Hal yang Anda Perlu Ketahui tentang Basic Attention Token

0
965
Basic Attention Token

Bagi Anda yang aktif bertransaksi pada jaringan blockchain, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah basic attention token, kan? Nah, sebenarnya apa sih BAT itu? Atau apakah Anda penasaran dengan sejarah dari kemunculan BAT itu sendiri? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai BAT di bawah ini!

Sejarah Kemunculan Basic Attention Token

BAT dirancang oleh salah satu pendiri Mozilla dan Firefox, Brendan Eich. Berawal dari banyaknya masalah yang semua orang hadapi ketika menggunakan Web, yakni masalah iklan digital.

Iklan kerap muncul di semua momen dan sering tidak relevan memanglah hal yang menjengkelkan. Kebanyakan orang mungkin akan memilih mengatasinya dengan memasang ekstensi blokir iklan.

Seiring terus berkembangnya blockchain dan mata uang digital, perusahan telah mencari cara baru dan menerapkan teknologi yang inovatif pada masalah dan kendala lama, yakni penelusuran web dan iklan berbasis web tersebut.

Nah, disinilah BAT masuk dengan menggunakan teknologinya dalam mengatasi masalah tersebut. Yakni melalui penggunaan teknologi blockchain dalam upaya meningkatkan keamanan, keadilan serta efisiensi iklan digital.

Pendistribusian BAT di mulai dari diluncurkannya 300.000 BAT ke pengguna baru dari program Brave Payments dari peramban web Brave pada awal Desember 2017. Inilah putaran pertama yang disalurkan oleh tim pengembangan, yang dimana dana didapat dari hibah dana pertumbuhan pengguna.

Pertengahan Januari 2018, token BAT senilai US$ 1 juta dikeluarkan oleh tim kepada pengguna sebagai promosi, semua hibah ini diklaim dalam waktu sepuluh hari.

Bulan selanjutnya, perusahaan meluncurkan program rujukan senilai US$ 1 juta kepada para pengguna yang telah berhasil membawa pengguna baru untuk peramban Brave yang aktif selama setidaknya 30 hari. Setiap pengguna akan dihargai dengan pemberian BAT senilai US$ 5.

Pengertian dari Basic Attention Token

BAT atau basic attention token adalah token ERC-20 yang menggunakan blockchain ethereum, di mana token ini berusaha memberi penghargaan kepada pengguna dan pengiklan. BAT adalah cara untuk memonetisasi perhatian, yang terkadang juga disebut sebagai “ekonomi perhatian”.

Namun, bagaimana caranya? Proyek ini menggunakan teknologinya dengan cara memblokir iklan yang memang dikehendaki oleh pengguna yang memutuskan untuk berinteraksi dengan iklan berdasarkan pilihan. Jadi ketika Anda menyetujuinya, Anda akan mendapatkan imbalan atas partisipasi dengan token BAT, yang kemudian bisa Anda belanjakan nanti.

Apa itu Brave Browser?

Brave browser adalah browser open-source yang berpusat pada privasi yang dirancang untuk memblokir pelacak, cookie invasif, dan malware. BAT adalah token asli untuk browser Brave.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, browser ini menggunakan teknologi blockchain. Nah, teknologi blockchain ini berfungsi untuk melacak perhatian pengguna secara anonim dan aman, yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk hadiah bagi penerbit.

Penerbit iklan digital diberi hadiah berdasarkan perhatian pengguna dengan BAT. Semakin efisien konten yang mereka buat dalam menghasilkan perhatian pengguna yang berkelanjutan, maka akan semakin besar pendapatan yang diterima penerbit. Nah disaat yang bersamaan, pengiklan juga memperoleh keuntungan atas investasi yang lebih baik, karena iklan mereka tepat sasaran.

Pengembang Brave dan BAT sendiri telah membangun sejumlah langkah keamanan ke dalam browser dan sistem token digital mereka. Hal ini tentunya dilakukan untuk mengantisipasi kekhawatiran tentang penipuan dan masalah privasi. Cara yang digunakan oleh para pengembang adalah melalui penggunaan kriptografi, integritas sisi klien yang lebih baik, dan transparansi yang dicapai melalui sumber terbuka.

Itulah penjelasan mengenai basic attention token. Nah, sekarang Anda tak perlu bingung dengan BAT lagi. Jika Anda tertarik untuk melakukan trading maupun investasi di aset kripto lainnya, yuk daftarkan diri Anda segera di www.tokocrypto.com!