Dilansir dari TheNextWeb, pencipta Bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto jelas tidak ada di sebagian besar keberadaannya. Sudah banyak upaya untuk mengungkapkan identitas mereka yang sebenarnya, tetapi alasan hilangnya mereka secara tiba-tiba pada tahun 2011 membuat penasaran. Nakamoto disebut dengan kata “mereka” karena asumsi bahwa Nakamoto adalah kelompok pengembang Bitcoin.

Sementara itu Nakamoto masih aktif dalam pengembangan Bitcoin, mereka kebanyakan tetap berhubungan dengan dunia luar melalui forum, email, dan saluran IRC. Arsip komunikasi Nakamoto dapat ditemukan di sini.

Permasalahannya adalah siapa pun yang memelihara moniker (nama panggilan) Satoshi Nakamoto tersebut tidak pernah secara langsung mengisyaratkan bahwa mereka akan pergi. Butuh pihak ketiga untuk mengonfirmasi bahwa Nakamoto benar-benar menghentikan pengembangan Bitcoin untuk mengerjakan proyek lain secara misterius.

Teori yang sedang berjalan saat ini terkait desakan Nakamoto untuk pergi melibatkan CIA dan pengembang perangkat lunak Gavin Andresen, yang sebelumnya menjabat sebagai pengembang utama teknis proyek Bitcoin, dan bahkan dikreditkan sebagai penerus Nakamoto. Pada tanggal 27 April 2011, Andresen mengaku siap untuk berbicara terkait Bitcoin pada konferensi teknologi baru di markas CIA.

“Saya hanya sedikit khawatir bahwa berbicara tentang bitcoin di CIA akan meningkatkan peluang mereka untuk mencoba melakukan sesuatu yang kita tidak ingin mereka lakukan,” tulis Andresen. “Saya pikir menerima undangan mereka dan bersikap terbuka tentang apa sebenarnya bitcoin itu akan membuat semakin kecil kemungkinan mereka melihatnya sebagai ancaman.”

Hanya empat hari sebelum pengumuman CIA dari Andresen, Nakamoto dengan penuh rasa ingin tahu mengirim email tentang sosok Bitcoin awal Mike Hearn dengan mengatakan: “Saya telah pindah ke hal-hal lain. Ini (bitcoin) ada di tangan yang baik dengan (Andresen) dan semua orang.”

Beberapa bulan setelah kunjungan Andresen ke CIA, ia muncul di podcast Bitcoin untuk membahas perkembangannya. Di sana Andresen dengan cepat diminta untuk mengungkapkan kapan terakhir kali dia dihubungi oleh Nakamoto.

Advertisement

“Um, sebenarnya, aku belum menerima email dari (Nakamoto) dalam beberapa bulan,” jawab Andresen. “Email terakhir yang saya kirimkan kepadanya, saya benar-benar mengatakan kepadanya bahwa saya akan berbicara di CIA. Jadi mungkin saja … itu mungkin ada hubungannya dengan keputusan mereka (untuk pergi).”

Andresen akhirnya pindah dari Bitcoin. Pada 2016, pengembang inti mencabut “akses komit” Andresen setelah dia secara terbuka mendukung klaim Craig Wright atas nama Nakamoto, sebuah pernyataan yang kemudian dia akui sebagai kesalahan.

Seperti kebanyakan hal tentang Nakamoto, kita tidak mungkin menemukan bagaimana pertemuan Andresen dengan CIA, sehingga memperhitungkan rencana mereka untuk pergi.

Sumber: TheNextWeb