Mengenal Pola Barting Penjebak Trader Aset Kripto

0
191
pola-barting-tokocrypto

Setiap trader kripto pasti akan excited bila ada kenaikan harga. Apalagi kenaikannya besar. Namun, hati-hati jika melihat kenaikan harga yang besar secara tiba-tiba. Jangan langsung masuk! Bisa jadi Anda terjebak di pola Barting! Apakah Barting itu?

Barting, atau bart pattern adalah istilah yang sering disebut oleh trader kripto di twitter. Dinamakan demikian karena bentuk polanya mirip dengan kepala dari tokoh kartun Bart Simpson.

Seringkali, harga naik (atau istilahnya “pump“), lalu para trader merasa panik dan langsung membeli aset kripto yang naik tadi karena FOMO (Fear of Missing Out) atau merasa tidak ingin ketinggalan kereta. Namun, trader tersebut malah akan menemukan dirinya “nyangkut” di harga yang malah sideways cukup lama. Setelah frustasi, harga malah turun tidak kalah cepat dengan naiknya, sehingga trader tersebut malah rugi

Baca Juga: Bisakah Harga Bitcoin Menuju 8.000 USD?

Mengapa Barting Bisa Terjadi?

Banyak alasan. Bisa jadi momentum bullish kurang kuat saat ingin menembus resistance, dan akhirnya turun lagi, bisa jadi pula adanya manipulasi dari whale.

Yang jelas, bagi para trader, mencoba mengejar kereta saat ada kenaikan tiba-tiba atau pump, bukanlah hal yang bijak.

Jangan takut untuk ketinggalan. Camkan dalam pikiran bahwa di pasar kripto, masih ada ratusan, bahkan ribuan kesempatan lainnya.