Connect with us

Crypto

Apakah Harga Bitcoin akan Naik Karena Halloween Effect?

Published

on

Ada sebuah teori mengenai “Halloween Effect” yang katanya saham dan aset-aset lainnya seperti Bitcoin akan mengalami kenaikan yang lebih besar dimulai saat Halloween di tanggal 31 Oktober hingga bulan Mei dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Apakah Bitcoin akan mengalami kenaikan dari Halloween Effect ataukah hal ini hanya sekadar isapan jempol belaka?

Apa itu Halloween Effect?

Para investor dan trader biasanya menggunakan berbagai alat analisis teknikal dan fundamental untuk memprediksi kekuatan atau kelemahan dari sebuah aset sebelum membelinya. Beberapa analis menggunakan teknik yang tidak lumrah, seperti penanggalan, siklus, matematika, hingga astrologi.

Bahkan ada teori yang beredar, tiap tahun mulai bulan November, performa aset-aset akan menjadi lebih baik dan memberikan profit lebih besar hingga bulan Mei dibandingkan bulan lainnya.

Teori ini disebut The Halloween Effect, The Halloween Indicator, atau The Halloween Strategy dan menyarankan bahwa membeli aset untuk disimpan selama bulan-bulan musim dingin akan memberi imbalan kepada investor dengan baik. Pedagang atau investor kemudian didorong untuk “menjual pada bulan Mei dan pergi” – bagian lain dari strategi berbasis waktu pasar.

Tetapi apakah ini juga berlaku untuk pasar Bitcoin? Data dari setiap 31 Oktober hingga 1 Mei yang berasal dari pasar terakhir Bitcoin menunjukkan bahwa teori ini terbukti akurat, hanya satu periode pada grafik harga Bitcoin.

Harga Bitcoin rata-rata meningkat hampir 50% antara Halloween Hingga Mei

Ketika bear market berakhir untuk Bitcoin pada tahun 2015, 31 Oktober hingga Mei adalah awal bagi bull crypto yang dibutuhkan investor, membawa mereka yang mulai berinvestasi pada aset baru ini mengalami peningkatan 41%.

Advertisement

Pada rentang waktu Halloween Effect berikutnya, berjalan dari 31 Oktober 2016, hingga 1 Mei 2017, bull market Bitcoin berada di posisi teratas dan memberikan para investor keuntungan 117%. Meskipun, seandainya investor mengikuti teori ini dan menjual pada bulan Mei seperti yang dikatakan, mereka mereka akan melewati kenaikan 335% lainnya.

Antara 31 Oktober 2017, dan 1 Mei 2018, Bitcoin telah menetapkan nilai tertinggi sepanjang masa sebesar $ 20.000 dan menelusuri kembali ke $ 5.800 pada saat itu, namun pada 1 Mei 2018, Bitcoin masih meningkat lebih dari 52% dari Halloween sebelumnya. Jika menjual bitcoin di bulan Mei dan meninggalkan bitcoin akan berbuah manis dalam kasus ini, karena setelah itu Bitcoin masuk ke pasar yang sulit.

baca juga: Transaksi Harian XRP Mencapai 1.6 Juta

Bagaimana dengan harga bitcoin di Halloween 2019?

Halloween tahun ini, Bitcoin diperdagangkan dengan harga yang kira-kira sama dengan yang diperdagangkan pada 1 Mei 2018. Aset kripto saat ini dihargai $ 9.200 per BTC, mengikuti kenaikan satu hari terbesar ketiga dalam sejarah.

Mungkinkah kenaikan besar ini upaya investor bersiap untuk Halloween Effect? Mungkin saja – rata-rata, Bitcoin naik hampir 50% dari 31 Oktober hingga 1 Mei di setiap tahun yang dianalisis. Dengan halving Bitcoin yang akan terjadi pada Mei 2020, potensi peningkatan kali ini adalah yang terbesar yang pernah ada.

Dan dengan harga yang diperkirakan akan mencapai $55.000 per BTC pada halving yang akan datang sesuai dengan model stock-to-flow yang banyak dikutip, ini bisa menghasilkan keuntungan Halloween Effect terbesar dalam Bitcoin, membawa harga ke $55.000 seperti yang diperkirakan dan menghasilkan mengejutkan Keuntungan 497% dari harga saat ini.

Sumber: newsbtc

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular