Bank of China: Yuan Digital Tidak Akan Menyebabkan Inflasi

0
25
Pengujian mata uang digital yang secara tertutup dilakukan oleh Bank of China, menyebabkan rasa penasaran yang luar biasa pada masyarakat Tiongkok. Baru-baru ini, bank memberi tanggapan secara resmi mengenai Yuan digital yang akan segera rilis dan bagaimana cara kerjanya.
19 April 2020 lalu, Seorang perwakilan bank mengonfirmasi hal tersebut dalam saluran China Central Television, uji coba mata uang digital baru (atau yang disebut DC/EP “Digital Currency/Electronic Payment”) telah dilakukan di kota-kota Shenzhen, Suzhou, Xiongan Area Baru, Chengdu, dan situs Olimpiade Musim Dingin yang akan datang.Namun, para peneliti tersebut menekankan pengujian ini belum mengisyaratkan peluncuran resmi untuk penggunaan publik. Perwakilan tersebut juga menambahkan:

“Pengujian secara tertutup pada Yuan digital ini tidak akan memengaruhi operasi komersial dari institusi yang terdaftar, dan juga tidak akan memengaruhi sistem penerbitan dan sirkulasi RMB, pasar keuangan, serta ekonomi sosial di luar lingkungan pengujian”

Untuk memastikan mata uang digital bank sentral tersebut tidak oversold, lembaga komersial akan membayar cadangan 100% ke bank sentral. Dengan kata lain, pada saat penerbitan nanti, People’s Bank of China yang akan pertama menukar mata uang digital dengan bank atau agen operasi lainnya. Agen-agen ini kemudian akan merilis mata uang digital ke dalam sirkulasi publik.

Baca juga: Terungkap, Dompet Digital Bank Sentral China Segera Rilis?

Desain Teknis dan Karakteristik Utama Yuan Digital

Bank telah menyelesaikan desain pada lapisan atas, dengan mata uang digital mengadopsi arsitektur dua-lapis (two-layer) dan sistem pengiriman dua-tingkat (two-tier).

Jika fungsi pembayaran perbankan online dan platform pembayaran turun karena sinyal jaringan yang buruk, teknologi DC/EP ini akan masuk ke dual offline dan memastikan yuan digital akan tetap bekerja secara efektif sama seperti kertas Yuan. Bank of China menjelaskan:

“Ketika tidak ada jaringan, selama dua ponsel yang dilengkapi dengan dompet digital DC/EP digunakan, fungsi transfer atau pembayaran tetap dapat direalisasikan. ”

Menurutnya juga, mata uang digital versi Tiongkok ini tidak terikat dengan rekening bank mana pun. Mereka juga mengklaim, hal ini bebas dari kendali sistem perbankan tradisional.

Tidak seperti cryptocurrency lainnya, Yuan digital diluncurkan oleh Bank Sentral Tiongkok dan didukung oleh kredit negara. Ini mirip dengan versi elektronik renminbi, mata uang resmi Republik Rakyat Tiongkok.

Lebih lanjut, mereka menegaskan, dibandingkan dengan Bitcoin, mata uang digital baru ini akan memiliki stabilitas inheren yang lebih besar. Pengujian mata uang digital bank sentral Tiongkok ini adalah bagian dari skema subsidi transportasi untuk pemerintah daerah dan pekerja perusahaan.

Sumber