Harus Tahu! Ini Dia Perbedaan Menabung dan Investasi

0
157
Perbedaan Menabung dan Investasi

Berbicara menabung, tentunya kita semua sudah lekat dengan istilah ini sejak kecil. Seringkali menabung sudah diajarkan oleh orang tua maupun guru kita sedari dini. Dewasa kini, istilah investasi pun kerap diperbincangkan banyak orang. Namun, nyatanya masih banyak orang yang beranggapan jika kedua kegiatan tersebut adalah sama. Padahal jelas terdapat perbedaan menabung dan investasi.  

Hal menarik terjadi ketika awal pandemi COVID-19 berlangsung, di mana tren investasi di Indonesia kian populer karena melonjaknya harga aset kripto secara pesat. Lambat laun, akhirnya hal ini membuat banyak orang sadar akan cuan yang didapat dari investasi ini cukup membantu kita semua di keadaan yang penuh ketidakpastian.

Yuk, simak penjelasan lengkapnya mengenai perbedaan kedua kegiatan tersebut!

Pengertian dari Menabung dan Investasi

Istilah menabung sendiri dapat didefinisikan sebagai kegiatan menyimpan uang yang disisihkan dari penghasilan harian atau bulanan sebagai persiapan kebutuhan jangka pendek maupun kondisi darurat,sedangkan investasi adalah menengmbangkan uang yang dimiliki untuk kebutuhan jangka panjang dan juga bertujuan agar mendapatkan keuntungan lebih. 

Perbedaan Menabung dan Investasi

Berikut penjelasan agar Anda mudah dalam membedakan antara menabung dengan investasi:

  • Berdasarkan Fungsi 

Seperti yang sudah disinggung di atas, kegiatan menabung dilakukan dengan jangka waktu yang pendek karena memang tujuannya untuk mengalokasikan dana cadangan. Sehingga jika suatu hari Anda mempunyai kebutuhan yang mendesak, Anda bisa menggunakan dana ini. 

Sedangkan investasi umumnya dilakukan untuk jangka yang lebih panjang, karena memang fungsinya sendiri yaitu untuk meraih keuntungan di masa depan. Biasanya hasil dari investasi ini bisa digunakan sebagai dana pensiun Anda, atau bahkan untuk anak Anda kelak. Umumnya, keuntungan yang bisa didapat dari hasil bunga uang yang Anda investasikan baru bertumbuh setelah lebih dari 1 tahun. 

  • Berdasarkan Bentuk 

Nah, jika dilihat dari bentuk, jelas keduanya mempunyai bentuk yang sangat berbeda. Dalam kegiatan menabung umumnya menggunakan uang, yang mana uang tersebut disimpan di bank atau koperasi dalam bentuk uang tabungan maupun deposito. 

Sedangkan dalam berinvestasi, ada banyak pilihan instrumen yang tersedia. Investasi pun mempunyai dua jenis, yakni investasi dalam bentuk aset riil (nyata) dan investasi aset finansial. Adapun contoh bentuk aset riil adalah produk properti ataupun emas secara fisik, sedangkan investasi aset finansial misalnya saham, obligasi, reksa dana dan terbaru yang kini kian digandrungi adalah aset kripto.

  • Berdasarkan Risiko 

Apabila dilihat dari risiko keduanya, menabung memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan berinvestasi. Menabung yang paling aman tentunya harus dilakukan di bank, karena bank sendiri sudah memiliki keamanan yang sudah teruji.

Sedangkan investasi, risiko yang didapatkan lebih tinggi karena uang yang Anda gunakan bisa hilang sewaktu-waktu, misalnya karena kerugian atau tidak amannya platform yang Anda pilih. Untuk itu, penting sekali untuk melakukan investasi di tempat yang terpercaya. Namun, risiko yang lebih tinggi tersebut tentunya tidak lepas dari potensi imbalan atau cuan yang lebih besar pula ketika berinvestasi. 

Nah, untuk urusan menabung dan investasi, pastikan bank maupun platform tersebut terdaftar dan memiliki izin dari lembaga yang berwenang seperti OJK, Bank Indonesia, BAPPEBTI atau Kementerian Koperasi dan UKM, ya!

  • Berdasarkan Akses Simpanan

Terakhir, menabung dan investasi memiliki perbedaan di akses penyimpanan. Saat Anda menabung, Anda bisa mengakses maupun mengambil uang Anda di manapun dan kapanpun sesuai kebutuhan Anda. Yaps, dana tabungan dapat diambil sesuka Anda dan semudah itu, yakni hanya dengan berkunjung ke ATM maupun bank secara langsung.

Sedangkan berinvestasi memiliki akses penyimpanan yang berbeda. Ketika Anda sudah memutuskan menginvestasikan uang, Anda tidak bisa mengambil uang tersebut secara mendadak, karena seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi ada jangka periode waktu tertentu. Jangka periode tersebut membatasi akses Anda dalam pengambilan uang karena memang ditujukan untuk penyimpanan jangka panjang. 

Sekarang Anda sudah tahu, kan, perbedaan menabung dan investasi? Nah, bagi Anda yang ingin berinvestasi aset kripto, segera kunjungi www.tokocrypto.com sekarang dan dapatkan pengalaman investasi yang mudah dan aman! 

Untuk yang Ingin Deposit di Tokocrypto, Ada Kabar Gembira, Nih!

Khusus untuk Anda yang melakukan deposit pada periode 10-17 September 2021, Anda bisa mendapat cashback dengan top-up via Gopay, lho! 

Caranya gampang banget, kok! Hanya dengan deposit minimal Rp500.000 pada pukul 10.00-23.59 dengan Gopay, Anda bisa mendapat cashback sebesar Rp15.000!

Untuk mengetahui syarat dan ketentuannya, silakan klik di sini, ya!  

 

Salam to the Moon!