Ikuti 3 Tips Ini untuk Dapatkan Manfaat Investasi Kripto!

0
71
Analisis Fractal: Harga Bitcoin Setara Rp5 Milyar Tahun Ini

Dewasa ini investasi tak hanya familiar di kalangan orang tua saja. Kalangan milenial pun sudah banyak yang melek investasi. Bukan tanpa alasan, akhirnya banyak milenial yang sadar jika memiliki investasi sedari dini sangatlah penting. Apalagi manfaat investasi dapat membantu mereka di tengah ketidakpastian situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini. 

Dilansir dari Antara News, Donald Crestofel Lantu ST MBA Ph D menuturkan jumlah investor milenial yang ada di Indonesia meningkat selama pandemi COVID-19 berlangsung. Ia pun merinci berdasarkan data terakhir yang dihimpun saat ini jumlah investor di Indonesia mencapai 2,4 juta orang dan jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 20-30% sejak tahun 2015. Kenaikan ini banyak disumbang dari kalangan milenial yang lahir di antara tahun 1980-2000.  

3 Jenis Investasi Populer di 2021 

Adapun jenis instrumen investasi yang populer di Indonesia khususnya di tahun 2021 ini antara lain: 

  • Saham

Instrumen investasi satu ini memang sudah tak asing didengar oleh Anda. Mengacu pada situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), saham memang merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling populer. Bentuk dari instrumen investasi saham ialah berupa kepemilikan pada perusahaan tertentu, dan nantinya Anda akan mendapatkan dividen ketika perusahaan tersebut memperoleh keuntungan

  • Reksa dana

Selanjutnya adalah reksa dana. Instrumen investasi ini kian populer di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan karena banyaknya produk reksadana yang bisa dipilih. Saat ini setidaknya terdapat 4 jenis reksa dana yang populer, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. 

  • Aset Kripto

Aset kripto berhasil menarik perhatian para pelaku investor lama maupun investor baru dari kaum milenial. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 5 Tahun 2019, aset kripto adalah komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital aset, menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Investasi aset kripto ini dilakukan sepenuhnya secara digital. Anda dapat menyimpan aset kripto dalam bentuk token di dompet digital dan kemudian melakukan transaksi jual-beli melalui pertukaran online.

Manfaat Investasi dengan Aset Kripto

Berbicara manfaat atau keuntungan dari berinvestasi menggunakan aset kripto sangatlah beragam. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi. Seperti yang sudah pernah terjadi pada bitcoin, ia mampu meningkat cukup drastis. Hanya perlu waktu yang singkat, bahkan dalam hitungan bulan saja nilainya dapat menembus all time high yang baru. Tercatat pada tahun 2020, harga bitcoin pernah naik hingga ratusan kali lipat.

Kunci Raih Manfaat Investasi Aset Kripto

Kendati demikian, berinvestasi di semua instrumen investasi tentunya tidak bisa asal-asalan dan hal ini pun berlaku ketika Anda berinvestasi di aset kripto. Yuk, simak tipsnya!

  • Gunakan Uang Dingin

Ketika Anda ingin memulai investasi, pastikan Anda sudah punya dana tabungan maupun dana darurat terlebih dahulu. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah pastikan Anda melakukan investasi kripto dengan uang dingin.

Istilah uang dingin ini adalah dana menganggur yang pastinya tidak dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya uang untuk keperluan hiburan atau sebagainya. 

Dengan menggunakan uang dingin, kebutuhan sehari-hari Anda pun tidak terganggu dan  Anda akan siap dengan berbagai hal yang mungkin terjadi, karena investasi di aset mana pun selain memiliki potensi keuntungan, tentu ada pula risiko kerugian yang dihadapi.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Hal lain yang tak kalah penting untuk berinvestasi adalah tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari investasi yang Anda lakukan. Apakah investasi dilakukan untuk jangka panjang? Atau jangka pendek? Dengan begini Anda bisa menghitung berapa jumlah dana yang dikeluarkan untuk membeli aset kripto tersebut dan tentunya hal tersebut akan kembali sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

  • Selalu Upgrade Informasi Terkait Aset Kripto yang Diinvestasikan

Harga aset kripto dikenal memiliki karakteristik yang volatil atau cepat berubah. Untuk itu, penting untuk Anda selalu mencari tahu dan selalu menambah informasi-informasi mengenai aset kripto yang telah Anda beli. Kini sudah banyak sumber yang dapat Anda baca dan pelajari. Mulai dari buku, artikel yang ada di internet dan Tokonews, webinar yang diisi oleh pakarnya, video di Youtube, atau bahkan media sosial dapat Anda temukan berbagai informasi terbaru tentang aset kripto.   

Sudah siap untuk berinvestasi aset kripto? Daftarkan diri Anda dan selesaikan KYC Anda segera di exchange terpercaya di Indonesia yakni Tokocrypto! Yuk, kunjungi www.tokocrypto.com dan rasakan manfaat investasi aset kripto ini segera!