Warren Buffet Kembali “Serang” Bitcoin

0
57
Sejak dikenalkan pada 2009, Bitcoin selalu menjadi topik kontroversial ada yang mendukungnya ada juga yang tidak dan cenderung anti dengan industri ini. Salah satu yang secara vokal menolak Bitcoin adalah Warren Buffet investor dan orang terkaya keempat di dunia ini beberapa kali menunjukan ketidaksukaannya pada crypto.Dalam interview baru-baru ini bersama CNBC, Buffet mengatakan jika Bitcoin tidak benar-benar memiliki nilai dan tidak akan pernah ada, pria berusia 89 tahun ini juga menyatakan jika  ia tidak akan pernah memiliki Bitcoin.

“Saya tidak memiliki cryptocurrency dan saya tidak akan pernah, ” kata Buffet dilansir dari Cryptopotato.

Ini menjadi sedikit kontroversial karena Justin Sun dilaporkan pernah memberinya ponsel Samsung yang penuh dengan koin BTC dan TRX.

Baca juga : Miliarder Warren Buffet Kembali Mengkritisi Bitcoin

Warren Buffet: Bitcoin belum Berikan Kontribusi Nyata

Dalam wawancara itu Buffet juga berbicara, meskipun telah ada selama lebih dari satu dekade, Bitcoin, dan cryptocurrency secara umum, belum benar-benar memberikan kontribusi nyata pada sistem keuangan dunia.

Dia menjelaskan bahwa, pada awalnya, telah ada pembicaraan besar tentang bagaimana dunia dapat menggunakan cryptocurrency untuk menyelesaikan dan mencegah krisis keuangan global seperti tahun 2008, tetapi sampai saat ini, benar-benar tidak ada perusahaan atau lembaga internasional besar yang mulai melakukan bisnis mereka dalam Bitcoin.

Tidak habis sampai disitu saja Buffet juga menyatakan satu-satunya hal yang bisa dilakukan Bitcoin adalah memudahkan penjahat untuk memindahkan uang secara illegal dan melakukan kejahatan dalam dunia keuangan.

“Anda tidak dapat melakukan apa pun dengannya, kecuali menjualnya kepada orang lain”, kata Buffet lagi.

Pendapat Warren Buffet ini muncul sehari setelah The Simpsons menayangkan episode soal cryptocurrency, dan komentar Buffet ini bisa menjadi hal yang negatif bagi citra cryptocurrency terutama Bitcoin.  Selain itu, tanggapan Buffet juga mencuat setelah ia makan malam dengan pendiri TRON, dan beberapa  tokoh terkemuka lain dari industri cryptocurrency, termasuk CEO eToro Yoni Assia, pendiri Litecoin Charlie Lee, dan CEO Huobi Chris Lee.

Investor Miliarder dalam Cryptocurrency

Bitcoin memang belum menjadi aset yang digunakan oleh para miliarder dunia, beebrapa investor besar malah enggan menggunakan cryptocurrency. Misalnya saja Mark Cuban seorang pengusaha dan pemilih NBA’s Dallas Mavericks  yang mengatakan jika ia lebih suka makan pisang dibandingkan Bitcoin.

Meski begitu, tetap ada saja pengusaha yang sukses dengan dunia cryptocurrency,

Bitcoin telah melihat investasi besar dari para jutawan dan miliarder sama, tetapi seperti yang ditunjukkan Warren, beberapa yang membuat kekayaan mereka menggunakan cara yang lebih mapan enggan menerima cryptocurrency. Mark Cuban, miliarder yang terkenal karena gelembung dot-com, mengatakan dia lebih suka “makan pisang” daripada Bitcoin.

Di sisi lain, ada beberapa kisah sukses. Tyler dan Cameron Winklevoss kekayaan bersih gabungan lebih dari $ 1,4 miliar setelah mendirikan pertukaran crypto Gemini.

Sumber