Connect with us

Tips & Tricks

Ini Dia Cara Mendapatkan Bitcoin Secara Gratis!

Published

on

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Cepat-min

Masyarakat sedang marak yang menggeluti dunia aset kripto, khususnya Bitcoin. Hal ini didorong oleh popularitasnya sebagai koin terbesar di dunia, dengan harga yang terus meningkat. Dalam berinvestasi Bitcoin, tentu dibutuhkan biaya untuk jual-beli. Namun, ternyata ada alternatif cara mendapatkan Bitcoin secara gratis, cocok bagi para pencari cuan

Penasaran? Simak artikel ini untuk informasi lebih lengkapnya!

Sekilas Mengenai Bitcoin dan Popularitasnya

Bitcoin merupakan mata uang pertama yang hadir dalam dunia aset kripto, yaitu pada tahun 2009. Karena hadir dalam berupa mata uang dalam aset kripto, Bitcoin hanya tersedia secara virtual dan bergerak dalam jaringan blockchain. Pada awal kehadirannya, Bitcoin hanya bisa diperoleh lewat penambangan saja, dengan memanfaatkan perangkat komputer pada zaman itu.

Bitcoin pada awal diperdagangkan hanya senilai beberapa Rupiah saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan jumlah Bitcoin yang tersedia untuk ditambang tidak lagi banyak, harga Bitcoin melonjak hingga mencapai 270 juta Rupiah per keping pada 2017 dan terus meningkat. Harga Bitcoin sangat bergantung dengan prinsip supply dan demand di pasar kripto.

Di Indonesia sendiri, investasi Bitcoin terus mengalami tren yang positif. Hal ini dikarenakan pergerakan harganya yang terus meningkat, sehingga sangat menjanjikan untuk dijadikan instrumen investasi. Bitcoin juga dianggap sebagai peluang bisnis alternatif selain saham dan reksadana.

Cara Umum untuk Mendapatkan Bitcoin

Terdapat dua cara yang biasa dilakukan para pegiat dunia aset kripto dalam mendapatkan Bitcoin, yaitu

1. Membeli

Membeli Bitcoin menjadi pilihan utama bagi masyarakat, dikarenakan cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, cara ini juga mendukung masyarakat yang menjadikan Bitcoin sebagai instrumen investasi, sebagai alternatif dari saham dan reksadana. Dengan tren harga yang terus meningkat, Bitcoin dianggap cukup menjanjikan dalam memberikan cuan.

Advertisement

Dalam membeli Bitcoin, hanya diperlukan pendaftaran diri pada digital exchanger, salah satunya adalah Tokocrypto. Setelah data terverifikasi, pengguna dapat langsung mentransfer sejumlah dana ke wallet digital. Dengan minimal deposit dana Rp50.000, pengguna dapat langsung berbelanja Bitcoin sesuai dengan kemampuan dan strategi yang dimiliki.

2. Menambang

Salah satu penyebab harga Bitcoin yang terus melonjak adalah karena ketersediaan Bitcoin di jaringan sangat terbatas. Diketahui Bitcoin hanya diproduksi sebanyak 21 juta keping saja, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menambangnya. Secara umum, penambangan dilakukan dengan memecahkan teka-teki matematika yang memanfaatkan kecanggihan perangkat komputer.

Biasanya, penambangan Bitcoin dilakukan secara kelompok untuk menggabungkan spesifikasi komputer. Walaupun menambang Bitcoin terkesan gratis, biaya yang dibutuhkan untuk perangkat komputer juga listrik tentu tidak sedikit. Terdapat pula persaingan yang ketat dalam menjadi yang tercepat untuk memverifikasi transaksi yang terjadi dalam jaringan, sehingga aktivitas ini cukup sulit untuk dilakukan.

Akan tetapi, ada alternatif cara mendapatkan Bitcoin gratis tanpa Anda harus menambang atau membeli dalam mendapatkannya.

Dapatkan Aset Kripto seperti Bitcoin Secara Gratis

Ternyata, dalam mendapatkan aset kripto seperti Bitcoin tidak terbatas hanya lewat membeli ataupun menambangnya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin, tanpa perlu khawatir soal mengeluarkan biaya alias gratis, yaitu

1. Bitcoin Faucet

Bitcoin Faucet adalah situs web yang memberi penghargaan berupa Bitcoin dan mata uang kripto lainya kepada pengunjung ketika berhasil menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Merujuk YahooFinance, tugas ini dapat berupa banyak hal seperti mengetik captcha, menonton iklan, bermain game online, kuis online, dan mengikuti survei, dan lain sebagainya.

Advertisement

Setelah menyelesaikan tugas tersebut Anda akan mendapatkan 1 satoshi yang setara dengan 0,00000001 bitcoin. Berikut beberapa faucet Bitcoin yang populer yang digunakan untuk mendapatkan Bitcoin gratis seperti BonusBitcoin, FreeBitco.in99Bitcoins, Moon Bitcoin, Cointply, Freebitcoin.io, FreefaucetSatoshi Labs, Firefaucet, Satoshi Hero, BTCBux dan lainnya.

2. Bitcoin Game

Cara lainnya adalah dengan bermain game tertentu yang menghadiahkan Bitcoin bagi para pemainnya. Para peserta yang tertarik hanya membutuhkan koneksi internet dan mendaftarkan diri di akun Coinbase untuk mulai bermain. Hingga saat ini, game yang memberikan reward berupa Bitcoin hanya tersedia bagi para pengguna OS Android saja.

Perusahaan Bling Financial, atau yang biasa dikenal sebagai Bling, telah memproduksi game dengan hadiah Bitcoin, bekerja sama dengan Coinbase. Terdapat game yang tersedia di Google Play Store, yaitu Bitcoin Blast, Bitcoin Blocks, Bitcoin Solitaire, dan Bitcoin Food Fight. Dalam permainan, para pemain akan mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukar ke dalam bentuk Bitcoin lewat akun Coinbase yang dimiliki.

3. Airdrop

Airdrop crypto merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau project baru, untuk menarik banyak pengguna yang kemudian mengetahui dan mendaftar pada project tersebut. Strategi ini dilakukan dengan membagikan koin atau token kepada pengguna secara gratis.

Nantinya, para pengguna yang berhasil mendapatkan koin atau token secara gratis lewat Airdrop, koin atau token tersebut dapat digunakan untuk membeli Bitcoin. Sehingga, para pengguna mampu memperoleh Bitcoin tanpa mengeluarkan biaya apapun.

4. Bitcoin Software

Konsep mendapatkan Bitcoin lewat Bitcoin Software hampir serupa dengan menambang. Perbedaannya terletak pada proses yang tidak membutuhkan perangkat komputer yang amat canggih, karena Bitcoin Software memungkinkan dilakukan hanya dengan komputer rumahan.

Tanpa perlu memikirkan untuk membeli komputer mahal yang akan membutuhkan biaya listrik yang amat besar, Anda tetap berkesempatan memperoleh Bitcoin secara gratis lewat Bitcoin Software. Terdapat beberapa Bitcoin Software yang bisa dicoba, seperti Honeyminer, NiceHash, Cudo Miner, dan Rollercoin.

Advertisement

5. Kompetisi Trading

Sesuai namanya, cara ini berupa kompetisi yang diadakan oleh exchange tertentu. Dalam Kompetisi Trading, exchange akan menilai besar volume aset digital yang di-trade dalam periode waktu yang terbatas. Pemenang dari kompetisi akan mendapatkan hadiah berupa Bitcoin atau aset kripto lainnya.

Bagi yang tertarik mengikuti Kompetisi Trading, hanya perlu mendaftarkan diri di exchange yang sedang mengadakan kompetisi. Setelah itu, melakukan trading sesuai dengan ketentuan kompetisi yang berlaku. Dengan begitu, Anda sudah berkesempatan untuk mendapatkan Bitcoin secara gratis.

6. Kriptoversity

Kriptoversity adalah aplikasi pembelajaran mengenai blockchain dan dunia aset kripto buatan Tokocrypto. Materi dibagi ke dalam beberapa topik dengan durasi penyelesaian sekitar 5 menit per materi. Kriptoversity dapat menjadi pilihan yang tepat karena selain untuk memperkaya pengetahuan seputar dunia kripto, juga bisa mendapatkan aset kripto secara gratis. 

Setelah berhasil menyelesaikan pembelajaran, pengguna akan diberikan hadiah aset kripto berupa token TKO keluaran Tokocrypto. Jumlah TKO bergantung pada skor yang tertera di akhir pembelajaran. Karena berupa aplikasi, Kriptoversity dapat langsung diunduh lewat bit.ly/TokoAcademy atau Google Play Store.

Ternyata, selain membeli dan menambang, ada beberapa cara mendapatkan Bitcoin gratis yang bisa dicoba tanpa khawatir menguras kantong. Dapatkan update seputar Bitcoin dan dunia aset kripto lainnya di website Tokonews. Ikuti juga media sosial Twitter dan Instagram dari Tokocrypto agar tidak ketinggalan informasi terkini. Salam To The Moon!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular