Connect with us

Blockchain

Alasan Pendiri Cardano, Charles Hoskinson Dekati Pemerintah Burundi

Published

on

Ilustrasi Pendiri Cardano, Charles Hoskinson

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson pada bulan Oktober 2021 lalu, telah mengkonfirmasi menandatangani MoU dengan pemerintah Burundi. Kabar ini sontak membuat banyak netizen seluruh dunia terkejut. 

Bagaimana tidak? Perjanjian MoU atau nota kesepahaman ini merupakan sebuah perjanjian besar pertama yang akhirnya didapatkan Hoskinson sejak mulai tur Afrika Cardano. Lalu, apa alasan Hoskinson membuat perjanjian kerja sama dengan pemerintah Burundi.

Pertemuan Hoskinson dengan Pimpinan Zanzibar dan Burundi

Sebelum ke Burundi, Hoskinson telah pergi ke Zanzibar dan mengadakan pertemuan dengan Hussein Ali Mwinyi yang merupakan presiden dari pulau Zanzibar itu. Namun, perginya Hoskinson ke Burundi ternyata membuat Cardano berhasil mencapai kesepakatan besar bersama negara Afrika itu.

Sebelumnya, Cardano juga berhasil menandatangani sebuah kesepakatan lain dengan pemerintah Ethiopia pada April 2021 lalu. Untuk bisa menyampaikan berita hebat ini mengenai interaksinya dengan pemerintah Burundi dan pencapaian terbarunya, Hoskinson membuat sebuah cuitan di Twitter.

Ia membagikan momen penting dari tur Burundinya itu. Dalam tweet tersebut dia mengatakan, jika mereka telah menandatangani sebuah MoU yang hebat di hari tersebut. Tweet ini juga diikuti dengan berubahnya foto profil Hoskinson yang menggunakan foto dirinya sedang bersama presiden Burundi.

Advertisement

Ia juga membuat cuitan lain yang mengatakan bahwa itu merupakan sebuah pertemuan hebat bisa bertemu dengan yang mulia Presiden Variste Ndayishimiye dan membahas masa depan transformasi digital Burundi.

Baca Juga Daftar 10 Perusahaan Tambang Kripto yang Wajib Kamu Tahu

Perjanjian Burundi Jadi Pertanyaan

Di balik banyaknya pendukung Cardano yang memberikan pujian pada Hoskinson atas pencapaiannya, tetap saja ada yang kurang begitu senang dengan berita besar tersebut. Beberapa penentang presiden Burundi, bahkan menyatakan keberatan atas kesepakatan yang telah dilakukan tersebut.

Salah satunya ialah, Diatery yang merupakan pengguna Reddit. Ia mempertanyakan keputusan Cardano mengapa memberikan blockchain pada orang yang tidak tepat. Ia juga menambahkan, mereka sudah tahu jika Cardano ingin membantu reformasi Afrika dan dapat melihat dengan lebih jelas dengan siapa Hoskinson berbicara.

Dalam ungkapannya itu dia menuturkan, jika tidak butuh waktu yang lama untuk melihat, bahwa Hoskinson menyerahkan teknologi pada orang yang salah. Bahkan ia mengecam, jika pemerintah Burundi ini pemerintahan yang kejam dan punya mitra yang salah tak memihak kepada rakyat.

Untuk memperkuat asumsinya, Diatery bahkan sampai membagikan beberapa tautan yang mendukung pendapatnya tersebut. Di antara tautan tersebut bahkan salah satunya terdapat laporan pemerintah AS mengenai Burundi.

Baca Juga Strategi Jitu agar Selalu Cuan di Investasi Aset Kripto

Advertisement
Ilustrasi Cardano dan Ethereum, mana yang lebih untuk smart contract?

Ilustrasi Cardano.

Dukungan Kerja Sama Cardano dan Burundi

Meskipun demikian, user Reddit yang lainnya tetap mendukung Hoskinson. Mereka berpendapat, jika langkah yang dilakukan Hoskinson ini sudah benar dan memang tidak ada pilihan lain selain menjalin kerja sama dengan pejabat pemerintah. 

Ia bahkan mengatakan jika infrastruktur tidak dapat dibangun, jika tidak memiliki kerja sama dengan pemerintah atau pejabat publik. “Kalaupun mereka melanggar hak asasi manusia, mereka adalah sampah”. 

Banyak pengguna Reddit juga menambahkan, jika kripto bisa berjalan sesuai dengan keinginan mereka, para oktorat itu akan menyegel kematian mereka sendiri dan mempercepat proses adopsi. Dengan begitu, persoalan MoU ini masih tetap menghadirkan pro dan kontra dengan masing-masing alasan.

Dari berita yang sudah tertulis di atas, kita bisa tahu jika perjanjian MoU ini masih menjadi pertanyaan bagi beberapa user. Mereka beranggapan, jika ini merupakan langkah yang tepat, sedangkan user lainnya berpendapat jika ini merupakan hal yang gagal. 

Kamu termasuk golongan yang mana? Dan apakah pendapat mengenai perjanjian MoU Cardano dengan Burundi ini?

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular