Tanda-tanda Ini Tunjukkan Potensi Ethereum Bullish Semakin Kuat!

0
130
ethereum bullish

Ethereum bullish dan terlihat mendekati harga $600, walaupun sempat mengalami penurunan, saat ini masih banyak sentimen positif disekitarnya. Menurut mayoritas analis terdapat beberapa pertanda bahwa Ethereum akan membentuk harga tertinggi baru untuk tahun 2020.

Hal ini disebabkan oleh harga Ethereum yang sampai saat ini masih naik 45% dibandingkan dengan harganya pada bulan lalu. Namun, untuk mengetahui lebih dalam apakah koreksi ini adalah awal dari pergerakan turun atau hanya konsolidasi sebelum naik, beberapa faktor utama perlu dilihat lebih dalam.

Faktor Utama yang Bisa Dorong Harga Ethereum Bullish

Dilansir dari Cointelegraph salah satu faktor utama yang dapat menentukan stabilitas harga adalah perbandingan antara volume transaksi dan harga saat ini. Dapat dilihat pada grafik di bawah bahwa terjadi pergerakan yang selaras antara volume transaksi dan pergerakan harga.

ethereum bullishGrafik di atas memperlihatkan bahwa transaksi pada akhir November 2020 sangat tinggi yang juga menjadi penyebab apresiasi ke $600 sebelumnya. Walau belum terjadi lompatan signifikan pada bulan ini dalam jumlah transaksi, harga saat ini menunjukkan kondisi yang stabil antara harga dan transaksi.

Baca Juga: CTO Glassnode: Harga Bitcoin Bisa Naik 10 Kali Lipat

Sehingga, belum terlihat tekanan jual yang signifikan yang membuat potensi apresiasi masih sangat tinggi. Selain itu, terdapat juga pertanda bahwa sejak Bulan November, tekanan jual dan penarikan dana mulai berkurang.

Pergerakan ini dapat dilihat pada grafik perbandingan antara jumlah penarikan dana dan harga Ethereum. Pada grafik tersebut terlihat bahwa sejak November 2020, jumlah penarikan dana dari Ethereum terus berkurang dan terlihat bahwa pergerakan deposit dana mulai naik kembali.

ethereum bullishNamun, dapat dilihat juga bahwa pada awal Desember 2020, jumlah penarikan dana mulai naik kembali walau belum secara signifikan. Pergerakan ini menandakan adanya kemungkinan bahwa saat ini dorongan beli dan deposit dana pada jaringan Ethereum masih dalam proses pemulihan.

Faktor untuk Pemulihan Harga Ethereum

Saat ini, nampaknya seluruh pasar Ethereum sedang memperlihatkan tanda-tanda pemulihan walau belum terjadi secara signifikan. Dari pasar futures atau kontrak jangka panjang, terlihat bahwa harga Ethereum mulai mengalami konsolidasi setelah apresiasi yang signifikan.

Baca juga: Harga ETH Malah Turun Selepas Ethereum 2.0 Rilis

Tetapi, mayoritas analis masih positif terhadap pergerakannya akibat indikator futures premium. Indikator ini menyatakan bahwa selama harga di pasar futures masih lebih tinggi 1,5% di atas harga pasar spot, pergerakan ethereum bullish atau masih akan terus naik.

ethereum bullishIndikator di atas memperlihatkan bahwa pergerakan perbedaan antara kedua pasar menyentuh angka 4,5% pada awal Desember 2020. Namun pergerakan ini tidak bertahan lama akibat mulai turun ke 2,5% bersama koreksinya ke $550.

Oleh karena itu, kemungkinan besar karena masih berada di atas 1,5%, koreksi ini hanyalah dip retest sebelum harga kembali naik. Pergerakan ini juga terjadi bersama dengan volume di pasar spot yang memperlihatkan apresiasi walau belum menyentuh angka $2 miliar yang menjadi batas aman pada umumnya.

Selain itu, pasar options juga terlihat mendukung akibat rasio call-to-put yang menandakan posisi beli dan jual di pasar options. Untuk lebih mudah dimengerti, rasio yang mendekati 0,70 umumnya menandakan potensi ethereum bullish dan jika mendekati 1.20, potensi bearish akan lebih kuat.

ethereum bullishDengan meningkatnya sentimen terhadap apresiasi harga spot ke $600, umumnya investor mencari keamanan atau hedging dengan membuka posisi put di pasar options. Hal ini disebabkan semakin tingginya harga semakin tinggi juga risiko untuk depresiasi.

Mayoritas Investor Masih Menunggu

Oleh karena itu, saat ini rasio di pasar options masihterus bergerak naik, tetapi bukan menjadi hal yang mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan harga pada pasar spot yang telah naik 45% sejak bulan lalu yang menandakan saat ini mayoritas investor sedang menjaga strategi bullish netral.

Secara keseluruhan, saat ini belum terdapat sentimen besar yang menjadi pertanda bahwa akan terjadi perubahan drastis pada harga Ethereum. Sehingga, koreksi saat ini kemungkinan besar bukan menjadi pertanda depresiasi harga.

Dengan pergerakan harga yang masih dalam bullish uptrend kemungkinan besar apresiasi akan terjadi setelah koreksi dan konsolidasi saat ini. Hal ini juga akan didorong oleh investor yang akan mulai berani masuk kembali setelah Ethereum kembali mendekati $600.

sumber.