Yuk Kenali Blockchain Beserta Cara Kerja dan Manfaatnya

0
677
Blockchain Beserta Cara Kerja dan Manfaatnya

Potensi yang besar dimiliki oleh teknologi blockchain membuatnya ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Para trader pemula pastinya sudah sangat akrab dengan istilah blockchain. Nah, bagaimana sih cara kerja blockchain? Yuk, simak penjelasan lengkapnya tentang blockchain!

Apa sih Blockchain itu?

Gagasan blockchain 1991 dituangkan oleh Scott dan Stornetta dalam jurnal kriptografi yang berjudul “How to Time-Stamp a Digital Document”. Pada tahun 2009 blockchain pertama kali diimplementasikan, kemudian pada tahun 2014 direvolusi dengan Blockchain 2.0.

Blockchain dapat diartikan sebagai buku besar digital, dimana setiap transaksi dicatat dan diamankan di banyak database yang tersebar luas di komputer. Pada sistemnya blockchain sudah tidak menggunakan pihak ketiga dalam proses pertukaran data maupun transaksi, tetapi menggunakan banyak pihak atau komputer yang tersebar di jaringan itu sendiri.

Blockchain bekerja dengan cara sederhana, misal pengguna ‘A’ melakukan sebuah transaksi kepada pengguna ‘B’. Selanjutnya permintaan transaksi akan diumumkan pada jaringan peer-to-peer (P2P) dan divalidasi oleh Nades

Setelah terverifikasi, transaksi akan digabungkan dengan transaksi lain dengan membuat blok data baru dalam buku kas induk. Lalu, block data baru ditambahkan ke blockchain dan disimpan secara permanen, serta dapat dilihat oleh siapapun. Transaksi selesai dilakukan.

Keunggulan Teknologi Blockchain

Diminati oleh banyak orang, berikut beberapa keunggulan teknologi blockchain:

  • Sistem Lebih Transparan

Dalam penggunaan teknologi blockchain, riwayat setiap transaksi mampu disimpan secara aman dan semakin transparan. Karena, blockchain merupakan sebuah sistem seperti buku besar yang terdesentralisasi, semua orang yang berada di dalam suatu jaringan memiliki daftar data yang sama.

Daftar data bersama yang dimiliki setiap orang hanya dapat diperbarui melalui mekanisme konsensus, dimana setiap orang di dalam suatu jaringan harus menyetujui apabila terdapat suatu perubahan.

  • Keamanan Data yang Lebih Baik

Dalam segi keamanan, blockchain memiliki fitur yang membuatnya lebih unggul dibanding dengan sistem pencatatan lainnya. Di dalam blockchain transaksi harus disetujui terlebih dahulu, kemudian baru dapat dicatat. Setelah disetujui dan diterima, transaksi dienkripsi dan dihubungkan dengan transaksi sebelumnya.

Database blockchain memiliki struktur yang bersifat append only atau hanya bisa melakukan penambahan dan tidak memiliki perintah edit. Sehingga membuat teknologi blockchain sulit untuk diretas.

  • Audit Menjadi Lebih Baik

Salah satu fungsi penting dalam teknologi blockchain adalah fungsi audit. Pertukaran barang akan tercatat di dalam blockchain, kemudian berakhir dengan sebuah jejak audit yang dapat menunjukkan asal dan setiap pemberhentian yang dilalui barang tersebut selama perjalanannya.

Sebuah barang dapat diverifikasi keasliannya melalui data riwayat transaksi, sehingga sangat minim kemungkinan tindakan penipuan dapat terjadi.

  • Hemat Biaya

Adanya calo biasanya akan menambahkan biaya transaksi, sedangkan dalam bisnis penghematan biaya adalah prioritas. Selain itu, Anda tidak perlu menaruh kepercayaan kepada calo, tetapi kepada algoritma konsesus. Melalui algoritma proses verifikasi hanya mengarah ke satu database yang sifatnya immutable.

Manfaat Teknologi Blockchain

Ruang pengembangan blockchain di Indonesia sangat terbuka lebar. Apabila dioptimalkan, dapat menambah kesejahteraan sosial masyarakat. 

Dilansir dari TRIBUNEWS, Oscar Darmawan selaku CEO Indodax menyatakan, saat ini sistem blockchain telah diterapkan pada berbagai bidang. Di bidang publik, memanfaatkan teknologi peer to peer (P2P) mempermudah aktivitas pencatatan identitas, aset berharga, data kesehatan, hingga faktur pajak.

Sedangkan di bidang keuangan, blockchain turut serta membantu masyarakat dalam investasi aset digital, mempercepat kegiatan audit, pembuatan kontrak pintar (smart contract), hingga pembayaran lintas negara.

Menarik sekali bukan? Melihat cara kerja blockchain yang sangat mudah dan tentunya sangat aman. Terlebih lagi teknologi blockchain memiliki banyak keunggulan. Jika Anda ingin memulai investasi dan trading aset kripto, segera bergabung dengan Tokocrypto. Nantikan juga update terbaru dari Tokocrypto!