Market

Pasar Kripto Tak Bergairah, Ini Penyebabnya Dalam Sepekan Terakhir

Published

on

Pasar kripto masih kurang bergairah dalam sepekan terakhir. Bahkan, Bitcoin, Ether, dan semua 10 kripto non-stablecoin teratas lainnya turun dalam perdagangan Jumat (4/8) pagi. Sementara secara keseluruhan, volatilitas harga BTC dan ETH tetap rendah karena sentimen bearish mencengkeram investor, terutama karena aksi harga Bitcoin. 

Total kapitalisasi pasar kripto turun sekitar 1,7 persen, berjumlah sekitar US$ 1,16 triliun pada hari Jumat pagi. Harga Bitcoin terpantau diperdagangkan sekitar US$ 29.000 mendekati level dukungan penting US$ 28.400. Selain itu, altcoin gagal memanfaatkan kelemahan Bitcoin, menandakan sentimen bearish lebih lanjut.

Ada beberapa sentimen negatif utama yang membuat pasar kripto tetap lesu di awal Agustus ini, meski kabar MicroStrategy yang akan menjual saham untuk akumulasi lebih banyak Bitcoin tidak cukup mendorong BTC ke zona hijau.

Pertama, volume perdagangan kripto yang merosot yang menimbulkan investor dan trader kurang bergairah karena likuiditas yang belum stabil. Anehnya, peristiwa halving Litecoin ketiga yang terjadi pada hari Rabu (2/8), tetapi volume perdagangan kripto menyaksikan kemerosotan yang signifikan. Mungkin trader melakukan aksi “buy the rumor, sell the news,” dan kemudian mengambil untung sebelum kenaikan Bitcoin.

Insiden peretasan Curve Finance dan AAVE Protocol Fiasco atas pinjaman US$ 60 juta USDT, serta kabar SEC mengintensifkan pengawasannya terhadap proyek kripto dan tuntutan terhadap Terraforms Labs dan Don Kwon tetap dilanjutkan, mengikuti keputusan Ripple atas penjualan XRP juga memicu sentimen bearish di pasar.

Sentimen Bearish

Ilustrasi Bitcoin Fear and Greed Index pada Jumat, 04 Agustus 2023. Sumber: Alternative.me.

Baca juga: Bursa Kripto Potensi Kembalikan Gairah Pasar dan Investor di Indonesia

Rug pull pada BALD menimbulkan ketakutan di kalangan investor kripto, meskipun ada jaminan peningkatan pengawasan peraturan. Data on-chain juga mengungkapkan lonjakan signifikan dalam aktivitas crypto whale, menambah ketakutan keseluruhan akan sentimen bearish yang berlaku di pasar. Banyak whale yang mulai memindahkan asetnya ke exchange untuk siap-siap dalam posisi jual, ketika harga Bitcoin naik.

Pasar kripto akan cenderung sideways dan turbulensi akan segera menjelang perilisan data ketenagakerjaan AS atau Non-Farm Payroll (NFP) pada Jumat (4/8) malam yangakan menjadi sorotan di mana, investor akan mencari tanda-tanda untuk melihat kondisi inflasi AS.

Advertisement

Dalam jangka panjang, data CPI Juli pada 10 Agustus dan keputusan pertama SEC yang akan datang pada aplikasi ETF Bitcoin BlackRock pada 12 Agustus juga menjadi perhatian di pekan depan. SEC memiliki tenggat waktu hingga 240 hari untuk menyetujui, menolak, atau menunda aplikasi ETF Bitcoin.

Sementara itu, kemungkinan dominan di bulan Agustus dan September akan mengalami penurunan harga Bitcoin. Oleh karena itu, Agustus dan September dapat menjadi titik yang potensial untuk melakukan trading atau strategi dollar cost averangi (DCA) untuk mengakumulasi aset.

Menurut Fear and Greed Index, sentimen pasar terhadap Bitcoin saat ini masih netral, dengan poin berada di 54, yang mengalami kenaikan dari 52 poin. Kenaikan ini masih mencerminkan sikap optimis pelaku pasar menjelas rilis data ekonomi AS menjelang akhir pekan.

Analisis Harga Bitcoin (BTC)

BTC/USDT 4H Time Frame by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Proyeksi Pasar Kripto Agustus 2023: Potensi Turun atau Naik?

Prediksi pergerakan harga Bitcoin dalam 1-2 minggu ke depan adalah mengalami penurunan, dengan target penurunan di sekitar US$ 28.322. Saat ini, Bitcoin sedang konsolidasi di kisaran harga US$ 29.100-US$ 29.500 dan belum menunjukkan adanya breakdown dari level support-nya.

Namun, apabila harga Bitcoin turun di bawah US$ 29.000, itu dapat menjadi konfirmasi untuk pergerakan harga breakdown. Sebagai investor atau pengguna Bitcoin, sangat penting untuk berhati-hati selama periode tersebut. Jika prediksi penurunan harga terjadi dari harga saat ini sekitar US$ 29.366, maka estimasi penurunan harganya adalah sekitar -3,48%. 

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular

Exit mobile version