Ripple Masuk 50 Fintech Terinovatif 2020 Versi Forbes

0
29
Ripple Forbes

 

Ripple Labs, penyedia blockchain Ripple dan aset kripto XRP, masuk dalam 50 Fintech Terinovatif 2020 versi Forbes. Ripple sejajar dengan 5 perusahaan lain dalam kategori “Blockchain & Bitcoin”.

Selain Ripple dalam kategori itu, ada bursa aset kripto Coinbase asal Amerika Serikat. Kemudian, ada Axoni, Chainalysis, Everledger, MakerDAO, perusahaan penerbit aset kripto DAI dan MKR.

Baca Berita Lainnya: Ripple Berniat Melantai di Bursa Efek, Ada Apa?

Dari 6 perusahaan itu, hanya satu yang bermarkas di London, Inggris. Selebihnya di Amerika Serikat, di New York dan San Fransisco.

“Banyak perusahaan fintech baru yang bermunculan. Valuasi pun meningkat 13 point pada tahun ini senilai lebih dari US$12 miliar, dibandingkan delapan tahun silam. Pada tahun 2019, valuasi Stripe misalnya melejit dari hanya US$13 miliar menjadi US$35 miliar. Besaran itu 3,5 kali lipat lebih besar daripada valuasi Ripple,” sebut Forbes dalam pengantarnya.

Forbes menyebut Ripple adalah perusahaan yang memfasilitasi pembayaran lintas negara, menggunakan teknologi blockchain dan aset kripto XRP bagi 300 sejumlah perusahaan besar. Di antara adalah Standard Chartered dan Santander.

Pada tahun 2019, Ripple menjual lebih dari US$500 juta XRP yang sebagian ditanamkan di Moneygram (US$50 juta). Ripple sendiri mendapatkan dana investasi dari Accenture, Andreessen Horowitz dan Google Ventures. [Forbes/Red]