Beginilah Cara Aman untuk Investasi Bitcoin

0
24
Investasi bitcoin aman

Berkembangnya kesadaran untuk berinvestasi sedini mungkin perlahan mulai dirasakan oleh masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial. Pertumbuhan laju ekonomi yang semakin baik membuat investasi menjadi salah satu hal yang dapat menguntungkan. Salah satu investasi yang diminati kaum milenial adalah investasi bitcoin karena aman dan menguntungkan.

Investasi sendiri dijelaskan oleh Haming dan Basalamah pada bukunya tentang Studi Kelayakan Investasi Proyek dan Bisnis tahun 2003, bahwa investasi  merupakan aktivitas untuk mengalokasikan sejumlah uang pada waktu tertentu dengan tujuan penggunaan sejumlah uang tersebut dapat menghasilkan keuntungan atau meningkatkan nilai. Selanjutnya pilihan investasi disebut instrumen investasi.

Investasi pun dalam bentuk umumnya dibagi menjadi dua; yang pertama adalah investasi aktiva riil. Investasi ini dilakukan dalam bentuk yang kasat mata seperti emas, properti, tanah dan lain-lain. Yang kedua adalah investasi pada aktiva finansial. Investasi ini dilakukan dalam bentuk surat-surat berharga seperti saham, deposito, dan sejenisnya.

Nah setelah mengetahui pentingnya investasi dan apa itu investasi. Selanjutnya adalah apa saja jenis investasi yang aman sekaligus menguntungkan dan juga menjadi tren di indonesia. Ghafur Fadilah salah satu Jurnalis Ekonomi Beritasatu, menjelaskan bahwa ada beberapa investasi yang aman sekaligus menguntungkan khususnya saat pandemi Covid-19, diantaranya adalah:

1. Reksa Dana Pasar Uang

Investasi yang pertama yang saat ini aman dan memiliki kenaikan di tengah kondisi pandi seperti saat ini adalah Reksa Dana Pasar Uang. Jenis ini menginvestasikan 100 persen uang pada instrumen pasar uang. Instrumen pasar uang sendiri adalah surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun. Contohnya seperti sertifikat Bank Indonesia (SBI), Obligasi dan Deposito berjangka.

2. Surat Utang Negara

Yang kedua adalah Surat Utang Negara. Investasi ini adalah surat berharga yang berupa pengakuan utang dalam mata uang yang disepakati (Rupiah maupun valuta asing) dan dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara Republik Indonesia, pada waktu yang telah ditentukan.

3. Logam Mulia (Emas)

logam mulia atau emas merupakan salah jenis investasi yang paling aman dan menguntungkan selanjutnya. Hal ini karena harga emas cenderung naik pada tiap tahunnya. Di samping itu harga emas relatif stabil, emas cocok dijadikan untuk anda berinvestasi jangka panjang.

4. Bitcoin

Bitcoin menjadi salah satu investasi yang paling menguntungkan pada beberapa tahun terakhir. Apalagi sejak Bitcoin sudah memiliki izin untuk diperjual belikan oleh pemerintah di Indonesia. Bitcoin yang merupakan mata uang kripto ini memiliki return yang besar dan cocok untuk kamu yang menyukai tantangan. Perkembangan digital membuat pertumbuhan bitcoin melesat begitu cepat.

Cara Aman Investasi Bitcoin

Mungkin dari keempat pilihan diatas banyak yang bertanya-tanya apakah investasi bitcoin benar benar aman? Jawabanya adalah Iya sangat aman. Bitcoin yang sudah berumur 12 tahun sejak ditemukan oleh Satoshi Nakamoto belum pernah mengalami gangguan yang besar. 

Selain itu alasan lainya adalah, menggunakan sistem blockchain Keamanan dari bitcoin sendiri terlindungi karena semua mata uang kripto saat ini telah menggunakan blockchain. Blockchain merupakan teknologi sistem database yang memiliki karakter data identik unik yang disimpan di banyak ditempat dan bersifat immutable (tidak bisa diubah dan dihapus). Blockchain hanya bisa menambahkan kode untuk yang terekam pada penyimpanan data base.

Untuk Anda yang masih pemula dan ingin mencoba investasi bitcoin di Indonesia, Sebaiknya menggunakan exchange bitcoin (marketplace) yang sudah diberikan izin oleh pemerintah Indonesia. Dengan sudah terverifikasi maka anda akan mempunyai keamanan yang lebih maksimal untuk berinvestasi bitcoin.

Salah satu exchange mata uang kripto yang terpercaya dan sudah terverifikasi adalah Tokocyrpto, Keamanan dalam bertransaksi Asset kripto tentu saja menjadi hal yang paling utama di platform Tokocrypto tersebut, salah satu sistem keamanan yang dilakukan adalah KYC atau Know yOUR Customer. 

Setiap user yang mendaftar di Tokocrypto harus melalui proses Know Your Customer (KYC) yang sudah menjadi persyaratan utama, Selain itu pengguna yang mendaftar juga akan diminta untuk double password, dimana setiap pengguna akan dimintai kode yang dikirim ke email ketika login, atau memasukan kode dari google authenticator. Untuk memulai berinvestasi kunjungi Tokocrypto di www.tokocrypto.com atau di media sosial kami @Tokocrypto.