Connect with us

Market News

Prediksi Kenaikan Harga Bitcoin di Tahun 2021

Published

on

kenaikan harga bitcoin di tahun 2021

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak negatif terhadap perekonomian global, terlebih IMF telah menetapkan tahun 2020 sebagai The Great Lockdown. Lalu, pertengahan 2020, pasar saham di Indonesia mengalami penurunan. Namun, hal ini tidak terjadi pada aset kripto, karena kenaikan harga bitcoin justru terjadi pada pertengahan hingga akhir tahun 2020.

Kenaikan Harga Bitcoin Saat Pandemi COVID-19

Disaat pasar saham mengalami penurunan yang cukup signifikan saat pandemi, aset kripto khususnya bitcoin justru mengalami kenaikan harga. Pada 28 Juli 2020 kemarin, bitcoin berada di harga $11,200 atau setara dengan Rp 162 juta.

Hanya 5 bulan berselang, pada 27 Desember 2020 bitcoin berhasil mengalami kenaikan hingga 2x lipat, yaitu sebesar $28,400 USD atau Rp 400 juta. Sebenarnya lonjakan tersebut berada di luar prediksi para ahli, karena ahli hanya memprediksi harga bitcoin berada di kisaran $20,000 USD atau Rp 300 jutaan pada akhir tahun 2020. 

Kenaikan harga bitcoin saat pandemi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pemberian stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat yang menyebabkan melemahnya nilai mata uang dollar dan pembelian bitcoin dalam jumlah besar oleh investor terkenal.

Maka dari itu, bitcoin dianggap sebagai aset kripto dengan valuasi terbesar di dunia yang memiliki performa terbaik di tahun 2020.

Bitcoin di Awal 2021

Tahun 2021 diawali dengan kembali meroketnya harga bitcoin. Bagaimana tidak, pada 9 Januari 2021 bitcoin berhasil menduduki harga $40,636 USD atau setara dengan Rp 569 juta! Tentu angka ini semakin menanjak ke level yang lebih tinggi.

Dilansir dari Coinmarketcap, sebulan setelahnya atau tepat pada 9 Februari 2021, bitcoin berhasil bertengger di $47,066 USD dengan nilai rupiah sebesar Rp 659 juta per btc.

Advertisement

Kenaikan harga bitcoin yang mencapai 19.97% dalam sehari terjadi setelah Tesla, perusahan mobil asal Amerika Serikat yang dipimpin oleh Elon Musk membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21 Triliun pada sehari sebelumnya (8/2/2021).

Alasan Tesla Borong Bitcoin

The U.S Securities and Exchange Commission (SEC) mengatakan bahwa alasan Tesla memborong bitcoin dengan jumlah yang fantastis dilakukan untuk mendorong diversifikasi pembayaran. Nantinya, Tesla akan mulai menerima mata uang kripto sebagai alat pembayaran.

Apabila hal tersebut direalisasikan, maka Tesla adalah perusahaan mobil pertama yang menerapkan metode pembayaran dengan bitcoin.

Prediksi Harga Bitcoin di 2021

Banyak ahli mengatakan, harga bitcoin diprediksi kembali meroket di 2021. Dilansir dari Kompas, mungkin saja bitcoin berpeluang menduduki di angka $55,000 USD (Rp 762 juta). Apabila investor besar kembali masuk ke pasar bitcoin setelah mendapat keuntungan, maka besar kemungkinan aset kripto pertama ini kembali mengalami lonjakan harga.

Selain itu, meningkatnya permintaan bitcoin di Amerika pasti secara tidak langsung memengaruhi kenaikan harga bitcoin. Ini dikarenakan The Office of the Comptroller of the Currency (OCC) di Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan bahwa bank-bank di AS diizinkan untuk memegang aset kripto.

Lalu kebijakan dari The Fed (Federal Reserve) juga membuat masyarakat memilih bitcoin sebagai tempat untuk berinvestasi jangka panjang.

Saatnya Gabung dengan Tokocrypto di Freebruary!

Kenaikan harga bitcoin yang tidak main-main menjadi kabar baik untuk para trader maupun investor pemula. Bertepatan dengan itu, Tokocrypto mengadakan Bulan Trading Nasional di bulan Februari dengan banyak tawaran menarik, lho!

Advertisement

Selain free deposit yang Anda dapatkan di awal transaksi, Tokocrypto menghadirkan free maker fee dan free transfer fee! Anda bisa menikmati 0% biaya Maker untuk trading semua pairing BIDR dan 0% biaya transfer aset Kripto untuk semua jaringan ke sesama akun Tokocrypto dan Binance.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gabung dengan Tokocrypto dan nikmati program menarik lainnya selama bulan Februari disini: bit.ly/FREEbruaryTokonews

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular