Analisis Pasar Bitcoin, Apakah Sudah Saatnya Trader Masuk Lagi?

0
372
analisis pasar bitcoin

Pergerakan harga Bitcoin saat ini membuat mayoritas trader sedikit cemas. Sideways yang berkepanjangan dan cenderung berada terus berada di garis support membuat banyak trader yang ragu untuk kembali masuk ke pasar.

Tetapi, apabila dianalisa dengan seksama, Bitcoin saat ini masih berada dalam fase konsolidasi. Di mana Bitcoin masih dalam titik untuk menentukan resistance atau malah kembali anjlok.

Di artikel ini, tim portalkripto.con akan menjabarkan analisa Bitcoin dari sisi pergerakan kapitalisasi pasar, dominasi Bitcoin, hingga teknikal pergerakan harga.

Total Market Cap Cryptocurrency 

Total market cap cryptocurrency berhasil mencapai $2.572T sebagai titik ATH (All Time High). Namun, tak lama mengalami penurunan secara drastis (dump) sebesar 53% hingga ke titik $1.183T.

Saat ini pergerakan total market cap crypto sedang mengalami sideways dari range $1.397T – $1.498T.

Apabila total market cap berhasil breakout dari resistance nya pada titik $1.498T, maka kemungkinan total market cap cryptocurrency akan mengejar untuk mencapai resistance berikutnya pada titik $1.99T.

Baca Juga: Bitcoin Dominan Terus Naik, Jangan Membabi Buta di Alts Coin!

Hal tersebut tentu saja menjadi sesuatu yang baik bagi market cryptocurrency untuk kembali bergairah.

Tetapi apabila pergerakan total market cap berhasil menembus supportnya pada titik $1.397T, maka kemungkinan market cap cryptocurrency akan mengejar support berikutnya pada titik $1.274. Fase ini pun membuktikan bahwa  tingkat ketakutan (fear) market cryptocurrency masih tinggi.

Bitcoin Dominance 

Setelah mencapai titik 39.69% pada titik terbawah saat bitcoin dominance dump beberapa waktu lalu, akhirnya bitcoin dominance berhasil merangkak naik pada titik 40%, bahkan pada 17 Mei 2021 sempat menyentuh 48.44%.

Saat ini Bitcoin dominance berada pada titik 44.66% dan berusaha naik untuk menyentuh resistance terdekatnya pada titik 48.44%. Apabila berhasil breakout maka ada kemungkinan bitcoin dominance akan menyentuh titik 52.47% yang merupakan harmonic resistance fibonacci retracement ratio 0.382 nya.

Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang positif apabila bitcoin dominance berhasil menyentuh 50% kembali. Karena kemungkinan akan berpengaruh pada pergerakan harga Bitcoin, tentu saja sebagai fundamental yang positif.

Baca Juga: Sah! Bitcoin Digunakan Sebagai Alat Tukar di El Savador

Tetapi apabila bitcoin dominance kembali koreksi dan berhasil menembus support nya pada titik 39.69%, maka kemungkinan pergerakan dominasi bitcoin akan kembali koreksi hingga menyentuh titik 35.82%.

Teknikal Analisis Bitcoin 

Pergerakan harga Bitcoin (BTC) masih dalam laju sideways, yaitu pada range harga $33,5 ribu – $39,4 ribu. Terlihat sudah 3 kali pergerakan harga Bitcoin mengalami rejection atau penolakan saat mencapai harga $40 ribu, dan sudah terjadi 3 kali rejection juga saat harga Bitcoin mencapai harga $30 ribu.

Dari data tersebut terlihat bahwa pergerakan harga Bitcoin sedang dilema, sideways dan konsolidasi untuk menentukan apakah akan breakout resistance nya dan memilih untuk naik, atau breakdown dan menembus supportnya dan memilih untuk melanjutkan koreksinya.

Apabila pergerakan harga Bitcoin memilih untuk breakout resistance nya, maka target kenaikan selanjutnya adalah pada harga $47,9 ribu – $51 ribu.

Tetapi apabila pergerakan harga Bitcoin lebih memilih untuk breakdown dan menembus supportnya, maka target koreksinya selanjutnya berada pada harga $25 ribu – $27 ribu.

Kesimpulan

Kesimpulannya, dari 3 data di atas (Total Market Cap, Dominasi Bitcoin, dan Pergerakan Harga Bitcoin), terlihat bahwa pada saat ini market Bitcoin sedang dalam trend sideways dan konsolidasi untuk menentukan arah selanjutnya.

Pada kondisi saat ini, sebagai seorang trader sebaiknya kita selalu menjaga money management dan risk management dalam melakukan trading, jangan terlalu terburu-buru untuk melakukan action, selalu perhatikan fundamental dan teknikal analisa.

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di artikel ini bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.

sumber.