Bitcoin Halving Sebentar Lagi! Saatnya Membeli?

0
321
Bitcoin Halving

Banyak orang sudah mengantisipasi event halving sebagai saat di mana harga Bitcoin akan meroket, terutama orang yang sempat “nyangkut” dan masih bertahan (HODL) sampai saat ini. Harapannya dengan halving, harga bitcoin dapat mencapai ATH di akhir 2017 lalu, hampir 20.000 USD, bahkan lebih.

Tapi, apakah benar halving itu membuat harga bitcoin langsung naik? Bijakkah kita jika kita langsung memborong bitcoin sekarang? Untuk mengetahui jawaban itu, mari kita analisis satu-satu, mulai dari secara historis, fundamental, sampai teknikal.

Sejarah Pergerakan Harga Saat Bitcoin Halving

Dilihat dari sejarahnya, halving memang membuat harga Bitcoin naik secara spektakular.

Halving pertama di 28 November 2012, membuat harga Bitcoin naik lebih dari 9000%. Sedangkan di halving kedua di Juni 2016, harga bitcoin naik hampir 3000% berkat Halving.

Sepintas, halving memberikan kita impresi bahwa harga Bitcoin akan naik dikarenakan reward dari mining yang berkurang, membuat supply berkurang, demand tetap/bertambah, sehingga berdasarkan dasar ekonomi, harga akan naik. Namun, apakah pasti akan demikian?

Perlu kita ketahui dan cermati, bahwa kenaikan harga setelah halving tidak langsung terjadi begitu saja. Setelah halving di tahun 2012, perlu lebih dari 1 tahun bagi bitcoin untuk mencapai kenaikan fantastisnya.

Sedangkan di tahun 2016, perlu 500-an hari sebelum harga bitcoin mencapai ATH-nya.

Bahkan, kita dapat menemukan sesuatu yang unik jika melihat price action dari bitcoin saat dekat dengan halving.

Bitcoin Halving 01

Di saat halving pertama selesai (November 2012), kita dapat melihat bahwa harga malah diam dan cenderung turun selama beberapa minggu (perhatikan area biru), sebelum dia naik secara fantastis

Bitcoin Halving 02

Begitu pula dengan halving kedua di 2016, Perhatikan area biru di mana harga BTC malah turun selama beberapa minggu dulu sebelum dia naik

Tidak menutup kemungkinan bahwa harga bitcoin setelah halving ketiga (diperkirakan 20 Mei 2020) akan mengalami pergerakan yang sama: turun atau cenderung diam selama beberapa minggu, lalu naik lumayan jauh.

Jika kita tidak berhati-hati dan asal membeli bitcoin dengan harapan akan naik saat halving, maka bisa menjadi masalah di emosi kita karena ekspektasinya sudah terlalu tinggi, atau lebih buruk lagi, kita bisa kehilangan uang.

Baca juga: Menambang Ketika Bitcoin Halving? Pertimbangkan Ini Dulu

Mengapa Bisa Setelah Halving Harga Malah Turun?

Memang benar bahwa halving membuat reward sebagai supply dari bitcoin turun. Namun faktor yang perlu diperhatikan adalah para miner.

Karena reward atau hadiah mereka dalam bentuk bitcoin menurun, maka mereka akan menjadi tidak untung sebesar sebelumnya, apalagi dengan harga listrik yang sama.

Karenanya, setelah halving terjadi, para miner kemungkinan akan “beristirahat” atau slow down dulu. Kita juga perlu mempertimbangkan miner-miner kecil yang bisa jadi rugi, bahkan bangkrut karena pengurangan reward dari halving ini tidak sebanding dengan biaya pemakaian listrik dan alat mereka yang harganya selangit. Hal ini membuat aktivitas network bitcoin tersendat.

Baru nanti setelah agak lama, miner-miner akan mulai bangkit lagi, mulailah harga bitcoin naik lagi seperti di halving-halving sebelumnya.

Lalu, Ke Manakah Harga Bitcoin Menjelang Dan Setelah Halving Di 2020 Ini?

Penulis mencoba memberikan analisanya menggunakan analisa teknikal. Saat ini bitcoin sedang menuju area retest dari pola falling wedge yang telah iya tembus Januari 2020 lalu.

Ada kemungkinan bahwa bitcoin dapat turun ke area hijau (zona antara 6800-7500) sebelum melanjutkan kenaikannya.

Tergantung seberapa cepat harga bitcoin bergerak, penurunan ke zona hijau tadi bisa saja terjadi setelah halving. Bisa juga harga naik sebelum halving, lalu turun ke daerah di bawah zona hijau.

Pada dasarnya kita masih memiliki banyak waktu menjelang halving, masih ada lebih dari 70 hari lagi per ditulisnya artikel ini. Harga masih bisa naik atau turun.

Bagaimana Investasi Bitcoin Menjelang Halving?!

Pada dasarnya, jika ingin berinvestasi, jangan serakah dan pahami resikonya. Sebagai investor atau trader yang baik, tetap pantau pergerakan harga, dan pastikan masuk di entry yang tepat dan baik. Jangan asal memasukkan semua uang ke dalam crypto.

Mudah-mudahan dengan adanya bitcoin halving ini, kita semua profit banyak di cryptocurrency!