Ujicoba Mata Uang Digital Tiongkok, Starbucks dan McDonald’s Dilibatkan?

0
75
Uang_digital_tionkok

Starbucks dan McDonald’s dikabarkan sebagai 2 dari 19 perusahaan yang akan dilibatkan dalam pengujian mata uang digital Tiongkok di Kota Xiong’An, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Hal itu diberitakan oleh media lokal Tiongkok, ChainNews, Kamis (23 April 2020) lalu, berdasarkan sejumlah dokumen resmi pemerintah yang mereka peroleh.

Disebutkan, bahwa Komisi Reformasi dan Pengembangan Xiong’An di Provinsi Hebei telah mengadakan pertemuan pada Rabu (22 April 2020) membahas ujicoba peluncuran mata uang digital renminbi.

Langkah ini ada tanda kuat baru, bahwa Bank Sentral Tiongkok benar-benar serius mengembangkan mata uang berbasis teknologi blockchain dalam sistem DC/EP (Digital Currency/Electronic) itu. Sebelumnya, pada 15 April 2020, dompet digital atas mata uang itu pun “bocor” kepada publik.

ChainNews menyebutkan, pertemuan itu melibatkan perwakilan dari lembaga pemerintah, empat bank komersial milik pemerintah Tiongkok, Ant Financial (Alibab), Tencent serta 19 restoran, perusahaan hiburan dan toko ritel yang akan berpartisipasi dalam pengujian.

Sejumlah merek terkenal juga akan dilibatkan, seperti McDonald’s, Starbucks, Subway dan JD Supermarket di daerah tersebut (Xiong’An). Namun, dokumen itu tidak menyebutkan kapan dan berapa lama ujicoba akan digelar. [Chainnews/red]