Tim Kriket Asal UK Ini Gunakan Blockchain untuk Pembelian Tiket

0
50
Salah satu tim kriket legendaris asal UK, Lancashire Cricket, akan menggunakan blockchain untuk meningkatkan penjualan tiket secara digital.

Di mana, pihak tim akan menjual tiket untuk domestik atau internasional melalui sebuah platform berbasis blockchain di Emirates Old Trafford pada musim 2020.

Berdasarkan siaran pers pada 24 Januari 2020, pihak tim mengungkapkan mereka akan menggunakan platform blockchain untuk penjualan tiket yang diberi nama TixnGO.

Platform blockchain ini berhasil dikembangkan oleh Lancashire Cricket dan layanan penyedia penjualan tiket, SecuTis. Di mana, platform blockchain ini dinyatakan berhasil melalui uji coba selama musim 2019.

Mengurangi Beredarnya Tiket Palsu

Salah satu tujuan dari penggunaan platform blockchain TixnGO adalah untuk menekan dan mengurangi peredaran tiket palsu dengan melacak penyebaran tiket pertandingan di kalangan penonton saat pertandingan di Emirates Old Trafford. Ini menjadikan klub Lancashire Cricket menjadi klub profesional pertama dalam dunia olahraga yang menggunakan teknologi blockchain yang baru untuk keamanan dalam penjualan tiket.

“Selama musim 2019, lebih dari 80% tiket telah dibeli di Emirates Old Trafford dibuat secara online, dibanding tahun 2018 yang hanya kurang dari 50%. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk terus dilanjutkan demi meningkatkan teknologi penjualan tiket digital untuk memastikan bahwa kami membuat hal tersebut menjadi mudah dan nyaman untuk dilakukan oleh penonton saat melakukan pemesanan tiket,” Jonatha Nuttall, Head of Ticketing and Digital Systems, Lancashire Cricket.

Menurut David Hornby, Managing Director of SecuTix, mengatakan bahwa teknologi blockchain mengatasi banyak masalah di antara organisasi olahraga dan suporter. TixnGO menciptakan tiket enkripsi yang unik untuk smartphone yang secara penuh bisa dilacak, dan menghilangkan risiko dari peredaran tiket palsu dan memberikan kemudahan dalam proses transfer dan penjualan tiket kepada pelanggan.

Blockchain Semakin Populer Dalam Dunia Olahraga

Sebelumnya, Coinvestasi juga sudah mengabarkan bahwa salah satu tim NBA, Sacremento Kings telah menggunakan blockchain untuk mempermudah para fans-nya untuk membeli jersey para pemain milik Sacramento Kings dengan menggunakan token digital. Baca selengkapnya di sini

Sumber