain Ethereum, tanpa memerlukan pihak ketiga seperti exchange.

Mari kita pelajari lebih dalam tentang Wormhole dan bagaimana cara kerjanya!

Apa itu Wormhole dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bayangkan Wormhole sebagai terowongan yang menghubungkan dua bioskop berbeda. Anda bisa masuk ke bioskop A dengan tiket film berformat khusus, lalu keluar di bioskop B dan tetap bisa menggunakan tiket tersebut untuk menonton film! Wormhole bekerja dengan cara yang mirip.

Wormhole menggunakan smart contract untuk menghubungkan dua blockchain dan membuat token “wrapped” baru untuk setiap blockchain. Wrapped token adalah representasi dari token asli pada blockchain lain. Misalnya, untuk memindahkan token berbasis Ethereum ke blockchain lain, Anda perlu terlebih dahulu mengonversinya menjadi wrapped token terlebih dahulu.

Setelah konversi, wormhole memindahkan wrapped token tersebut ke blockchain tujuan dan membuat kembali token asli di sana. Proses ini cepat dan aman, serta menghilangkan kebutuhan akan pihak ketiga yang terpusat.

Advertisement

Manfaat Menggunakan Wormhole

Wormhole memastikan keamanan dan keandalan transaksi lintas rantai, memberdayakan pengembang untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan seterusnya.

Wormhole membuka pintu bagi segudang aplikasi inovatif, mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi blockchain. Berikut ini beberapa contoh kasus penggunaan potensialnya:

Ilustrasi Wormhole (W). Sumber: Wormhole.
Ilustrasi Wormhole (W). Sumber: Wormhole.

Baca juga: Ethena (ENA): Protokol DeFi Baru dengan Stablecoin Sintetis USDe

  • Cross-Chain Exchange: Pengembang dapat memanfaatkan Wormhole Connect untuk menciptakan pertukaran terdesentralisasi yang menerima setoran dari rantai mana pun yang terhubung dengan Wormhole, sehingga secara signifikan meningkatkan likuiditas bagi pengguna.
  • Cross-Chain Governance: Grup yang mencakup beberapa jaringan blockchain dapat menggunakan Wormhole untuk memfasilitasi keputusan tata kelola gabungan, memungkinkan pemegang saham untuk memberikan suara pada proposal di berbagai rantai yang berbeda dan menyinkronkan tindakan mereka pada rantai “pemungutan suara” yang ditentukan.
  • Cross-Chain Gaming: Platform permainan dapat memanfaatkan kekuatan Wormhole untuk membangun pengalaman interaktif yang mencakup banyak jaringan. Misalnya, sebuah game dapat dihosting di jaringan berkinerja tinggi seperti Solana, dengan hadiah yang diberikan sebagai NFT di blockchain berbeda, seperti Ethereum.

Risiko Menggunakan Wormhole

Serangan Wormhole: Meskipun langkah keamanan telah diterapkan, wormhole tetap rentan terhadap serangan. Peretas dapat mencoba mengeksploitasi sistem untuk keuntungan pribadi.
Transaksi Tidak Dapat Dibatalkan: Karena transaksi wormhole terjadi secara instan, Anda tidak dapat membatalkannya jika terjadi kesalahan atau penipuan.
Protokol Baru: Wormhole adalah teknologi yang masih berkembang, sehingga potensinya belum sepenuhnya terealisasi. Keamanan dan kehandalannya mungkin belum sebaik teknologi yang lebih mapan.

Token Wormhole (W)

Token Wormhole (W) adalah token asli yang menggerakkan platform Wormhole, yang merupakan protokol lintas-rantai atau cross-chain dengan berbagai produk yang memfasilitasi komunikasi dan pesan lintas lebih dari 30 jaringan blockchain dan Layer-2. Proyek ini diluncurkan pada Agustus 2021 dengan dukungan dari venture capital Jump Crypto.

Token ini awalnya diluncurkan sebagai token SPL asli Solana, dengan fungsionalitas ERC20 yang akan diaktifkan setelah peluncuran melalui Wormhole Native Token Transfers (NTT), memungkinkan transfer mulus di seluruh jaringan yang terhubung dengan Wormhole.

Token W memiliki beberapa kegunaan utama, termasuk:

Advertisement
  • Governance: Token W memungkinkan pemegang token untuk memandu dan mempengaruhi arah protokol melalui tata kelola on-chain melalui organisasi otonom terdesentralisasi (DAO).
  • Tokenomics: Wormhole memiliki pasokan maksimum 10 miliar token W, dengan pasokan beredar awal sebesar 1,8 miliar. Sebanyak 82% dari token W awalnya terkunci dan akan dibuka selama empat tahun sesuai jadwal vesting.
  • Interoperabilitas: Platform Wormhole memungkinkan aplikasi multichain dan jembatan untuk beroperasi dalam skala besar, mendukung pesan multichain untuk aplikasi dan tim seperti Uniswap, Circle, Lido, Synthetix, Pyth, dan lainnya.
Wormhole (W).
Wormhole (W).

Kesimpulan

Wormhole adalah inovasi yang menarik dalam dunia kripto. Ini menawarkan cara yang aman dan efisien untuk memindahkan aset kripto lintas blockchain. Wormhole berpotensi membuat pasar kripto lebih terintegrasi dan efisien, serta membuka peluang investasi baru bagi para penggunanya.

Namun, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan penggunaan wormhole sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Pastikan Anda selalu berhati-hati dan hanya gunakan wormhole dari penyedia terpercaya. Catat tanggalnya, Wormhole (W) akan terdaftar di Tokocrypto pada 3 April 2024.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular