Pahami Strategi Investasi Jangka Panjang Cryptocurrency

0
41
investasi jangka panjang

Selain menjamin masa depan, investasi juga dapat meningkatkan nilai aset kekayaan. Dana investasi yang Anda miliki juga termasuk aset, termasuk barang properti yang bernilai tinggi. Seiring berjalannya waktu, aset yang diinvestasikan akan semakin meningkat. 

Dengan investasi, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik dan terhindar dari inflasi. Investasi jangka panjang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di masa yang akan datang. Terutama untuk biaya pendidikan maupun pernikahan yang membutuhkan dana cukup tinggi. 

Dengan adanya dana hasil investasi, Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena semuanya sudah dicatat dengan baik. Anda hanya perlu mengatur dengan baik kondisi keuangan saat ini dan membaginya untuk berinvestasi supaya tidak terlalu membebani.

Cryptocurrency Sebagai Aset Jangka Panjang:

Ketika membicarakan tentang investasi jangka panjang yang menguntungkan, aset kripto dapat menjadi pilihan aset berinvestasi. Seperti halnya aset investasi lain, Anda perlu untuk menciptakan portofolio yang sejalan dengan toleransi risiko dan tujuan finansial.

Untuk itu, Anda dapat memulai dengan memeriksa kriteria yang mendukung portofolio kripto; seperti manajemen risiko. Lalu manfaatkan untuk mengembangkan perencanaan dengan berbagai tipe aset kripto dalam bermacam-macam kategori. Setelah itu, Anda harus selalu mengingat untuk memanajemen portofolio Anda.

Strategi-strategi jangka panjang:

Anda harus mempertimbangkan berbagai isu yang luas ketika memanajemen portofolio dalam jangka waktu yang panjang. Faktor seperti memiliki risiko dan terjadi pengembalian adalah beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan. Ketika membicarakan risiko investasi jangka panjang, Anda harus mengambil langkah-langkah yang lebih maju dan tepat.

Berbagai macam investasi dapat dirumuskan dalam satu kalimat: beli ketika di posisi rendah, jual ketika di posisi tinggi. Tentu tidak ada yang dapat menebaknya secara sempurna setiap waktu. Dengan strategi-strategi yang tepat, Anda tidak lagi perlu khawatir untuk melakukan investasi.

Berikut strategi-strategi berdasarkan buku Cryptocurrency Investing for Dummies karya Kiana Danial:

– Observasi Tingkatan Psikologisnya

Harga pasar aset kripto saat ini masih dipengaruhi oleh psikologi massa ーyang mana perang antara penjual dan pembelinya.

Pada tahun 2018, di pasar kripto masih belum begitu cukup matang untuk melakukan teknis analisis jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, Fibonacci retracement sangat membantu untuk mengidentifikasi level-level bahkan untuk aset-aset kripto yang baru.

Salah satu alasan psikologis memengaruhi pasar kripto dikarenakan banyaknya investor kripto yang menggunakan teknik analisis tradisional sebagai strategi investasi aset kripto. Dengan begitu, Anda dapat menebak psikologi massa untuk membentuk pola grafik yang serupa dengan pasar lain, seperti forex, dengan kerangka waktu yang lebih lama ーmingguan dan bulanan. 

Tingkatan psikologis adalah hal yang sulit dipecahkan, karena kekuatan atau kelemahan dari kekuatan dan ketahan pasar. Setelah mengidentifikasi tingkatan psikologisnya, Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan berbagai jenis tipe strategi berdasarkan portofolio Anda, toleransi risiko, dan tujuan finansial.

– Jual Ketika Mencapai Tujuan

Harga aset kripto akan terus menanjak setelah mencapai tingkat resistensinya. Salah satu pendekatan yang dapat Anda lakukan adalah menjualnya ketika telah mencapai tujuan investasi. Kuncinya adalah Anda tidak perlu melihat ke belakang dan menyesali keputusan Anda setelah menjualnya, walaupun harganya akan naik setelah Anda menjualnya.

Pasar akan terus berlanjut naik setelah penjualan Anda. Jangan biarkan emosi Anda mengontrol keputusan logika Anda untuk menjualnya. Jika Anda membutuhkan uang dan telah mencapai tujuan investasi, seharusnya Anda tidak perlu menyesal karena menjualnya terlalu cepat.

– Selalu Perhitungkan Pajak

Aturan pajak selalu berganti-ganti sesuai dengan negara masing-masing. Pelajari besaran jumlah pajak di Indonesia agar Anda dapat melakukan perhitungan jual-beli aset kripto dengan lebih bijak.

– Selalu ingat batas dan stop-loss

Selalu mengecek ulang ketentuan batas sebelum berinvestasi. Pastikan bahwa ketentuan batas pembelian Anda tidak berada di atas kondisi harga pasaran dan ketentuan batas penjualan Anda tidak di bawah kondisi harga pasaran.

Broker tradisional sering memberikan peringatan jika kamu melakukan kesalahan ketika mengatur ketentuan batas jual-beli, tapi untuk bursa aset kripto tidak menawarkan hal-hal seperti itu. Sama halnya seperti pasar yang lain, batas pemesanan aset kripto berbeda-beda.

Anda dapat menggunakan ketentuan stop-loss untuk membatasi dampak kerugian-kerugian investasi Anda. Stop-Loss biasanya berbentuk perintah batasan, di mana Anda dapat bertanya ke broker Anda ketika posisi Anda mendekati kerugian pada harga tertentu.

Bagi beberapa investor, memotong kerugian dalam kasus penurunan yang sangat cepat di pasar adalah hal yang masuk diakal. Sama halnya ketentuan batas, perintah stop-loss juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Tokocrypto adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Sistem layanan Tokocrypto yang terintegrasi menjamin kenyamanan Anda ketika berinvestasi, kini pengalaman investasi Anda akan terasa lebih cepat, aman, dan mudah!