5 Hal Yang Wajib Kamu Ketahuin Jika Ingin Mendalami Dunia Kripto

0
126

Perdagangan Aset Kripto merupakan salah satu perdagangan dengan tingkat fluktuasi yang tinggi, oleh karena itu, perlu untuk mendalami bagaimana strategi trading. Berikut adalah 5 hal yang wajib kamu ketahui juka ingin memperdalam dunia Kripto.

1. Coinmarketcap

Coinmarketcap adalah sebuah situs lengkap dan up-to-date yang menunjukkan pergerakan harga seluruh digital asset yang ada di dunia. Situs ini juga dapat digunakan untuk membandingkan kurs sebuah digital asset di berbagai Exchange di dunia yang memperdagangkannya.

Sudah  ada lebih dari 2000 Cryptocurrency yang terdaftar di situs ini. Hingga sekarang, Bitcoin masih menduduki posisi pertama sebagai digital asset dengan market cap terbesar  di dunia.

2. Hardware Wallets

Hardware wallet adalah alat yang berbentuk fisik (perangkat eksternal) yang digunakan untuk menyimpan kunci pribadi yang tidak bisa diganggu gugat selain pemegang asli. Alat ini menyimpan kunci pribadi dalam bentuk enkripsi offline, artinya wallet anda tidak rentan dengan jenis-jenis serangan yang dilakukan oleh para peretas terhadap pasar kripto dan investor yang menggunakan perangkat ini. Hardware wallet juga dikenal sebagai cold wallet atau dompet offline, sedangkan wallet yang terkoneksi dengan internet di kenal sebagai Hot Wallet.

3. Exchanger

Exchange memiliki peran penting dalam transaksi jual beli Aset Kripto. Dia adalah perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual. Analoginya, seperti perusahaan broker atau sekuritas dalam perdagangan saham.

Di Indonesia sendiri, sudah ada regulasi yang mengatur perdagangan aset kripto dimana setiap pedagang Aset Kripto harus terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Hal ini diberlakukan untuk melindungi antara nasabah dan juga exchangernya. Salah satu exchanger yang sudah terdaftar saat ini adalah Tokocrypto, sebuah exchange lokal dan merupakan salah satu yang terbesar saat ini.

4. Tradingview

TradingView adalah penyedia platform Social Trading yang bisa menampilkan chart harga lengkap yang ada di pasaran. Karena alasan ini, banyak trader Aset Kripto berpatokan pada TradingView bukan hanya sebagai tempat berkumpul dan sharing ide dengan sesama trader, tapi juga sebagai platform alternatif untuk melakukan analisa teknikal di berbagai kelas aset.

Tujuan utama TradingView adalah untuk menyediakan insight dan informasi real-time di pasar finansial. Dengan jargon “Never trade alone again”, TradingView memungkinkan trader-trader dari seluruh dunia untuk membuat akun, mengakses chart serta beragam indikator teknikalnya, menyusun setup trading, dan mempublikasikan ide trading untuk didiskusikan bersama di forum TradingView.

5. Block Explorers

Block Explorer adalah sebuah situs yang menyediakan jasa pencarian transaksi Aset Kripto yang terjadi secara live dan real time di dunia. Seorang pengguna dapat memasukkan alamat wallet Bitcoin seseorang di dalam situs Block Explorer seperti Blockchain.info, Blockcypher.com atau Blockr.io, dan ia akan bisa melihat seluruh transaksi yang dilakukan oleh orang tersebut, lengkap dengan detail jumlah Aset dan waktu transaksi. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena transaksi Bitcoin bersifat transparan, namun pseudonymous dimana alamat wallet dapat terlihat tapi nama pemiliknya tidak tercantum.