Connect with us

Market News

Mengenal Parameter Waktu Pada Chart

Published

on

Setelah menentukan jenis charts yang hendak digunakan untuk menganalisis suatu aset, Anda juga harus menentukan periode waktu yang ingin ditampilkan pada charts tersebut. Misalnya untuk periode: 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 talun, 3 tahun, 5 tahun, dan seterusnya. Setelah menentukan periode charts, langkah selanjutnya adalah memilih jangka waktu untuk tiap sesi (range) yang diwakili satu buah bar ataupun satu buah candle. Misalnyasatu buah bar atau candle untuk mewakili pergerakan harga selama:

  • Satu menit : disebut dengan One minute charts.
  • Lima menit : disebut dengan Five minutes Charts.
  • Satu jam : disebut dengan One hour Charts.
  • Satu hari : disebut dengan Daily charts.
  • Satu minggu : disebut dengan Weckly charts.
  • Satu bulan : disebut dengan Monthly charts.
  • Satu tahun : disebut dengan Yearly charts.

Jadi, apabila kita menentukan Periode: 1 minggu, dengan menggunakan Daily charts, maka di dalam chart tersebut akan ditampilkan lima batang bar/candle (Senin – Jumat) yang masing-masing mewakili pergerakan harga selama satu hari.

Range yang paling umum digunakan adalah daily charts dengan periode satu sampai dua tahun. Weekly charts ataupun monthly charts bisa digunakan untuk menganalisis periode yang lebih panjang. Sedangkan minutes charts biasanya hanya digunakan oleh para short-term traders yang memiliki pandangan (vien) untuk beberapa hari sampai dengan beberapa minggu saja. Hampir semua software untuk charting menyediakan menu dasar ini, namun kelengkapan dan variasinya tergantung pada masing-masing perusahaan yang menyediakan software tersebut.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular