Bitcoin Akan Terus Dominasi Pasar Crypto Tahun 2020

0
62
Pada perjalanan bulan ini, Bitcoin naik hampir 14% seperti nilai return awal tahun 2020. Pemulihan pada Bitcoin terjadi lebih cepat dibandingkan aset-aset tradisional dan menurut penelitian tren ini akan terus berlanjut.

Dominasi Bitcoin pada Pasar Crypto

Ethereum (ETH) berada di posisi atas minggu ini, dalam hal keuntungan yang didapat, dan Litecoin (LTC) memimpin demonstrasi sebelumnya, tetapi para peneliti di situs Blockchain.com mengantisipasi Bitcoin akan terus mendorong pergerakan harga keseluruhan di pasar cryptocurrency.

Dalam newsletter bulanan terbarunya, pertukaran cryptocurrency dan penyedia dompet ini merangkum bahwa pasar crypto telah pulih sejak pertengahan Maret. Buletin tersebut juga menambahkan bahwa dominasi Bitcoin, yang saat ini ada pada 62,5 persen menurut Tradingview.com, akan terus meningkat sepanjang tahun ke depan.

Penelitian yang dilakukan Blockchain.com tersebut mengkaitkan secara positif metric on-chain Bitcoin dengan hal ini dan menyatakan bahwa tingkat hash sudah mulai pulih, berkat pemulihan harga Bitcoin dan menurunnya penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan terhadap masalah yang berkembang baru-baru ini.

Tingkat hash diperkirakan akan naik kembali lebih dari EH/s, yang tidak jauh dari puncak all-time mereka.

Laporan tersebut juga menambahkan miners yang kurang efisien mungkin dengan terpaksa harus menjual lebih banyak bitcoin karena tingkat harga yang tertekan dan peristiwa halving yang akan datang kurang lebih 35 hari lagi.

Baca juga: Cara Bitcoin Bergerak Lebih Kuat Setelah Krisis Ekonomi

Di lain sisi, hal tersebut akan memiliki efek positif pada miners yang lebih “kuat” pada ekosistem mining ini, karena mereka mungkin akan menghadapi lebih sedikit tekanan dalam melikuidasi kepemilikan mereka, yang dapat menekan harga ke bawah.

Metrik lain, seperti pita hash, juga menunjukkan bahwa tidak akan ada kapitulasi mining lebih lanjut dan miners yang “lemah” mungkin telah mematikan komputer mereka ketika menunggu pemulihan harga.

Laporan ini juga mengaitkan teori ‘emas digital’ dan status Bitcoin sebagai nilai lindung makro pada performa Bitcoin ke depan. Kematangan blockchain, jika dibandingkan dengan aset digital lainnya dan lebih banyak fiat on-ramps merupakan faktor yang berkontribusi terhadap dominasi aset untuk tahun yang akan datang.

Masih Menjadi Safe Haven

Dalam newsletter tersebut disimpulkan bahwa bulan Maret lalu adalah salah satu bulan paling bergejolak dalam sejarah pasar keuangan. Bitcoin berhasil mengungguli ekuitas tetapi dikalahkan oleh meningkatnya harga emas yang menjadi Safe Haven teraman di dunia.

Analis lain, seperti guru chart Willy Woo, masih mempertahankan pendapatnya mengenai Bitcoin sebagai sebuah Safe Haven. Dalam grafik terbarunya, ia membandingkan pertumbuhan nilai Bitcoin dengan aset lainnya dan perencanaan berdasarkan algoritma logis selama dekade terakhir.

Terlihat  dalam grafik ini, setidaknya Bitcoin telah menjadi sebuah investasi yang lebih stabil dengan pertumbuhan nilai yang lebih besar bila dibandingkan dengan S&P 500 dan lahan yasan.

Sumber