Connect with us

Academy

Ethena (ENA): Protokol DeFi Baru dengan Stablecoin Sintetis USDe

Published

on

Ilustrasi Ethena (ENA). Sumber: Ethena.

Di era digital yang terus berkembang, muncul sebuah inovasi menarik di dunia kripto: Ethena (ENA). Sebagai protokol mata uang sintetis yang berbasis di Ethereum, Ethena membawa angin segar dengan menyediakan solusi kripto yang tidak bergantung pada infrastruktur perbankan tradisional. Lebih dari itu, Ethena juga menawarkan instrumen tabungan berdenominasi dolar yang dikenal sebagai ‘Internet Bond’, membuka akses global yang belum pernah ada sebelumnya.

USDe: Mata Uang Sintetis dari Ethena

Ethena memperkenalkan mata uang sintetisnya, USDe, yang berkomitmen untuk menyediakan mata uang kripto asli yang stabil dan resisten terhadap sensor. USDe menarik karena mampu skalabilitas dengan menggunakan aset Ethereum yang distaking sebagai jaminan. Keunikannya terletak pada transparansi penuh dalam kolateralisasi di blockchain, yang memungkinkan penggunaannya secara luas dalam DeFi.

Salah satu keunggulan utama USDe adalah stabilitas nilainya. Ini terjamin melalui penggunaan posisi derivatif delta hedging untuk aset-aset kolateral yang dipegang oleh protokol. Dengan demikian, USDe menjadi andalan dalam menciptakan stabilitas di tengah pasar yang dinamis.

Internet Bond: Tabungan Dolar Berbasis Kripto

‘Internet Bond’ adalah terobosan lain dari Ethena. Instrument ini memanfaatkan hasil dari Ethereum yang distaking serta keuntungan dari penyelesaian pasar futures dan perpetual. Hasilnya, ‘Internet Bond’ berfungsi seperti obligasi berdenominasi dolar yang menawarkan kesempatan tabungan untuk pengguna di berbagai yurisdiksi.

Internet Bond berpotensi berfungsi mirip dengan obligasi pemerintah AS, memberikan aset kolateral utama untuk DeFi. Ia menjadi aset yang tidak bisa disensor dan menghasilkan yield, serta dapat digunakan sebagai mata uang transaksional di bursa terpusat.

Advertisement

Solusi atas Masalah yang Dihadapi Ethena

Ilustrasi Ethena (ENA). Sumber: Ethena.
Ilustrasi Ethena (ENA). Sumber: Ethena.

Baca juga: Kenal Book of Meme (BOME): Abadikan Budaya Meme dalam Blockchain

Ethena dikembangkan sebagai jawaban atas kebutuhan signifikan di ruang kripto, khususnya dalam menciptakan sistem finansial paralel yang benar-benar terdesentralisasi. Meski stablecoin menjadi alat keuangan kunci, banyak di antaranya masih bergantung pada infrastruktur perbankan tradisional. Ethena membawa solusi dengan menyediakan mata uang kripto asli yang dapat di-skalakan.

Fitur Unggulan USDe

  • Keamanan On-Chain: USDe memanfaatkan sistem keamanan blockchain, yang meminimalkan risiko pihak ketiga.
  • Leverage Tanpa Risiko Likuidasi: Berbeda dengan stablecoin algoritmik lain, USDe menggunakan mekanisme delta-neutral, menghindarkan pengguna dari risiko likuidasi.
  • Konektivitas Tanpa Batas: USDe memiliki akses langsung ke berbagai pasar likuiditas utama.
  • Model Operasional Ethena
  • Ethena memiliki mekanisme penerbitan USDe yang unik. Pengguna dapat menyetor berbagai jenis LST (stETH, rETH) ke Ethena untuk menerima USDe. Selanjutnya, Ethena membuka posisi short yang tidak leverage untuk mengimbangi volatilitas harga LST.

ENA Token: Lebih dari Sekedar Token

Ethena (ENA) adalah token kripto yang terkait dengan Ethena Labs, sebuah platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang sedang membangun protokol stablecoin sintetis dolar (USDe) di atas blockchain Ethereum. USDe bertujuan untuk menawarkan alternatif stabil dalam dunia kripto yang fluktuatif, serta tidak bergantung pada sistem perbankan tradisional.

Distribusi token ENA. Sumber: Ethena.
Distribusi token ENA. Sumber: Ethena.

ENA, sebagai token governance Ethena, memiliki peran penting dalam ekosistem Ethena. Total suplainya sebesar 15 miliar, dengan alokasi untuk pendiri, investor, cadangan, dan pengembangan ekosistem. Token ini tidak hanya digunakan untuk voting dalam proposal tata kelola proyek tetapi juga akan tersedia di berbagai dompet digital, seperti MetaMask dan Trust Wallet. Catat tanggalnya, ENA akan terdaftar di Tokocrypto pada 2 April 2024.

Kesimpulan

Ethena (ENA) hadir sebagai terobosan di dunia kripto dengan solusi inovatif dan berkelanjutan. Dari USDe yang stabil dan tahan sensor hingga Internet Bond yang inovatif, Ethena membuka jalan bagi evolusi keuangan digital.

Ethena menawarkan solusi inovatif untuk mewujudkan sistem keuangan yang terdesentralisasi penuh. Dengan USDe yang tangguh dan tata kelola komunitas melalui ENA, Ethena berpotensi menjadi pemimpin dalam gerakan DeFi.

Kita tunggu perkembangan selanjutnya dari Ethena dan dampaknya terhadap ekosistem keuangan digital global.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular