Connect with us

Crypto

Mantan Penerjemah US Dijerat 30 Tahun Penjara

Published

on

Mantan penerjemah pasukan militer Amerika Serikat dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menangani fentanil, yang menyebabkan kematian seorang Marinir AS.

Transaksi obat-obatan melalui cryptocurrency

Menurut laporan Reuters dari 3 Oktober, seorang mantan penerjemah Irak AS dijatuhi hukuman 30 tahun penjara federal tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat karena menggunakan darknet untuk menjual fentanyl.

Alaa Mohammed Allawi mengaku bersalah atas tuduhan narkoba dan mengakui menggunakan pasar Darknet Online yang sekarang sudah tidak beroperasi Alpha Bay untuk menjual berbagai obat keras, seperti oxycodone dicampur dengan fentanyl, sambil menerima pembayaran dalam mata uang kripto.

Baca juga: Kasus Penipuan Investasi dalam Bentuk Bitcoin, Orang Swedia Ini Ditangkap

Pada tahun 2017, eksploitasi narkoba Allawi akhirnya menyebabkan kematian seorang Marinir, yang mengambil salah satu pilnya di sebuah pesta saat ditempatkan di Camp Lejeune, North Carolina.

“Dari penggunaan jaring gelapnya, hingga pembuatan pil palsu secara sembunyi-sembunyi yang dicampur dengan fentanyl, hingga penjualan obat bius yang menargetkan mahasiswa, Allawi beroperasi dengan sedikit perhatian terhadap orang-orang di komunitas kami.”

Will Glaspy, Agen Khusus

Crypto dan penjualan obat terlarang

Cointelegraph sebelumnya melaporkan bahwa menurut laporan Ciphertrace tentang Anti-Pencucian Uang, hampir semua obat yang dijual di pasar darknet dibeli dengan cryptocurrency. Darknet menyediakan lingkungan yang menarik, menggiurkan dan, sebagian besar, aman bagi penyelundup obat terlarang.

Advertisement

Profesor Talis Putnins, rekan penulis dari University of Technology Sydney yang berpengaruh melaporkan cryptocurrency dan obat-obatan terlarang. Menurutnya Cryptocurrency secara fundamental mengubah Proses jual-beli obat-obatan ilegal, mengubah banyak aktivitas dari pasar fisik ‘on the street’ berbasis uang menjadi pasar online. Perdagangan obat-obatan terlarang online membutuhkan dua hal mendasar untuk lepas landas. Salah satunya adalah platform komunikasi anonym, yang disediakan oleh darknet dan didukung oleh TOR (sebuah protokol komunikasi anonomim). Selain itu ia juga mengatakan bahwa bagian penting kedua adalah cara anonym atau pribadi untuk melakukan pembayaran digital yang sulit dilacak oleh pihak berwenang. Itulah peran yang dimainkan cryptocurrency. Dengan demikian, mereka adalah bagian integral dari perdagangan narkoba online.

Sumber

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular