Connect with us

Blockchain

Siap-siap! Teknologi Blockchain Dipakai Pembangunan IKN

Published

on

Pembangunan IKN Bukti Kesiapan Ekonomi. Sumber: Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Teknologi blockchain dimasukan dalam Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara, dokumen yang menjadi acuan dalam pembangunan IKN yang berlokasi di yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Kepala OIKN Bambang Susantono menjelaskan Cetak biru ini memberikan pandangan menyeluruh tentang Kota Cerdas Nusantara. Visi Kota Cerdas Nusantara 2045 menjadi fokus utama pembahasan awal, dengan penekanan pada pembangunan kota yang berkelanjutan, inovatif, dan inklusif.

“IKN memiliki visi untuk menjadi liveable and lovable city (kota yang layak huni dan dicintai). Oleh karena itu, dokumen ini juga akan berisi bagaimana mewujudkannya,” kata Bambang dilansir Antara, Jumat (29/12).

Bambang mengatakan, Cetak Biru ini bertujuan untuk mewujudkan IKN sebagai kota yang layak huni dan dicintai, dengan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya, Teknologi Kota Cerdas Nusantara menyediakan analisis mendalam tentang berbagai teknologi yang diterapkan, mulai dari Teknologi Utama Kota Cerdas seperti jaringan telekomunikasi, data center, dan cybersecurity, hingga Teknologi Pendukung Kota Cerdas seperti Internet of Things (IoT), autonomous driving, Urban Air Vehicle (UAV) dan blockchain.

Teknologi Blockchain

Pembangunan IKN Bukti Kesiapan Ekonomi. Sumber: Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).
Pembangunan IKN Bukti Kesiapan Ekonomi. Sumber: Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Baca juga: Kenal Jagat Nusantara Metaverse IKN yang Diresmikan Presiden Jokowi

Blockchain adalah teknologi yang memungkinkan penyimpanan data secara terdistribusi dan aman. Pada dasarnya, blockchain merupakan rangkaian blok yang saling terhubung dan terenkripsi, di mana setiap blok berisi informasi transaksi atau data. Keamanan dan transparansi menjadi keunggulan utama blockchain, karena setiap perubahan data harus diverifikasi oleh jaringan dan tidak dapat diubah secara sepihak.

Dengan blockchain, data dapat disimpan secara lebih terbuka, namun tetap terjaga kerahasiaannya, meminimalkan risiko penipuan, dan meningkatkan efisiensi dan kepercayaan dalam berbagai sistem dan transaksi.

Penerapan blockchain dalam layanan IKN dapat mewujudkan infrastruktur yang aman dan transparan untuk mengelola berbagai aspek urban, mulai dari sistem administrasi publik hingga pengelolaan sumber daya kota.

Advertisement

Penerapan Blockchain di IKN

Misalnya, dalam sistem administrasi, blockchain dapat digunakan untuk menyederhanakan proses pelayanan publik, seperti pendaftaran properti atau lisensi bisnis, dengan cara yang lebih efisien dan bebas korupsi. Di sisi lain, dalam pengelolaan sumber daya kota, teknologi ini dapat membantu dalam pelacakan dan pengelolaan sumber daya energi atau air, memastikan distribusi yang lebih efektif dan mengurangi pemborosan.

Penggunaan blockchain juga mendukung integrasi data dari berbagai sumber secara real-time, yang sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cepat dan akurat. Selain itu, API Gateway yang diimplementasikan di Ibu Kota Nusantara menggunakan nama API Gateway Satu Nusantara yang mengadopsi enkripsi data, standarisasi data, dan penggunaan teknologi blockchain untuk menjamin integritas data.

API Gateway Satu Nusantara beroperasi melalui arsitektur terpusat, yang menjadi pusat penghubung berbagai penyedia dan pengguna data. API Gateway Satu Nusantara menyederhanakan komunikasi dan koordinasi bagi pakai layanan, menciptakan titik terpadu untuk pertukaran data.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular