Libra Facebook Pertimbangkan Dukung Mata Uang Nasional

0
75
Hari ini Bloomberg melaporkan jika proyek Libra Facebook kembali mempertimbangkan ide lain, dari sumber “tanpa nama” yang didapatkan Bloomberg mengatakan jika Facebook berencana untuk menjalankan beberapa koin virtual,termasuk mendukung mata uang nasional atau mata uang digital bank sentral pada jaringan blockchain. Ide ini akan membuat Libra mirip dengan sistem pembayaran PayPal atau Venmo.

Lalu bagaimanakan nasib koin Libra? Masih dari sumber yang sama, dikatakan Facebook belum sepenuhnya menyerah pada koin tersebut. Karena Facebook kemungkinan akan segera memperkenalkan Libra.

“ Asosiasi Libra belum mengubah tujuannya untuk membangun jaringan pembayaran global yang sesuai dengan peraturan, dan prinsip-prinsip desain dasar yang mendukung tujuan itu belum diubah atau memiliki potensi jaringan ini untuk mendorong inovasi di masa depan,” ujar Kepala Kebijakan dan Komunikasi Libra, Dan Dante Disparte dalam sebuah pernyataan yang diperoleh oleh Decrypt.

Menjalankan mata uang nasional pada platform Libra akan cukup mudah dilakukan, dan lebih sedehana daripada membuat koin libra yang didukung multi aset.

“Menjalankan token di Libra adalah sepele,” kata David Gerard, seorang kritikus lama dari proyek Libra.

Namun, Gerard berpikir Libra tidak memiliki rencana permainan yang solid, meskipun kemungkinan kemungkinan mereka sebetulnya benar-benar ingin membuat koin  sesuai dengan rencana awal.

Baca juga: Koin Libra Masih Perlu Banyak Perbaikan

Facebook Libra Butuh Banyak Ketangkasan

Menjalankan banyak mata uang di jaringan adalah sesuatu yang dibicarakan Libra di masa lalu. Baik CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Kepala Calibra David Marcus menyebutkannya bulan lalu.

“ Saya pikir sudah ada beberapa diskusi tentang apakah mungkin masuk akal untuk membangun jenis sistem pembayaran digital yang sedang kita bicarakan berdasarkan pada mata uang berdaulat individu daripada semacam kombinasi dari mata uang ini menjadi mata uang baru. Jadi itu sesuatu yang sudah dipertimbangkan,” ujar Zuckerberg dalam dengar pendapat kongres pada bulan lalu.

Sedangkan Marcus pada seminar perbankan mengatakan jika Facebook bisa melakukannya secara berbeda, dibandingkan memiliki unit sintetis, lebih baik memiliki serangkaian stable coin seperti stablecoin dolar, stablecoin euro, koin stabil pound sterling, dll.

“ Kita pasti bisa mendekati ini dengan memiliki banyak stablecoin yang mewakili mata uang nasional dalam suatu bentuk digital tokenized. Itu adalah salah satu opsi yang harus dipertimbangkan, ini buan pendekatan yang disukai Libra, tetapi Libra harus menunjukan banyak ketangkasan, “ katanya.

Tetapi fakta bahwa Libra menjalankan rencana itu sekarang, mungkin berarti bahwa ia hanya perlu menarik sesuatu lebih awal dari proyeknya.

Jika Libra akan menawarkan token yang didukung oleh mata uang nasional, ini akan menimbulkan masalah baru yakni melemahkan token Libra yang didukung oleh banyak mata uang. Namun apakah proyek ini akan dieksekusi dan dijalankan belum ada info lanjut.

Sumber