Selain Bitcoin, 3 Aset Digital Ini Bisa Jadi Alternatif Investasi

0
50

Sejak kemunculannya, cryptocurrency atau lebih dikenal sebagai aset digital, kian digemari sebagai salah satu instrumen investasi.

Bitcoin memang masih menjadi mata uang kripto dengan nilai paling fantastis yang memiliki kapitalisasi terbesar. Namun, selain itu masih ada beragam alternatif lain yang bisa kita manfaatkan untuk berinvestasi.

Ini dia 3 jenis aset digital dengan kapitalisasi pasar yang besar selain Bitcoin yang bisa jadi pilihan untuk berinvestasi. (Seluruh data harga dan kapitalisasi pasar diambil dari CoinMarketCap pada tanggal 2 Agustus 2019)

1. Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan mata uang digital yang paling populer setelah Bitcoin. Muncul pertama kali pada 2015 lalu, nilai tukarnya selama 18 bulan pertama cuma sekitar USD 10. Namun, nilai ETH pada awal 2018 berhasil melonjak hingga menyentuh angka USD 1.389 atau sekitar Rp 19,4 juta. Saat ini, ETH berada di harga sekitar USD 220 dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 23.60 miliar.

2. Ripple (RXP)

Awalnya, mata uang digital yang satu ini digunakan secara tertutup untuk transaksi internal di Ripple Network. Namun, Ripple akhirnya go public pada tahun 2013 untuk digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran secara luas.

Pada saat artikel ini ditulis, kapitalisasi pasar RXP menyentuh angka USD 13.58 miliar atau sekitar Rp 192,58 triliun. Membeli mata uang kripto ini tidak segampang Bitcoin dan yang lainnya, karena Ripple tidak tersedia di bursa perdagangan Coinbase. Harga Ripple saat ini berada di angka USD 0,31, masih murah kalau mau beli.

3. Digix Gold Token (DGX)

Digix adalah representasi dari emas fisik, di mana 1 token DGX sama dengan 1 gram emas aktual yang dapat ditebus. Emas yang sebenarnya akan disimpan dengan aman di brankas bersertifikat ISO9001 di Singapura dan kualitas emas disertifikasi dan diaudit oleh Inspektorat di Bureau Veritas.

Nilai emas didukung tersebut didukung oleh 99,99% batangan emas dari London Bullion Market. Oleh karena itu, dibandingkan dengan produk volatile lainnya di pasar crypto, ini adalah aset yang relatif stabil yang diuji waktu, setua perdagangan emas itu sendiri.

Saat ini harga 1 Dgx adalah $46,59 USD dengan kapitalisasi pasar sebesar $4.82 Milliar atau setara dengan Rp. 68.32 Trilliun. Membeli Aset Digix secara rutin sebagai tabungan sama saja dengan menabung emas yang telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia.