Dewan Federal Swiss Terus Memantau Stablecoin dan Blockchain

0
32

Dewan Federal Swiss terus mengawasi proyek-proyek stablecoin global dan kemungkinan peluang serta tantangannya.

Dalam rilis berita pada 16 Oktober, Dewan Federal Swiss menyatakan bahwa mereka baru-baru ini diberitahu tentang “peluang dan tantangan saat ini terkait dengan stablecoin” dan bahwa Swiss akan terus memantau perkembangan teknologi digital baru, seperti blockchain dan teknologi buku besar yang didistribusikan.

Dewan Federal menyatakan bahwa, sementara negara Eropa yang bergunung-gunung itu umumnya dipandang sangat ramah terhadap kripto dan “terbuka terhadap pendekatan inovatif di pasar keuangan,” tetap berkomitmen untuk menangani risiko terkait stablecoin dan cryptocurrency, dengan mengatakan:

“Dewan Federal berkomitmen untuk memastikan bahwa tantangan kebijakan mata uang dan stabilitas, khususnya, ditangani melalui kerjasama internasional antara pemerintah, bank sentral dan otoritas pengawas, dengan penyedia swasta juga termasuk.”

Tujuh anggota dewan eksekutif lebih lanjut mencatat bahwa koin Libra Facebook, yang akan diawasi oleh Asosiasi Libra yang berbasis di Jenewa, akan terkena volatilitas terbatas berkat didukung oleh sekeranjang mata uang fiat yang stabil.

Sebelumnya, Asosiasi Libra – badan pengatur proyek eponymous stablecoin Facebook – diharuskan mendapatkan lisensi sistem pembayaran dari Otoritas Pengawas Pasar Keuangan (FINMA) Swiss untuk Libra. Kepala kebijakan dan komunikasi asosiasi, Dante Disparte, mengatakan pada saat itu:

“Kami terlibat dalam dialog konstruktif dengan FINMA dan kami melihat jalur yang layak untuk jaringan blockchain open-source untuk menjadi sistem pembayaran yang diatur, gesekan rendah, dengan keamanan tinggi. Ini adalah langkah penting dalam evolusi proyek Libra, dan kami berharap untuk melanjutkan keterlibatan kami dengan semua pemangku kepentingan selama beberapa bulan mendatang. ”