Connect with us

Academy

Semua Tentang Tingkat Suku Bunga: Apa, Mengapa, dan Bagaimana

Published

on

Penjelasan mengenai Tingkat Bunga. Sumber: Binance Academy.

Jika kamu pernah mendengar tentang “tingkat suku bunga,” kamu mungkin bertanya-tanya apa artinya dan mengapa penting. Mari kita jelaskan dengan cara yang sederhana!

Apa Itu Tingkat Bunga?

Mari kita mulai dengan dasar-dasar. Tingkat suku bunga adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh seseorang saat mereka meminjam uang dari orang lain. Ketika seseorang meminjam uang, mereka harus membayar kembali jumlah pokok pinjaman plus bunga.

Misalnya, jika Alice meminjam uang dari Bob, Bob mungkin mengatakan ’Anda bisa memiliki US$10.000 ini, tetapi nanti kembalikan dengan bunga 5%.’ Artinya, Alice harus membayar kembali US$10.000 (pokok) awal ditambah 5% dari jumlah pokok tersebut pada akhir periode. Oleh karena itu, pembayaran totalnya kepada Bob menjadi US$10.500.

Jadi, tingkat suku bunga adalah persentase bunga yang terutang per periode. Jika 5% per tahun, maka Alice akan berutang US$10.500 di tahun pertama. Dari sana, hal yang mungkin terjadi:

tingkat bunga sederhana – tahun-tahun berikutnya dikenakan 5% dari pokok
atau

Advertisement

tingkat bunga majemuk – 5% dari US$10.500 di tahun pertama, kemudian 5% dari US$10.500 + $525 = US$11.025 di tahun kedua, dan seterusnya.

Mengapa Tingkat Suku Bunga Penting?

Tingkat bunga memengaruhi semua orang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika tingkat suku bunga naik, menabung menjadi lebih menarik karena kamu akan mendapat lebih banyak bunga atas uang yang kamu simpan di bank.

Namun, meminjam uang menjadi lebih mahal karena kamu harus membayar lebih banyak bunga atas pinjaman yang kamu ambil. Sebaliknya, ketika tingkat bunga turun, meminjam uang menjadi lebih terjangkau karena kamu harus membayar lebih sedikit bunga, tetapi menabung mungkin kurang menarik karena kamu akan mendapat lebih sedikit bunga atas uang yang kamu simpan.

Bagaimana Tingkat Suku Bunga Memengaruhi Ekonomi?

Tingkat suku bunga memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi secara keseluruhan. Misalnya, ketika bank sentral menaikkan tingkat bunga, hal ini dapat mengurangi jumlah uang yang beredar dalam perekonomian, menghentikan inflasi, dan mendorong orang untuk menabung daripada menghabiskan uang. Di sisi lain, ketika bank sentral menurunkan tingkat bunga, hal ini dapat mendorong konsumsi dan investasi, merangsang pertumbuhan ekonomi.

Tingkat Suku Bunga Negatif? Apa Itu?

Tingkat bunga negatif terjadi ketika tingkat bunga turun di bawah nol. Dalam situasi ini, orang harus membayar untuk menyimpan uang di bank atau bahkan untuk meminjam uang. Meskipun terdengar aneh, tingkat bunga negatif dapat digunakan sebagai upaya terakhir untuk merangsang aktivitas ekonomi dalam situasi di mana tingkat bunga positif tidak lagi efektif.

Advertisement

Kesimpulan

Tingkat suku bunga adalah konsep yang sangat penting dalam ekonomi modern. Mereka memengaruhi keputusan orang dalam menabung, meminjam, berinvestasi, dan menghabiskan uang. Dengan pemahaman yang baik tentang tingkat bunga, kita dapat lebih baik memahami bagaimana kebijakan ekonomi mempengaruhi kita semua dalam kehidupan sehari-hari.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Popular