Connect with us

Academy

Memahami Trilema Blockchain dengan Mudah

Published

on

Apa Itu Trilema Blockchain? Sumber: Binance Academy.

Blockchain, teknologi revolusioner di balik mata uang kripto dan aplikasi terdesentralisasi lainnya, hadir dengan potensi luar biasa untuk mengubah cara kita berinteraksi, bertransaksi, dan menyimpan data. Namun, di balik potensinya yang besar, terdapat rintangan yang signifikan: trilema blockchain.

Trilema ini mengacu pada tiga karakteristik fundamental blockchain yang saling bertentangan:

1. Desentralisasi: Jaringan blockchain terdistribusi dan tidak dikendalikan oleh entitas tunggal, memberikan ketahanan dan transparansi.

2. Keamanan: Mekanisme konsensus seperti Proof of Work (PoW) memastikan integritas data dan ketahanan terhadap serangan.

3. Skalabilitas: Kemampuan blockchain untuk memproses transaksi dengan cepat dan efisien, menjadi kunci untuk adopsi massal.

Advertisement

Permasalahan

Meningkatkan satu elemen dalam trilema ini sering kali berakibat pada melemahnya elemen lainnya. Contohnya, meningkatkan skalabilitas dengan memusatkan kontrol pada beberapa node dapat mengorbankan desentralisasi dan keamanan.

Solusi Potensial

Para pengembang terus berusaha untuk mengatasi trilema ini dengan berbagai pendekatan inovatif, termasuk:

  • Sharding: Membagi blockchain menjadi partisi yang lebih kecil untuk meningkatkan throughput transaksi.
  • Mekanisme konsensus alternatif: Algoritma seperti Proof of Stake (PoS) dan Delegated Proof of Stake (DPoS) menawarkan skalabilitas yang lebih baik dibandingkan PoW.
  • Solusi Layer 2: Sidechain dan state channel memindahkan transaksi dari main chain, mengurangi beban jaringan, dan meningkatkan skalabilitas.

Kesimpulan

Trilema blockchain menghadirkan tantangan signifikan, namun bukan berarti tidak ada solusi. Komunitas blockchain terus berinovasi dan mengembangkan solusi kreatif untuk mencapai keseimbangan antara desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas. Upaya ini membuka jalan bagi masa depan di mana blockchain dapat sepenuhnya mewujudkan potensinya dan merevolusi berbagai aspek kehidupan kita.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Advertisement

Popular