Harga Dogecoin Melejit, Elon Musk Pemicu Naiknya Dogecoin?

0
676
apa hubungan antara dogecoin dan elon musk

Sejak pertengahan 2020 hingga 2021 ketenaran Dogecoin melesat secara signifikan hingga beberapa kali menjadi Trending Topic di media sosial Twitter yang salah satunya terjadi karena cuitan The Dogefather, Elon Musk. Sebelum kita membahas apa yang terjadi dengan Dogecoin, yuk kenalan dulu dengan sejarah koin yang datangnya dari sebuah meme ini!

Dogecoin: Koin yang Datang dari Sebuah Lelucon

Yup, Anda tidak salah! Pemilihan anjing Shiba Inu asal Jepang sebagai logo Dogecoin didasari oleh banyaknya meme Shiba Inu yang berseliweran di media sosial pada tahun 2013. 

Di saat maraknya penggunaan meme tersebut, Desember 2013 Jackson Palmer dan seorang programmer bernama Billy Markus ingin mengubah stigma aset kripto yang terkenal serius dan rumit menjadi fun. Berawal dari pemikiran tersebut, mereka menciptakan sebuah koin yang dinamakan Dogecoin 

Pemilihan logo Shiba Inu yang tampaknya seperti candaan semata menjadikan koin dengan satuan DOGE ini memiliki image yang lebih fun dan jauh dari kata serius bila dibandingkan dengan aset kripto lainnya.

Dogecoin Mengadaptasi Model Pendahulunya, Litecoin

Sebagai koin yang mengadaptasi model Litecoin, Dogecoin hadir dengan sistem open source peer-to-peer (antar pengguna dan tanpa keterlibatan pihak ketiga). Selain itu, Dogecoin juga memiliki kelebihan antara lain memiliki kecepatan waktu transaksi yang tinggi jika dibandingkan dengan bitcoin serta altcoin lainnya.

Kelebihan Lain Dogecoin

Selain kecepatan transaksinya yang mengalahkan aset kripto tertua, Dogecoin memiliki biaya transaksi yang jauh lebih murah dan bisa Anda gunakan sebagai reward untuk para blogger, YouTuber, content creator di Reddit, hingga siapapun karena harganya yang relatif murah dan tidak memakan biaya transaksi besar.

Kenalan dengan Elon Musk: The Dogefather dan Pendiri SpaceX serta Tesla

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini? Sebagai pendiri dari beberapa perusahaan teknologi terkenal seperti SpaceX, Tesla, dan PayPal, Elon Musk ternyata sangat menyukai Dogecoin, lho! 

Nah, kalau diperhatikan, selama April 2021 hingga Mei 2021 harga Dogecoin mengalami lonjakan-lonjakan besar. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu adalah cuitan Elon Musk  di akun twitter pribadinya pada 18 April 2021 yang berbunyi “Doge Barking at the Moon” dan telah di-retweet lebih dari 50,000 kali serta berhasil membuat harga Dogecoin berada di level 0.366238 sehari setelahnya (16/5).

tweet dogecoin elon musk 1

Dua minggu setelahnya, Elon Musk kembali membuat harga Dogecoin meroket jauh dengan sebuah cuitan yang mengumumkan dirinya akan tampil pada acara Saturday Night Live (SNL) yang tayang 8 Mei 2021.

Usai Elon mengabarkan Ia tampil pada Saturday Night Live, Dogecoin berhasil menyentuh level harga tertinggi yaitu $0.736435 atau setara dengan Rp10,443 per 8 Mei 2021 saat acara tersebut tayang.

tweet dogecoin elon musk 2

Berdasarkan beberapa poin di atas, kenaikan harga Dogecoin dipicu oleh euforia yang salah satunya diciptakan oleh Elon Musk. karena Elon Musk sendiri adalah tokoh yang sedang naik daun karena berbagai kesuksesannya dalam mendirikan beberapa perusahaan teknologi populer, seperti Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif dan SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa.

Popularitas itulah yang membuat cuitan dan pendapat Elon Musk seputar aset kripto mendapat atensi besar dari masyarakat, sehingga berpengaruh pula ke dalam pergerakan pasar aset kripto.

Selain itu, kenaikan harga Dogecoin juga disebabkan karena koin tersebut ramai diperbincangkan oleh sebuah komunitas bernama Satoshi Street Bets pada aplikasi Reddit.

Sehari Setelah SNL Tayang, Dogecoin Malah Merosot. Ada Apa?

Setelah rencana kehadiran Elon Musk pada Saturday Night Live membawa angin segar para trader Dogecoin, ternyata harga Dogecoin merosot hingga $0.43022 atau Rp6,101 pada 9 Mei 2021 atau sehari setelah acara tersebut berlangsung.

Sebenarnya, fenomena tersebut sudah sering dijelaskan oleh para ahli. Ketika semua orang beramai-ramai membeli suatu koin dan membuat harga koin tersebut melonjak drastis pada satu titik, maka mereka akan menjual secepatnya untuk menghindari kerugian dan mendapat keuntungan berlipat.

Momen ketika semua orang menjual aset kripto mereka itulah yang menjadikan harga aset kripto menurun signifikan hanya dalam waktu sesaat. Termasuk ketika para investor besar menjual kembali Dogecoin mereka.

Pesan Dari The Dogefather: Cryptocurrency is promising, but please invest with caution!

Setelah melihat perjalanan Dogecoin selama satu bulan terakhir, bisa disimpulkan bahwa untuk memulai investasi aset kripto dibutuhkan edukasi yang matang dan harus berhati-hati atas segala risiko yang akan hadir, karena pergerakan aset kripto sangat fluktuatif. 

Terpenting adalah selalu ketahui keuntungan dan risiko sebelum trading dan investasi aset kripto apapun, ya! Untuk memulai investasi bitcoin dan aset kripto lainnya, kunjungi Tokocrypto di www.tokocrypto.com atau di media sosial kami @Tokocrypto.