30 Hari Menjelang Halving, Bitcoin Berada di Level Oversold

0
64
Salah satu indikator penting, RSI menunjukkan Bitcoin (BTC) mengalami oversold yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sebulan terakhir sebelum peristiwa blok reward halving-nya.

Dalam debat yang berlangsung pada 11 April 2020 di Twitter, analis yang dikenal sebagai PlanB menyebutkan bahwa Relative Strength Index (RSI) Bitcoin sangat rendah.

Indikator Menyentuh Rekor Terendah Pra-Halving

Indikator Oscillator dengan skala dari 1 hingga 100 di bawah ini menunjukan penentuan apakah Bitcoin berada dalam kondisi overbought atau oversoldpada harga tertentu.

RSI 12 bulan dalam grafik, saat ini berada pada posisi 49, dekat dengan posisi terendah dalam sejarahnya. Sejak 2011, menurut data dari PlanB, hanya terlihat dua periode di bawah level itu, yaitu ketika tahun 2015 dan akhir tahun 2018.

Terlebih lagi, sebelum dua kejadian halving lalu di tahun 2012 dan 2016, RSI 12 bulan ketika itu berada di posisi jauh lebih tinggi, posisinya ada di sekitar 70.

Tinggal tersisa 30 hari lagi menjelang Bitcoin Halving tahun 2020.

“RSI Bitcoin … belum pernah selemah ini sebelumnya menjelang Halving”, cuitan PlanB di Twitter pribadinya. Dia kemudian mengonfirmasi “kelemahan” yang dia maksudkan adalah Bitcoin berada pada level oversold.

Baca juga: Bitcoin Akan Terus Dominasi Pasar Crypto Tahun 2020 

Halving Bitcoin Masih Menjadi Target

Halving adalah peristiwa yang berpengaruh bagi para pemegang Bitcoin. Hal ini dikarenakan jumlah yang akan dibayarkan kepada Miners mencapai 50% harga pada setiap bloknya.

Peristiwa ini juga meningkatkan “ketahanan” Bitcoin sebagai uang, mengurangi inflasi, serta meningkatkan rasio stock-to-flow terhadap arus metrik utama yang dikuratori PlanB pada grafik sebelumnya.

Stock-to-flow juga telah terbukti sangat akurat dalam meprediksi kinerja harga Bitcoin. Meskipun dikritik, model ini belum pernah gagal dan bahkan berhasil memprediksi penurunan harga drastis Bitcoin menjadi $3.700 di bulan Maret lalu.

Secara umum, RSI yang rendah memperkuat gagasan akan adanya kenaikan harga. Hal ini disebabkan posisi BTC/USD saat ini menempati tingkat yang lebih rendah dari koridor stock-to-flow. Jika melihat ke depan, harus ada improvisasi posisi ini hingga rata-rata $100.000 pada akhir 2021 nanti.

Sumber