Harga Bitcoin Menguat, Mulai Bull di $8.000

0
28
Bitcoin menutup pekan ini dengan naik 15,4% pada $6.775, mengawali hari dengan 6% dan terus bergerak meningkat menembus angka $7.000 hingga mencapai harga tertinggi $7.300

Melihat kinerja ini dibandingkan dengan rekan-rekan Bitcoin, seperti Ether (ETH) dan EOS, mereka membubukan peningkatan sebanyak 16% selama 24 jam terakhir. Akibatnya dominasi Bitcoin turun 1.5% menjadi 65%.

Total kapitalisasi pasar cryptocurrency menembus level $200 Miliar, menembus resistensi diagonal sejak Febuari ketika nilai total pasar secara singkat menyentuh $300 Miliar.

Pasar cryptocurrency secara keseluruhan naik 86% dari posisi terendahnya, sedikit di atas $100 Miliar tetapi masih turun 30% dari nilai tertinggi tahun 2020. Hal ini menyoroti volatilitas di pasar selama beberapa minggu terakhir.

Grafik Mingguan Bitcoin

Bitcoin menutup minggu kemarin dengan bullish candle yang besar, hal itu terjadi setelah muncul minat beli pada Moving Average Mingguan ke 200. Moving Average Mingguan ke 100 berhenti melaju di $7.000 tetapi indeks osilator Schoastic yang relatif kuat berhasil melewati bullish dan memperlihatkan momentum yang masih mendukung adanya bull.

Walau volume perdagangan terus menurun, tetapi jumlahnya masih lebih tinggi dari rata-rata biasanya. Pada konteks tersebut, dapat terlihat bahwa minat beli minggu lalu serupa dengan yang terlihat pada Oktober 2019 ketika Bitcoin melambung dari $7.200 menjadi $10.400. Hal ini menunjukan bahwa masih ada minat beli yang kuat di pasar.

Penggunaan di atas Moving Average Mingguan ke 100 adalah sekelompok resistensi, bersamaan dengan itu, Moving Average Mingguan ke 20 biasanya yang menentukan apakah Bitcoin berada dalam pasar bullish atau bearish. Selain itu, rata-rata pergerakan 100 dan 200 minggu berada di area ini. Keduanya telah memainkan peran penting sebagai resistensi di masa lalu.

Di antara pergerakan rata-rata terdapat titik pivot tahunan pada $8.100, jadi jika bull mereka baru bisa melanjutkan pergerakan melalui pergerakan rata-rata 100 minggu, dan hanya ada sedikit resistensi di atas $7.000.

Baca juga: Harga Bitcoin Rebound ke $6.000, Trader Incar Gap di Pasar Berjangka

Grafik Harian Bitcoin

Seperti yang ditunjukkan pada grafik harian, Bitcoin menembus level rangetertinggi perdagangan sebelumnya. Serta, Moving Average Mingguan ke 100 mencapai titik kontrol pada $6.600. Indikator MACD menunjukkan kelanjutan tren yang terlihat jelas menuju ke sisi atas dan hampir melewati garis nol yang berarti Exponential Moving Average (EMA) ke-12 dan 26 ada pada harga yang akan menembus bullish pada grafik harian.

Jika Bitcoin dapat menutup hari pada $7.200, hal itu sangat jelas menandakan bahwa akan ada bulls yang keberadaanya dalam kendali penuh setelah adanya penentu posisi dengan niali yang lebih tinggi dan diberpengaruh kesuksesan mencapai posisi terendah yang nialinya juga lebih tinggi. Hal ini mengisyaratkan perjalanan yang jelas hingga resitensi berada di sekitar $8.000.

Grafik 4-Jam Bitcoin

Grafik 4 jam menunjukan harga Bitcoin saat ini melintas di Moving AverageMingguan ke-100 yang telah memberikan perlawanan di puncak rangeperdagangan. Volume Profile Visible Range (VPVR) juga menunjukan ada sangat sedikit volume yang diperdagangkan di zona $7.850 di mana Moving Everage Mingguan ke 20 berada.

Indikator MACD berhasil melewati bullish dan mencetak nilai tertinggi yang lebih tinggi lagi pada histogramnya yang mengindikasikan momentum harga tetap sebelum terjadinya bullish.

Selain itu, indikator Aliran Uang Chaikin (CMF) yang mengamati jumlah volume Aliran Uang selama 20 periode terakhir menunjukkan bahwa ada perbedaan bullish dalam volume yang mengindikasikan tekanan beli yang cukup relatif.

Melihat Kedepan

Terlihat jelas price action saat ini berada pada sedikit minat jual-beli masih memegang kendali. Trader yang telah untung berada pada posisi jual jangka pendek atau posisi mengecilkan range perdagangan dan tampaknya mereka melihat hanya ada sedikit pasokan pada harga atas.

CME Commitment of Traders melaporkan pada tanggal 3 April lalu, trader berukuran institusional mengurangi posisi jual bersih mereka di pasar.

Sementara pasar ekonomi global terus menghadapi ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait dengan kebijakan moneter, Bitcoin dapat membuktikan diri sebagai kendaraan untuk melindungi dari risiko inflasi dan counterparty yang hadir dalam waktu yang lama. $8.000 adalah level kunci yang perlu dipertimbangkan untuk diposisikan kembali ketika melakukan bull agar pasar dapat kembali ke posisi bull market.

Meski sebentar lagi, pasar akan menghadapi halving dan sedikitnya penjualan pada harga saat ini, Bitcoin terus memperlihatkan peran sebagai resistensi utama. Walau begitu pemulihan cepat dari posisi $4.000, kondisi pasar akan tetap goyah untuk masuk kembali pada bull.

Sumber