Bitcoin Dijual Premium di Exchange OTC Cina

0
25
Kemarin, untuk pertama kalinya, Bitcoin diperdagangkan dengan harga premium di platform exchange OTC Tiongkok.

Cina perlahan tapi pasti mulai menunjukan tanda pemulihan dari virus Covid-19 yang telah menyerang negara itu sejak awal tahun ini, sekarang di tengah kondisi yang mulai stabil di sana negara ini pun memimpin pembelian Bitcoin selama periode bearish pasar crypto.

Baca juga: Penelitian Digital Yuan Cina Tertunda Karena Covid 19

Akun twitter  Dovey Wan (@DoveyWan) melaporkan bahwa Tiongkok membeli Bitcoin dengan harga di atas rata-rata. Ini jelas adalah kejadian langka dan merupakan perkembangan baru yang dapat mempengaruhi tren pasar yang mungkin sedang berubah.

Pada platform perdagangan over-the-counter seperti Huobi OTC, OKEx OTC, dan LocalBitcoins, memperdagangkan BTC secara signifikan dnegan harga yang  lebih tinggi daripada bursa lainnya. Misalnya, harga rata-rata pada Huobi OTC selama 24 jam terakhir adalah sekitar ¥ 39541 ($ 5,638). Harga Bitcoin pada saat yang sama adalah sekitar $4.725.

Mungkinkah ini menjadi bagian dari ‘paradigma baru?’ Saat Cina pulih dari epidemi coronavirus dan seluruh dunia berjuang, kita bisa melihat perbedaan besar antara pasar cryptocurrency. Cina, untuk saat ini, memimpin dan menunjukkan permintaan tinggi untuk mata uang digital terkemuka.

Beberapa berspekulasi bahwa ini adalah bukti bahwa Bitcoin telah mencapai puncaknya. Namun, Bitcoin masih turun -13% pada hari itu dan grafiknya menunjukan layaknya pisau yang menukik tajam.

Meskipun kemungkinan bukan yang terbawah untuk pasar cryptocurrency, perkembangan di Cina ini dapat semakin memperkuat dominasi Asia atas industri blockchain.

Dampak Harga Premium Bitcoin di Cina Masih Harus Dilihat

Dengan futures AS memposting -5% sebelum dibuka, minggu depan sepertinya hanya akan bergejolak sebagai yang terakhir. Pekan lalu, pasar beralih dari tertinggi sepanjang masa ke pola bearish hanya dalam 16 hari  dan ini adalah rekor baru. Kemudian penurunan -50% pada hari Kamis untuk sebagian besar pasar cryptocurrency  yang memiliki kemungkinan untuk membuat investor memiliki sentimen negatif terhadap crypto secara permanen.

Sampai sekarang, Cina berada dalam posisi terkuat untuk pulih setelah menyelesaikan krisis coronavirus di negara mereka sendiri. Kita masih harus melihat apakah harga premium ini berlaku dan apakah ini merupakan indikasi tren baru.

Jangan lupa bahwa Cina telah berkomitmen untuk memblokir teknologi sebagai bagian dari ‘infrastruktur digital kritisnya.’ Jadi, ada keinginan besar untuk cryptocurrency di negara ini jika pihak yang berkuasa mengizinkan kegiatan tersebut.

Sumber