Connect with us

Altcoin News

5 Crypto Potensial dari Sisi Fundamental untuk Diperhatikan Pekan Ini

Published

on

crypto potensial

Pekan ini nampaknya angin badai mulai mereda di pasar crypto dengan awal pekan yang terlihat positif bersama apresiasi dari Bitcoin.

Walaupun begitu apresiasi ini masih belum menandakan berakhirnya konsolidasi dari pergerakan mayoritas crypto.

5 Crypto Potensial Pekan Ini

Namun pada pekan ini terdapat beberapa kabar yang berpotensi mendorong beberapa crypto untuk bergerak naik.

Dalam artikel ini akan diberikan pandangan mengenai lima crypto potensial yang memiliki kemungkinan untuk bergerak naik pada pekan ini.

1. Ethereum (ETH)

Pertama adalah Ethereum yang diprediksi dapat mengalami apresiasi dari sentimen positif sisi fundamental teknologinya.

Dikabarkan bahwa pekan ini, tepatnya pada 16 Juni 2021, Ethereum akan menjalankan uji coba pembaruan jaringannya yang membawanya semakin dekat ke Ethereum 2.0.

Uji coba ini akan dilakukan pada Testnet Goerli yang akan berlanjut pada Testnet Rinkeby di 23 Juni 2021, dan berujung pada London Hardfork di Juli 2021.

Selain itu, saat ini berkat Polygon (MATIC) yang memberikan solusi lapisan kedua untuk Ethereum, biaya transaksi sedang mengalami penurunan.

Biaya transaksi pada Blockchain Ethereum baru saja turun ke sekitar $4 per transaksi dari sebelumnya di Bulan Mei naik ke sekitar $70 per transaksi.

Semua ini terjadi berkat bantuan dari Polygon yang memberikan solusi untuk masalah efisiensi transaksi pada Blockchain Ethereum.

Lapisan kedua oleh Polygon ini telah mencapai lebih dari 7 Juta transaksi dari Blockchain Ethereum, yang mencerminkan signifikansi bantuan Polygon untuk Ethereum.

Oleh karena itu, saat ini nampaknya Ethereum mulai dapat bergerak normal jika kondisi ini bertahan, bersama dengan ketertarikan dari institusi yang meningkat terhadapnya.

Dari sisi teknikal, Ethereum nampaknya sedang berusaha untuk mencoba bergerak naik kembali setelah melewati bear trap beberapa hari yang lalu

grafik eth
Grafik Harian ETHUSD

Kemungkinan besar saat ini ETH akan berusaha untuk menembus batas atas pada $2.606 atau sekitar Rp37,07 Juta.

Batas pengaman apresiasi yang harus dijaga terlihat berada pada $2.397 atau Rp34,09 Juta yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

Jika terus naik, kemungkinan besar target pada pekan ini dapat mencapai $2.878 atau Rp40,93 Juta namun harus melewati batas atas yang ada saat ini.

2. Kusama (KSM)

Crypto kedua yang terlihat memiliki potensi untuk naik pekan ini adalah Kusama, akibat adanya lelang tempat atau slot untuk parachain Polkadot (DOT).

Hubungan Kusama dan Polkadot adalah, Kusama sendiri berperan sebagai jaringan awal sebelum proyek masuk ke Parachain Polkadot.

Namun mereka memiliki teknologi yang saling melengkapi dimana Kusama melengkapi teknologi Polkadot untuk bergerak stabil.

Dikabarkan akan ada lelang untuk tempat di parachain Polkadot melalui Kusama yang akan terjadi pada 15 Juni 2021.

Kabar ini berpotensi mengangkat harga Kusama akibat lelang ini menjadi sentimen positif bahwa adopsinya terus berlanjut.

Melihat lelang ini akan membuat proyek-proyek berebutan untuk berada di jaringan Polkadot, kemungkinan besar berita tersebut akan berdampak besar.

Sehingga melihat kabar ini juga menjadi kabar terbaru untuk memastikan “kehidupan” Polkadot dan Kusama terus berjalan, kemungkinan besar akan ada sentimen positif.

Namun, saat ini dari sisi teknikal nampaknya Kusama terlihat lebih positif dari Polkadot yang masih berusaha juga untuk naik.

grafik ksm
Grafik Harian KSMUSD

Dapat dilihat bahwa sejak beberapa hari terakhir, menuju lelang ini, Kusama terlihat masih dalam pergerakan apresiasi, dan kemungkinan akan terus berlanjut.

Saat ini batas atas yang harus dilewati terlihat berada pada $436,6 atau Rp6,21 Juta sebelum dapat naik hingga $525,1 atau Rp7,46 Juta pada pekan ini.

Tapi apresiasi ini harus menjaga batas pengaman pada $395 atau Rp5,61 Jutayang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

3. Theta Fuel (TFUEL)

Berikutnya adalah Theta Fuel, crypto yang digunakan sebagai biaya transaksi dan imbalan dalam penggunaan jaringan Blockchain Theta Network (THETA).

TFUEL akhir-akhir ini sedang mendapatkan ketertarikan yang cukup tinggi akibat 30 Juni 2021.

Dikabarkan bahwa pada 30 Juni 2021 Theta Network akan meluncurkan blockchain versi 3.0-nya, yang mendorong pembelian TFUEL.

Dorongan beli terlihat terus kuat kepada TFUEL terlihat terjadi akibat penggunaan Blockchain Theta Network untuk Staking.

Tujuannya adalah agar dapat menjadi validator utama, terutama dengan perpindahan jaringan versi-versi kecil yang sedang terjadi saat ini.

Pada Jumat pekan lalu, THETA baru saja resmi meluncurkan jaringan versi pembaruan untuk pada node atau validator utama penggerak jaringannya.

Dengan peluncuran pada Jumat lalu, para node dan validator juga resmi mendapatkan imbalannya dari Bulan Mei lalu.

Sehingga kabar tersebut memperjelas imbalan yang dapat dihasilkan sebagai validator dan staking di Theta Network.

Sentimen positif juga terlihat masih terfokus pada 30 Juni 2021, dimana peluncuran Theta Network 3.0 akan resmi terjadi.

Baca Juga: THETA Masih Terlihat Kuat Akibat 30 Juni 2021, Ini Analisis Harganya

Dari sisi teknikal, saat ini TFUEL sedang mengalami pergerakan yang lebih kuat dibandingkan THETA akibat kegunaannya yang lebih besar sebagai biaya transaksi dan imbalan.

grafik tfuel
Grafik Harian TFUELUSD

TFUEL saat ini terlihat masih bergerak dalam zona apresiasi dan kemungkinan besar dapat terus naik dengan banyaknya sentimen positif di sekitarnya.

Untuk saat ini kemungkinan besar koreksi akan terjadi untuk menormalisasi apresiasi dalam jangka pendek, kemungkinan besar menuju ke $0,52 atau Rp7.396.

Setelah itu, jika dorongan beli terjadi lagi, kemungkinan besar apresiasi dapat terus belanjut menuju $0,66 atau Rp9.388 jika berhasil menembus batas atas pada $0,57 atau Rp8.108.

Batas pengaman apresiasi terlihat berada pada $0,48 atau Rp6.827 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

4. Algorand (ALGO)

Algorand juga menjadi salah satu crypto yang memiliki potensi untuk naik sebab dukungan positif yang berada di sekitarnya.

Saat ini Algorand baru saja mendapatkan dana investasi untuk memperluas ekosistemnya dari Arrington Capital.

Dikabarkan bahwa perusahaan investasi tersebut baru saja memberikan dana senilai $100 Juta atau Rp1,42 Triliun untuk membantu pertumbuhan ekosistem ALGO.

Kabar ini menjadi salah satu sentimen positif yang dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Blockchain Algorand, yang memiliki teknologi cukup kuat.

Selain itu, saat ini Blockchain Algorand juga baru saja mendapatkan kerja sama yang cukup signifikan dengan perusahaan pembayaran di bidang kesehatan bernama MA Pay.

Dikabarkan bahwa MA Pay akan menggunakan Blockchain Algorand untuk memperluas sistem pembayaran bidang kesehatan lebih luas di daerah Bermuda.

Nantinya jika berhasil, Blockchain Algorand akan memproses dana lebih dari $800 Juta atau Rp11,37 Triliun.

Oleh karena banyaknya sentimen positif ini, kemungkinan besar ALGO memiliki potensi yang cukup signifikan untuk naik pekan ini.

Dari sisi teknikal saat ini ALGO juga sedang berusaha bergerak naik walau belum terlihat signifikan pada pembukaan perdagangan hari ini.

grafik algo
Grafik Harian ALGOUSD

Saat ini jika ingin naik lebih tinggi, kemungkinan besar ALGO harus melewati batas atas pada $1,03$ atau Rp14.651 sebelum dapat naik hingga $1,24 atau Rp17.638pada pekan ini.

Batas pengaman apresiasi yang harus dijaga terlihat berada pada $0,97 atau Rp13.798 yang jika ditembus dapat mengurangi potensi apresiasi pekan ini.

5. Stellar Lumen (XLM)

Terakhir adalah Stellar Lumen yang dikabarkan akan segera melantai atau listing  di Bursa Zipmex secara global.

Dengan kabar ini, kemungkinan besar akan ada dorongan beli akibat kemudahan untuk investor membeli melalui bursa tersebut.

Selain itu, nampaknya XLM juga sedang bersiap untuk  membangun kerja sama dan adopsi baru dengan menyediakan USD Coin (USDC) pada platformnya.

Namun untuk saat ini, XLM masih terlihat lemah akibat korelasinya dengan Ripple (XRP) yang masih terikat kasus dengan pemerintah Amerika.

Tapi dari sisi teknikal, saat ini XLM sedang berusaha untuk mulai bergerak naik terutama setelah bergerak turun beberapa hari terakhir.

Grafik Harian XLMUSD

Jika ingin naik lebih tinggi, kemungkinan besar XLM harus melewati batas atas yang berada pada $0,36 atau Rp5.190 sebelum dapat naik hingga menuju $0,42 atau Rp5.974.

Namun saat ini volume beli masih terlihat kecil, yang membuat harganya sedang menguji batas bawah pada $0,33 atau Rp4.692.

Jika terus bergerak turun dan melewati $0,31 atau Rp4.409 kemungkinan besar potensi apresiasi akan hilang pada pekan ini.

Untuk saat ini terdapat beberapa crypto lain yang juga bersifat potensial, namun dari sisi fundamental berita lima crypto ini nampak memiliki kabar terbaik, di luar Bitcoin.

Baca Juga: Analisis Pasar Bitcoin, Apakah Sudah Saatnya Trader Masuk Lagi?

*Disclaimer

Perlu diingat bahwa artikel ini bersifat analisis pribadi dan bukan saran atau ajak untuk investasi atau trading.

Selalu gunakan manajemen keuangan dan manajemen risiko yang baik serta analisis pribadi sebelum membeli atau menjual crypto. Risiko ditanggung masing-masing.

Altcoin News

Tron dan ChatGPT Kembangkan Sistem Pembayaran, Harga TRX Naik?

Published

on

Blockchain Tron & ChatGPT Kembangkan Sistem Pembayaran, Harga TRX Naik?

Pendiri Tron, Justin Sun, mengumumkan rencana untuk blockchain Tron dan ChatGPT dari OpenAI untuk membuat sistem pembayaran yang jauh lebih aman. Ini akan menetapkan standar baru dalam keuangan terdesentralisasi.

Integrasi dengan sistem artificial intelligence (AI) seperti ChatGPT dan OpenAI akan membawa tingkat efisiensi dan kenyamanan baru ke sistem pembayaran. Basis pengguna ChatGPT sendiri sudah mencapai 100 juta.

Sun men-tweet pada Sabtu (4/2) tentang rencana untuk mengintegrasikan blockchain Tron dan sistem AI seperti ChatGPT dan OpenAI untuk kerangka pembayaran terdesentralisasi.

“Kerangka kerjanya mencakup sistem kontrak pintar pada rantai, protokol lapisan pembayaran, SDK panggilan yang mendasarinya, dan gateway pembayaran AI. Menggunakan sistem kontrak pintar untuk menyimpan pertanyaan pengguna dan hasil AI pada sistem penyimpanan file #BitTorrent #BTFS yang terdesentralisasi,” tulis Sun.

Pembayaran yang Aman

Baca juga: Harga Shiba Inu Naik 16% saat Peluncuran Shibarium Semakin Dekat

Sun yang juga penasihat bursa kripto, Huobi mengatakan kerangka kerja berbasis Tron akan menciptakan sistem pembayaran terdesentralisasi yang aman, dapat dipercaya, anti-rusak, anti-sensor, dan mampu AI, membantu orang membangun ekosistem keuangan baru yang terdesentralisasi dan cerdas.

Salah satu pengusaha kripto termuda di dunia itu mengungkapkan bahwa dia berupaya untuk menggabungkan aplikasi DeFi Just (JST), Sun (SUN), APENFT Marketplace pada kerangka pembayaran yang sepenuhnya sesuai dengan blockchain Tron. Platform tersebut mengandalkan kemampuan komputasi dan analisis AI yang kuat.

Fitur AI Investment membangun layanan manajemen investasi untuk aset pada rantai, menyebarkan aset secara cerdas, dan mencapai pengembalian yang lebih efisien dan stabil. Sun ingin agar semua token dan proyek yang terhubung dengan Tron menggabungkan sistem AI.

Reaksi Harga TRX

Grafik harian TRX/USDT. Sumber: Tradingview.
Grafik harian TRX/USDT. Sumber: Tradingview.

Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Salah Satu Pemimpin Pasar Aset Kripto di Dunia

Harga Tron (TRX) membentuk pola pembalikan bullish double-bottom dan menembus garis resistance. Harga Tron bersiap untuk golden crossover EMA 50 dan 200 hari.

Harga TRX diperdagangkan dengan isyarat bullish dan pembeli mencoba keluar dari zona konsolidasi kisaran sempit yang mungkin memicu reli bagi pecinta Tron. Hal ini juga didorong Justin Sun men-tweet tentang niatnya untuk menghubungkan blockchain Tron dengan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT untuk membuat sistem pembayaran terdesentralisasi adalah berita bagus bagi investor TRX yang dapat berdampak positif pada harga TRX.

Pada saat penulisan, pasangan TRX/USDT diperdagangkan di $0,06459 dengan kenaikan harian di 1,17% dan rasio kapitalisasi volume ke pasar 24 jam di US$ 0,0382. Saat ini, harga tampaknya tertahan di kisaran sempit antara US$ 0,05768 hingga US$ 0,06568 dan mungkin melihat penembusan positif jika harga bertahan di atas EMA.

Namun, harga berada di dekat zona pasokan dan US$ 0,06568 akan bertindak sebagai rintangan langsung bagi kenaikan. Jika bulls berhasil menembus rintangan dapat naik menuju US$ 0,07235 dalam rentang waktu singkat.

Continue Reading

Altcoin News

Harga Shiba Inu Naik 16% saat Peluncuran Shibarium Semakin Dekat

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Shiba Inu.

Aset kripto Shiba Inu menembus batasan dengan mendapatkan keuntungan baru, naik hingga 16% dalam 48 jam terakhir. Apa yang menyebabkan kenaikan harga ini?

Metrik Shiba Inu pada data CoinMarketCap menunjukkan harga teknis SHIB mengisyaratkan kemungkinan reli mencapai 40% mengalahkan Dogecoin (DOGE). Dogecoin telah meraup keuntungan di atas 20% dalam 7 hari terakhir. Shiba Inu mencapai US$ 0,00001438 pada saat artikel ditulis.

Pelarian Shiba Inu yang tak tertandingi telah menimbulkan tanggapan dari David Gokhshtein yang mencatat bahwa SHIB melihat kenaikan harga yang meroket. Kinerja Shiba Inu pada tahun 2023 cukup terkenal di kalangan trader dan investor.

Padahal, Shiba Inu seperti banyak altcoin lainnya di pasar, tidak luput dari penurunan tahun lalu. Shiba Inu ditutup pada Desember 2022 dengan harga US$ 0,000008087.

Shibarium

Grafik harga harian SHIB/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian SHIB/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Shiba Inu Kolaborasi dengan Bugatti Group & CoinGate, Nilai SHIB Naik?

Sejak 2023, perolehan SHIB terus meningkat, dan koin meme tersebut kini hampir menggeser Polkadot (DOT). Dengan kapitalisasi pasar US$ 7,83 miliar, Shiba Inu dapat mengambil posisi Polkadot. DOT saat ini adalah kripto paling bernilai ke-12, dengan kapitalisasi pasar US$ 8,03 miliar. Dengan volume perdagangan Shiba Inu yang membayangi DOT, SHIB dapat dengan mudah mengklaim posisi itu dalam beberapa minggu ke depan.

Faktor utama di balik kenaikan setinggi langit Shiba Inu sama sekali bukan misteri. Melihat dari dekat ke pasar menunjukkan bahwa komunitas berbicara tanpa henti tentang peluncuran Shibarium. Ini tidak diragukan lagi mendorong harga Shiba Inu.

Shibarium, protokol Layer 2 yang telah menjadi topik pembicaraan di kalangan penggemar Shiba Inu, merupakan kekuatan pendorong utama dalam reli harga Shiba Inu. Ketertarikan pada memecoin setelah peluncuran Shibarium dapat melonjak sebagai hasilnya. Lebih banyak investor mungkin juga memasuki pasar Shiba Inu, dan membuat harga lebih tinggi.

Tanggal Peluncuran

Ilustrasi Shiba Inu.
Ilustrasi Shiba Inu.

Baca juga: Shiba Inu (SHIB) Jadi Salah Satu Aset Kripto Paling Banyak Dilihat

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, rebound harga SHIB mendapatkan momentum di tengah laporan bahwa Shibarium akan ditayangkan pada 14 Februari. Ketertarikan whale pada Shiba Inu telah meningkat dari waktu ke waktu. Tampaknya pemegang ETH teratas sedang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan juga, menjelang peluncuran Shibarium.

Sebagai perbandingan, fundamental Dogecoin tampak pucat, dengan Elon Musk menangguhkan bot tip DOGE karena melanggar peraturan Twitter. Meskipun demikian, kedua memecoin tersebut memiliki awal yang baik hingga tahun 2023. SHIB/USD naik hampir 85%, sementara DOGE/USD naik 36% tahun ini.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Continue Reading

Altcoin News

Data Ungkap Alasan kripto Litecoin (LTC) Reli 80% ke Harga US$ 100

Published

on

Ilustrasi aset kripto Litecoin (LTC).

Aset kripto Litecoin (LTC) baru-baru ini mengalami reli 80% yang mengesankan setelah mengalami performa yang buruk sejak November 2022. Bisa dibilang LTC memulai bulan Februari dengan catatan yang indah, karena harganya mencapai lebih dari US$ 100 atau sekitar Rp 1,4 juta.

Menurut CoinGecko, token LTC telah meningkat 34% dalam kerangka waktu bulanan dengan keuntungan juga terjadi di grafik mingguan. Ini menunjukkan pendakian bertahap dan mantap menuju level resistensi saat ini.

Litecoin dikenal sebagai salah satu kripto paling andal di pasar. Menurut BitPay, platform pembayaran kripto tertua, meskipun Litecoin belum mengambil alih Bitcoin sebagai alat pembayaran, LTC telah menjadi keharusan bagi penggemar kripto yang ingin beralih dari keuangan tradisional ke aset digital.

Di Balik Tren Bullish Litecoin

Baca juga: CEO Ark Invest Cathie Wood Prediksi Harga Bitcoin Capai Rp 7,4 Miliar

Menurut Santiment, sebuah firma analitik kripto, peningkatan luar biasa ini dihasilkan dari dua faktor utama. Berdasarkan tweet Santiment, dua kekuatan pendorong utama Litecoin adalah adopsi yang meningkat dan proses pengurangan separuh di tahun 2023.

Litecoin menjadi lebih diterima oleh trader karena biaya transaksinya yang rendah dan waktu transaksi yang cepat. Fakta ini memungkinkan orang menggunakannya untuk pembelian sehari-hari, seperti membeli barang secara online atau mengirim uang ke orang lain. Akibatnya, permintaan Litecoin telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, yang telah membuat harga LTC melonjak.

Pemegang token yang besar telah menambahkan banyak uang ke dalamnya, dan pengadopsiannya terus meningkat. Dalam tujuh bulan terakhir, alamat yang memegang koin telah menambahkan sekitar 1,15 juta token. Acara ini telah meningkatkan total pasokan token sebesar 0,5%.

Menurut laporan Santiment, beberapa pemegang token memperolehnya menjelang akhir Juli 2022. Pada saat itu, setiap token Litecoin diperdagangkan dengan harga kurang dari US$ 60, sehingga memberikan keuntungan yang baik bagi pemegangnya.

Halving Litecoin

Harga Litecoin melonjak pada candle harian l LTCUSDT di Tradingview.com.
Harga Litecoin melonjak pada candle harian l LTCUSDT di Tradingview.com.

Baca juga: Bappebti Kemendag dan ASPAKRINDO Gelar Bulan Literasi Kripto 2023

Halving adalah mekanisme untuk mengurangi hadiah blok untuk penambang hingga setengahnya. Proses ini bermaksud untuk menjaga pasokan aset kripto tetap terkendali dan untuk membantu menjaga stabilitas harganya. Setiap empat tahun, jaringan membagi dua penambang hadiah blok yang diterima untuk menambang di blockchain Litecoin.

Tindakan ini mengurangi total Litecoin yang dapat dihasilkan jaringan menjadi sekitar 84 juta koin. Penambang hanya akan menerima 6,25 LTC per blok saat peristiwa halving terjadi alih-alih hadiah 12,5 LTC saat ini.

Menurut beberapa analis, harga LTC yang lebih tinggi diharapkan, mengingat halving yang akan datang dijadwalkan pada Agustus 2023. Peristiwa ini akan terjadi pada saat ketinggian blok token mencapai 2.520.000, seperti yang telah terjadi di masa lalu.

Secara umum, peristiwa halving dapat memengaruhi harga secara positif, tetapi tidak ada jaminan bahwa harga koin akan mempertahankan momentum bullishnya. Harga LTC saat ini diperdagangkan pada US$ 99. Juga, perubahan harga 24 jamnya mencapai 0,60% pada saat penulisan.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Continue Reading

Popular