Altcoin News

XRP Menantang Bitcoin Dominance, Saatnya Altcoin Naik?

Published

on

Keuntungan XRP yang melejit dalam beberapa waktu terakhir telah menggangu dominasi Bitcoin (BTC). Sejauh ini, altcoin mulai membangkitkan pasar kripto dibandinkan Bitcoin, dengan Ethereum (ETH), XRP yang berafiliasi dengan Ripple, dan Solana (SOL) semuanya mengalami keuntungan dalam 24 jam terakhir.

Saat dominasi Bitcoin (BTC) mulai goyah, ada tanda-tanda bahwa musim altcoin baru akan segera tiba, sentimen yang digaungkan oleh Co-founder Glassnode, Yann Allemann. ETH saat ini diperdagangkan di sekitar US$ 1.853, menandai kenaikan moderat 0,16% selama beberapa hari terakhir. Altcoin lain seperti XRP dan SOL juga telah melihat keuntungan penting, masing-masing naik lebih dari 2%. Tren kenaikan altcoin ini secara singkat mengarahkan sinyal altcoin ke zona musim altcoin.

Musim Altcoin

Ilustrasi altcoin. Sumber: Analytics Insight.

Baca juga: Perbandingan Stablecoin USDT dan BUSD: Mana Lebih Baik?

Di tengah pergerakan ini, Dogecoin (DOGE), sebuah altcoin yang terkenal dengan narasinya yang kuat, memimpin kenaikan pasar setelah langkah Elon Musk untuk mengubah citra Twitter menjadi X. Kinerja XRP sangat penting dalam peningkatan altcoin saat ini. Menurut data CoinGecko, XRP diperdagangkan pada US$ 0,72, mewakili peningkatan 2,4%.

Reli terbarunya muncul setelah keputusan positif dalam kasus Ripple vs SEC. Token kontroversial terus menarik minat pedagang yang signifikan, mencatat volume perdagangan 24 jam lebih dari US$ 1,4 miliar.

Meskipun prospek jangka pendek menunjukkan BTC mengungguli pasangan ETH/BTC, analisis jangka menengah menunjukkan bahwa ETH memimpin, berpotensi memicu reli altcoin berikutnya.

Advertisement

Harga XRP

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Baca juga: Setelah Dogecoin, Synthetix (SNX) Pimpin Kenaikan Altcoin Pasca FOMC

Harga XRP telah naik sebesar 2% dalam 24 jam terakhir, naik menjadi US$ 0,716275 setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga dasarnya sebesar 0,25% kemarin.

Meskipun kenaikan suku bunga biasanya memiliki efek negatif pada pasar keuangan, investor tampaknya menganggap langkah kemarin sebagai salah satu langkah terakhir yang akan dilakukan Federal Reserve AS selama siklus ekonomi saat ini, sesuatu yang telah membantu menopang pasar kripto.

XRP tetap turun sebesar 12% dalam tujuh hari terakhir, tetapi naik sebesar 50% dalam 30 hari terakhir dan sebesar 110% sejak awal tahun, didorong oleh keberhasilan Ripple dalam mengamankan keputusan yang sebagian besar positif dalam kasusnya dengan SEC.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular

Exit mobile version