Bitcoin: Menuju US$4 Ribu atau US$9 Ribu?

0
47
Batas Pasokan Bitcoin
Kuartal pertama 2020 sudah berakhir dan di minggu pertama kuartal kedua 2020 ini pasar aset kripto mulai menunjukkan gairahnya. Namun, akankah momentum bullishini bertahan lama? Mampukah Bitcoin menjadi US$9 Ribu?

Oleh: Muhammad Kurnia Bijaksana
Analis Teknikal Aset Kripto

Kita dapat melihat bahwa tren harga Bitcoin menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan dari US$6 ribu hingga US$6.900 pada Minggu, 5 April 2020 dan masih mencoba menembus resistance di US$7 ribuan.

Akankah di minggu kedua April kita melihat adanya kenaikan yang bisa membuat kita kembali ke harga di awal tahun? Atau kita akan kembali ke harga di awal Maret?

Mendekati Golden Pocket
Jika ditarik dari puncak harga di pertengahan Februari, saat harga Bitcoin masih di atas US$10 ribu, kita bisa melihat bahwa harga mengalami retracement atau pembalikan sementara dan sedang mendekati area “golden pocket” di level fibonacci.

BERITA TERKAIT  PricewaterhouseCoopers (PwC) Terima Pembayaran Pakai Bitcoin

Golden pocket adalah area di antara 0,5 dan 0,618 yang banyak digunakan tradersebagai titik tentu apakah sebuah tren akan berlanjut atau berbalik. Area Golden Pocket ada di antara US$7.130-7.900.

Golden Pocket.

Price action Bitcoin di sekitar area ini akan menentukan nasibnya. Golden pocket ini sekarang berlaku sebagai resistance.

Jika Bitcoin gagal menembus area ini, kita bisa antisipasi penurunan sampai setidaknya titik terendah di bulan Maret lalu (sekitar US$3.800).

Namun, jika Bitcoin berhasil menembus area ini, atau paling tidak bisa bertahan di dalamnya, maka kita bisa harapkan harga dapat kembali ke zona US$8.000 atau lebih.

Bias Bearish Masih Kuat
Namun, yang mengkhawatirkan adalah pola harga yang masih menunjukkan pertanda bearish. Dapat kita lihat bahwa tren naik yang terbentuk sejak akhir Maret kemarin hanyalah pola “rising wedge” di skala lebih besar.

Rising wedge adalah pola yang menunjukkan retracement atau pembalikan sementara dari tren turun.

Rising wedge.

Jika pola ini terpenuhi, dan harga Bitcoin menjebol pola yang tergambar, maka harga Bitcoin dapat jatuh ke zona US$3.900.

Antisipasi Puncak Volatilitas di Minggu Kedua April
Di minggu kedua April, akan ada 2 event yang signifikan, yaitu Halving Bitcoin Cash dan Bitcoin Satoshi’s Vision. Kedua aset kripto yang merupakan hasil forking dari Bitcoin ini akan mengalami halving mereka untuk kali pertama.

Walaupun belum ada data historis akan bagaimana pergerakan harganya menjelang dan sesudah halving, kita bisa persiapkan volatilitas harga: antara harga akan naik jauh, atau turun jauh dari sini.

Hal ini mungkin akan berpengaruh pada harga halving kedua bagi aset kripto tersebut, yang dapat mempengaruhi sentimen pasar, terutama karena Bitcoin akan mengalami Halving di bulan berikutnya (Mei).

Bagi para trader atau investor, price action dari Halving kedua aset ini dapat dijadikan pelajaran dan acuan untuk mengantisipasi bagaimana Bitcoin nanti saat Halving pada bulan depan. [kur]