Wick-Fishing, Sang Penghancur Posisi Trading

0
119
wick-fishing-crypto-tokocrypto

Dalam trading, banyak trader diajarkan untuk memasang Stop loss untuk mengantisipasi kehilangan. Namun, dunia aset kripto tidak seperti dunia trading kelas aset lainnya. Terkadang ada pergerakan tiba-tiba yang seolah-olah membuat posisi para trader hilang atau terkena stop loss. Mari kita kenali fenomena ini.

Terlihat Seperti Manipulasi

Sering terlihat di pasar aset kripto, adanya “spike” atau pergerakan tiba-tiba ke atas atau ke bawah yang membuat para trader panik.

Biasanya harga naik tiba-tiba, membuat para trader panik, FOMO dan melakukan pembelian. Atau tiba-tiba turun dan membuat para trader melakukan penjualan, hanya untuk kembali dan membuat posisi para trader yang panik tadi hilang.

Atau tiba-tiba harga meloncat melebihi batas “stop loss” wajar seorang trader dan membuat trader-trader tersebut kehilangan posisinya.

Baca Juga: Mengenal Wick-filling, Teori yang Bisa Digunakan Untuk Memprediksi “DUMP” di Bitcoin

Istilah wick-fishing dipopulerkan oleh trader aset kripto dari Inggris bernama Toray Kortan. Istilah lainnya untuk wick-fishing adalah stop loss hunt.

wick-fishing-crypto-tokocrypto

Apa yang menyebabkan wick-fishing?

Banyak teori yang mengatakan bahwa wick fishing adalah manipulasi pasar. Namun, secara teknikal, di pasar aset kripto sangat banyak order pembelian dan penjualan yang biasanya agak jauh dari harga yang ada. Wick fishing adalah pergerakan untuk memenuhi order-order tersebut.

Bagaimana cara menemukan wick fishing?

Cara termudah untuk memprediksi wick fishing adalah dengan melihat di mana harga telah membuat adanya “spike” sebelumnya. Jika harga telah mencapai tingkat tertentu secara tiba-tiba, besar kemungkinan hal itu akan terjadi lagi di masa depan.

wick-fishing-crypto-tokocrypto

Baja Juga: Mengenal Pola Barting Penjebak Trader Aset Kripto

Contoh wick fishing setelah terjadinya “spike” sebelumnyaSebagai sarana untuk “menyingkirkan trader” sebelum ada rally. Ada juga contoh wick fishing yang bisa kita lihat sebelum adanya pergerakan besar. Perhatikan gambar tersebut

wick-fishing-crypto-tokocrypto

Bagaimana menghadapi wick fishing?

Dengan analisa teknikal, lihatlah di mana secara historis harga melakukan “spike” dan antisipasi pergerakan ke sana. Manajemen resiko dan tidak melakukan overtrading juga menjadi sarana terbaik untuk kita agar tidak kehilangan uang saat trading.