Connect with us

Academy

18 Istilah Dalam Crypto yang Pemula Minimal Harus Paham

Published

on

istilah dalam crypto

Pemula di industri crypto, di bawah ini adalah istilah dalam crypto yang minimal harus Anda pahami. Jadi, jika Anda membaca berita, menganalisa dan berdiskusi tentang crypto, Anda bisa lebih mudah mengerti. Namun jika Anda tidak mau mempelajarinya, Anda akan kesulitan melakukan investasi/trading di crypto.

Meskipun sedikit, tapi agar lebih gampang lagi untuk memahami crypto, kami akan membagi istilah dalam crypto untuk pemula ini menjadi beberapa kategori. Untuk langsung membaca pengertiannya, klik langsung istilah yang diinginkan di daftar isi.

Teknologi

1. Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk keamanan dan bersifat terdesentralisasi. Tidak seperti mata uang fisik seperti Rupiah atau dolar, cryptocurrency tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat seperti bank atau pemerintah.

Namun di Indonesia, cryptocurrency tidak boleh disebut mata uang tapi aset. Karena cryptocurrency tidak dapat digunakan untuk transaksi atau sarana pembayaran. Hanya Rupiah saja yang boleh digunakan untuk pembayaran di Indonesia.

2. Blockchain

Blockchain adalah teknologi di balik cryptocurrency. Secara sederhana blockchain adalah buku besar digital yang mencatat semua transaksi yang terjadi dalam jaringan, yang bersifat terdesentralisasi dan terdistribusi.

Advertisement

Terdesentralisasi artinya transaksi tidak dilakukan oleh banyak pihak yang tidak saling berhubungan. Terdistribusi artinya setiap blok dalam blockchain berisi sejumlah transaksi, dan setiap blok terhubung dengan blok sebelumnya, membentuk rantai yang tidak dapat diubah.

3. Mining

Mining adalah proses memvalidasi transaksi di jaringan blockchain dan menambahkan blok baru ke blockchain. Penambang (miners) menggunakan perangkat keras khusus untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks, dan sebagai imbalannya, mereka menerima cryptocurrency baru sebagai hadiah.

4. Crypto Wallet

Crypto Wallet adalah dompet digital yang digunakan untuk menyimpan, menerima, dan mengirim cryptocurrency. Ada dua jenis wallet, termasuk cold wallet (perangkat fisik), dan hot wallet (aplikasi di komputer atau ponsel).

Baca lebih lengkap kekurangan dan kelebihan hot wallet dan cold wallet.

5. Private Key dan Public Key

Private key adalah kode rahasia yang digunakan untuk mengakses dan mengelola cryptocurrency Anda. Public key adalah alamat yang dapat dibagikan dengan orang lain untuk menerima cryptocurrency. Penting untuk menjaga private key tetap aman karena siapa pun yang memiliki akses ke private key dapat mengakses cryptocurrency Anda.

Advertisement

6. Smart Contract

Smart contract adalah program komputer yang berjalan di blockchain dan secara otomatis mengeksekusi perjanjian ketika kondisi tertentu terpenuhi. Ethereum adalah platform yang paling dikenal dengan kemampuan smart contract-nya.

7. Decentralized Finance (DeFi)

DeFi adalah ekosistem layanan keuangan yang dibangun di atas blockchain dan tidak memerlukan perantara seperti bank atau lembaga keuangan tradisional. DeFi memungkinkan pengguna untuk meminjam, meminjamkan, dan menukar aset digital dengan cara yang terdesentralisasi.

Koin

1. Token

Token adalah aset digital yang dibangun di atas blockchain tertentu, seperti Ethereum. Token bisa mewakili berbagai aset atau utilitas, termasuk akses ke layanan tertentu atau kepemilikan dalam proyek tertentu.

2. Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama dan paling terkenal yang diciptakan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Bitcoin sering disebut sebagai “emas digital” karena nilainya yang tinggi dan fungsinya sebagai penyimpan nilai.

3. Altcoin

Altcoin adalah singkatan dari “alternative coin” dan merujuk pada semua cryptocurrency selain Bitcoin. Beberapa contoh altcoin yang populer termasuk Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Ripple (XRP).

Advertisement

Untuk tahu altcoin yang menarik untuk dipantau, Anda wajib membaca berita tentang altcoin.

Market

1. Exchange

Crypto exchange adalah platform atau pasar tempat Anda bisa membeli, menjual, dan menukar aset kripto dengan mata uang fiat (seperti Rupiah atau Dolar AS) atau aset kripto lainnya. Salah satu exchange populer di Indonesia yang keamanannya terjamin yaitu Tokocrypto.

Daftar sekarang dan ikuti event seru Tokocrypto kalau kamu mau dapat keuntungan lebih selain dari trading crypto.

2. FOMO dan FUD

FOMO adalah singkatan dari “Fear of Missing Out,” yaitu ketakutan ketinggalan kesempatan menguntungkan dalam investasi. FUD adalah singkatan dari “Fear, Uncertainty, and Doubt,” yang mengacu pada informasi negatif atau menyesatkan yang bisa mempengaruhi harga cryptocurrency.

3. HODL

HODL adalah istilah slang yang berarti menyimpan atau memegang cryptocurrency dalam jangka panjang dan tidak menjualnya meskipun ada fluktuasi harga. Istilah ini berasal dari kesalahan ketik kata “hold” dalam sebuah posting forum Bitcoin tahun 2013.

Advertisement

4. Whale

Whale adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan individu atau entitas yang memiliki jumlah besar aset. Whale memiliki potensi untuk mempengaruhi pasar dengan transaksi besar mereka.

5. Bearish

Bearish adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sentimen negatif atau pesimis terhadap pasar atau aset tertentu. Dalam konteks cryptocurrency, pasar bearish ditandai dengan penurunan harga yang signifikan dan berkelanjutan.

6. Bullish

Bullish adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sentimen positif atau optimis terhadap pasar atau aset tertentu. Dalam konteks cryptocurrency, pasar bullish ditandai dengan kenaikan harga yang signifikan dan berkelanjutan.

7. Rug Pull

Rug pull adalah bentuk penipuan di dunia cryptocurrency di mana pengembang proyek tiba-tiba menghilang dengan dana investor. Ini biasanya terjadi pada proyek DeFi atau ICO di mana pengembang memiliki kendali penuh atas dana yang dikumpulkan.

8. Initial Coin Offering (ICO)

ICO adalah metode penggalangan dana di mana proyek cryptocurrency baru menjual token mereka kepada publik untuk mendapatkan modal. ICO mirip dengan Initial Public Offering (IPO) di pasar saham, tetapi untuk aset kripto.

Advertisement

Dengan memahami istilah dalam crypto yang mendasar ini, Anda akan memiliki dasar yang lebih kuat untuk menjelajahi industri aset kripto. Ingatlah untuk selalu melakukan riset mendalam sebelum melakukan atau mengambil keputusan terkait investasi kripto.

Ingin diskusi tentang kripto bersama komunitas kripto terseru se-Indonesia? Gabung dengan Komunitas Resmi Tokocrypto.

Image Source: RDNE Stock Project

Advertisement

Popular