Tekan Peredaran Sepatu Palsu, Perusahaan Sepatu Ini Menggunakan Blockchain!

0
46
Perusahaan manufaktur sepatu New Balance telah mengumumkan akan menggunakan teknologi Blockchain guna memerangi peredaran sepatu palsu yang dapat merugikan pihak konsumen.Manufaktur sepatu yang berbasis di Boston, AS, telah beralih ke teknologi buku besar untuk meningkatkan kepercayaan dan keaslian produknya dengan merilis sepatu basket terbarunya.

New Balance Athletics Inc telah membawa spesialis Blockchain dari Input Output Hong Kong untuk mengembangkan “New Balance Realchain” – sebuah platform teknologi buku besar terdistribusi yang dibangun di Blockchain Cardano.

Program pengujian untuk New Balance Realchain – telah diluncurkan secara bersamaan dengan  peluncuran produk sepatu basket terbaru mereka yang diberi nama ”OMN1S” – yang akan memberikan pelanggan kemampuan untuk menyimpan kepemilikan dari sepatu milik New Balance dalam Blockchain.

New Balance Realchain untuk Keamanan Data

Setiap pembelian yang dilengkapi dengan sebuah kartu Realchain serta adanya microchip yang tertanam di dalam sepatu. Nantinya, melalui penggunaan aplikasi Balance yang baru, pemilik sepatu tersebut dapat menyimpan data secara aman perihal informasi keaslian produk dan historis penjualan.

Ian Fitzpatrick – kepala pemasaran New Balance – mengatakan langkah yang diambil oleh perusahaan kami adalah pengendalian kualitas dan informasi darimana sepatu itu berasal.

“Kami menggunakan teknologi Blockchain untuk berinovasi di berbagai titik siklus hidup pelanggan,” katanya.

“Kami juga membantu pelanggan merasa yakin bahwa sepatu yang mereka beli telah memenuhi kualitas yang dijanjikan oleh perusahaan New Balance.”

Selain itu, ini juga merupakan langkah awal dan pertama dari Input Output Hong Kong (IOHK) dalam memberikan layanan sistem Blockchainnya pada industri ritel, itulah sebabnya chief executive – Charles Hoskinson – menggunakan proyek pengujian platform New Balance Realchain ini sebagai tes untuk mengetahui lebih jauh lagi terkait kasus atau permasalahan apa saja yang bisa berkembang dari penggunaan platformBlockchain di perusahaan New Balance.

“Kami sangat menunggu-nunggu momen untuk melihat apa yang akan pelanggan New Balance dapatkan dari pemanfaatan sistem Blockchain ini, ketika pelanggan diberi kemampuan untuk melindungi aset mereka, yaitu sepatu asli New Balance (NB) dengan melakukan verifikasi keaslian pembelian baru mereka selama-lamanya, verfikasi yang dilakukan pelanggan di Blockchain Cardano,” Jelasnya.

Selain itu, Charles Hoskinson juga percaya bahwa produk teranyar New Balance yakni OMN1S akan menjadi produk pertama dari banyaknya produk yang mengharuskan melakukan verifikasi dan validasi pembelian baru bagi pelanggan New Balance untuk menjaga keaslian dari produk tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menekan peredaran sepatu palsu yang seringkali merugikan konsumen.

Sumber